article / Decoration / Ternyata Perletakkan Karpet di Setiap Ruangan Itu Berbeda-beda! Inilah 4 Tips Perletakkan Karpet yang Sesuai dengan Ruangan dalam Rumah
22 Agustus 2017 379 Views

Ternyata Perletakkan Karpet di Setiap Ruangan Itu Berbeda-beda! Inilah 4 Tips Perletakkan Karpet yang Sesuai dengan Ruangan dalam Rumah

Sebuah karpet atau permadani memang sudah menjadi dekorasi yang sering terlihat menghiasi ruang dalam rumah. Alas lantai ini tentu membuat dinginnya ubin tidak langsung terasa saat menyentuh kulit. Berbagai desain dan motif yang beragam bisa disesuaikan dengan furniture yang diletakkan di dalam ruangan. Namun tidak hanya sekedar visualnya saja, ukuran karpet pun juga menjadi hal yang penting karena perletakkannya harus disesuaikan dengan furniture di dalamnya. Berikut beberapa contoh perletakkan karpet yang disesuaikan ukurannya dengan penataan interior furniturenya.

1. Kamar Tidur

Penggunaan karpet di kamar tidur tentunya akan lebih beragam perletakkannya. Namun untuk karpet yang diletakkan di bawah kasur, tentunya harus disesuaikan dengan ukuran kasurnya. Seperti pada gambar di atas, ukuran karpet yang baik adalah yang lebar menaungi meja dan juga kasurnya. Hal ini dikarenakan agar motif karpet akan tetap terlihat dan mempercantik kamar.

Namun tidak harus selalu dengan ukuran karpet yang besar dan menaungi semua furniturenya. Dengan variasi beberapa ukuran karpet seperti di gambar atas, keseimbangan perletakan karpet dan ruang jadi terasa lebih harmonis dan cantik.

bedroom rug

2. Ruang Keluarga / Ruang Tamu

Perletakan sofa dan meja tentunya akan sangat mempengaruhi tampak yang terlihat dari keseluruhan ruangan. Karpet perlu menaungi keseluruhan furniture yang ada di dalam ruangan. Sehingga ruangan dengan segala pernak-perniknya tersebut tidak terasa kosong dan lebih terasa berwarna. Ukuran karpet tentunya menjadi sebuah cara untuk mengelompokkan furniture dalam satu area. Berikan jarak ukuran karpet terluar dengan bagian terluar sofa dalam ruangan.

Adapun sofa dan karpet divariasikan seperti gambar ini. Karpet biasa memiliki frame terluar dan frame di dalamnya. Menyesuaikan ukuran dan jumlah sofa serta meja dapat diseimbangkan pula dengan ukuran karpetnya. Kesan yang diberikan pun akan berbeda-beda di setiap perletakannya.

living room

3. Ruang Makan

Penggunaan karpet di ruang makan akan membuat sebuah perbedaan. Karpet di area ini perlu disesuaikan dengan ukuran lebar ketika kursi ditarik ke belakang untuk duduk. Hal ini dikarenakan agar karpet tetap menaungi pada saat orang duduk di kursi tidak hanya ketika kursi disusun rapi saat tidak terpakai.

Setiap ukuran dan bentuk meja serta kursi makan akan mempengaruhi luasan karpet. Seperti gambar yang tertera, ketika meja makan besar seperti untuk 10 orang tentunya memiliki ukurann karpet yang lebih luas dan lebar dibandingkan dengan meja makan untuk 6 orang. Bentuk persegi dan lingkaran pun memberikan aksen yang berbeda pada ruang makan.

dining room

4. Hall Way, Entry Way

Nah untuk perletakan karpet di area seperti lorong, ataupun hallway seperti satu ini perlu memilih karpet yang panjang dan tidak terlalu lebar. Berikan jarak antara dinding dan karpet sehingga akan mengekspos material lantai di kedua sisi samping karpet. Jika karpet berada di area yang memiliki bukaan pintu, ukurlah ketinggian jarak pintu dengan lantai dan sesuaikan ketebalan karpet dengan ukuran tersebut sehingga pintu dapat dibuka dengan mudah tanpa harus terganjal karpet.

hallway rug

Jadi bagaimana homeowners? Sudah pahamkan pemilihan karpet yang cocok dan sesuai untuk ruangan yang berada di rumahmu? Jangan sampai salah memilih ukuran ataupun motif yang sesuai dengan fungsi tiap ruangan ya!!

sumber: tips karpet

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter