article / Home Office / Ruang Kerja Dan Belajar, Krusial Namun Sering Disepelekan
02 Maret 2020 314 Views

Ruang Kerja Dan Belajar, Krusial Namun Sering Disepelekan


Ruang kerja dan ruang belajar adalah salah satu ruangan personal yang sering dilupakan tata ruangnya. Tidak sedikit orang merasa bosan dan jenuh karena bekerja dirumah karena tata ruang yang monoton dan kurang menggugah selera. Apakah kamu salah satu diantara orang-orang yang sedang jenuh bekerja dan belajar di rumah? simak beberapa ide desain yang mungkin bisa kamu terapkan di hunian sesuai kebutuhan masing-masing.

 

sumber foto: home-designing.com

"Very well organized & very well placed" mungkin adalah konsep yang wajib bagi sebagian orang karena memang tertib atau pelupa. Mood bekerja dan belajar yang datang sewaktu-waktu, kadang terhalang oleh peralatan, buku, dan hal lain yang diperlukan untuk bekerja.  Suasana ruang dan desain meja seperti di atas sangat cocok dengan kebiasaan sebagian orang yang suka menempatkan barang setelah dipakai, selain warna yang hanya putih bersih, desain meja yang simpel dan fungsional seperti di atas ikut membangun  mood untuk bekerja dan belajar. 

 

sumber foto: home-designing.com

Bosan dengan desain meja kursi yang mainstream? kamu boleh mencoba desain yang nyentrik dan futuristik seperti gambar di atas.  Meja  dengan bentuk dan bukaan seperti di atas, sangat tidak lazim dan menarik perhatian bagi siapapun yang pertama kali melihatnya. dan jika diletakkan di dalam ruangan, pasti menjadi point of interest dari ruangan tersebut. selain berdesain simpel, tidak banyak lekukan, meja tersebut memiliki cukup banyak storage di sebelah kanan.  Letakkan meja di sudut ruangan, letakkan semua pekerjaan, nikmati fungsi storage nya. silahkan mencoba.

 

sumber foto: home-designing.com

Tidak semua hunian mempunyai ruang kerja atau ruang belajar khusus yang besar. Terkadang, sebagian orang hanya mempunyai space terbatas dan ingin memanfaatkan via perabot multifungsi. Storage yang diam-diam bisa digeser dan menjadi meja kerja, sangat mengurangi beban perabot yang memenuhi ruangan, tampak ringkas dan memberi kesan luas pada sekitar. Selain itu, di balik papan meja yang telah digeser, bisa jadi storage untuk barang-barang prioritas karena jangkauan paling mudah dan cepat. walaupun praktis, namun ada kekurangan karena  tidak nyaman membuka storage bawah ketika sedang bekerja karena posisi papan yang geser ke depan. Perabot yang cukup menarik? semoga bisa menginspirasi bagi interior berdimensi sempit.

 

sumber foto: home-designing.com

Menempatkan tanaman di dekat meja kerja adalah salah satu hal paling tidak lazim bagi banyak orang karena hanya berfungsi sebagai hiasan dan memungkinkan mengotori meja kerja jika tersenggol.  Namun begitu, banyak yang tetap ingin meletakkan tanaman di sela-sela rutinitas di meja kerja. Desain di atas adalah salah satu solusi yang ideal dan ringkas bagi penghuni yang tetap ingin terlihat go green bahkan di dalam ruang kerja. Hanya bermodal meja kayu biasa yang dilengkapi background kayu yang movable karena kaki-kaki ditopang oleh roda. Penghuni bisa memutuskan kapan saja untuk menggeser dan menata ulang background kayu sesuai kebutuhan. Bisa jadi background kayu menjadi salah satu aksen interior, hanger pot tanaman, maupun hanger berkas pekerjaan.

 

sumber foto: home-designing.com

Yep, yang terakhir adalah konsep paling dasar dalam menata ruang kerja dan belajar dimana tidak memerlukan desain yang unik, nyentrik, dan estetik.  Ketika buntu mendesain meja kerja yang ideal, mungkin contoh di atas bisa jadi acuan karena penataan perabot yang sangat simpel namun multifungsi. Meja panjang membentang dapat digunakan untuk meja laptop hingga tulis menulis. Di samping kiri kanan zona laptop/komputer juga bisa diletakkan foto-foto maupun pernak pernik yang kamu sukai.  Tepat di atas zona laptop ada lemari gantung dan rak lebar, luas, dan bertingkat untuk menaruh berkas-berkas yang sangat mudah di akses. Lalu yang terakhir adalah warna perabot keseluruhan yang berwarna putih, memberi kesan bersih dan dapat membantu penghuni fokus untuk menjalankan aktivitas di meja kerja.

Sekian referensi meja kerja dan meja belajar bagi hunian rumah maupun apartemen. Semoga bisa menjadi inspirasi.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter