article / Building / Ruko Ala Jepang yang Simple dan Juga Modern! Inspirasi Untuk Kamu yang Ingin Punya Rumah Sederhana dengan Tempat Berbisnis di Dalamnya.
22 Mei 2018 713 Views

Ruko Ala Jepang yang Simple dan Juga Modern! Inspirasi Untuk Kamu yang Ingin Punya Rumah Sederhana dengan Tempat Berbisnis di Dalamnya.

Ruko atau kepanjangan dari rumah toko, sudah sering kita lihat di Indonesia. Berbagai macam ruko 2 lantai dengan fungsi lantai satunya untuk berbisnis dan lantai duanya untuk tempat tinggal. Tentunya bangunan macam ini akan memudahkan pemilik dalam berbisnis. Namun tidak semua ruko dapat dihuni dengan nyaman. Namun desain ruko di Jepang ini bisa menjadi inspirasi. Dengan segala kesederhanaannya, ruko ini tampak nyaman dan luas.

Bangunan yang berlokasi di kawasan berbukit diluar pusat Shizuoka, Jepang ini memiliki area seluas 79.45 meter persegi. Bangunannya didesain oleh arsitek asal Jepang yaitu firma Suzuki Architects. Bangunan disekitarnya pun memiliki berbagai macam fungsi, dari bangunan multi-fungsi, peternakan tua, kebun teh, dan juga area perumahan. Uniknya bangunan ini didirikan paa lahan yang berbukit dengan pemandangan ke arah Gunung Fuji.

Hal pertama yang dilakukan oleh sang arsitek dalam mendesain adalah membuat desain bangunan yang menyatu antara rumah dengan lingkungan sekitarnya. Tentunya mendesain dinding pembatas yang serasi dengan lingkungan dan sesuai fungsi bangunan namun tetap menjaga privasi untuk rumah huniannya. Bangunan ruko ini pun didesain dengan bukaan yang dapat menghadap ke pemandangan luar namun bukaan itu sendiri tidak mengekspos ruang privasi di dalamnya.

Pada lantai satunya, sang pemilik memanfaatkan sebagai tempat berbisnis. Sebuah toko yang menjualkan baju dan barang-barang unik dari material alami. Selain retail dan berbagai etalase untuk memajang pakaian yang dijualkan, ruang ganti juga tersedia di ruang ini. Tentunya ruang tersebut menjadi salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis pakaian. Selain itu juga terdapat pantry dan toilet untuk pekerja toko serta gudang penyimpanan stok barang yang diperjual-belikan.


Pada bagian depan tokonya juga terdapat area display dimana terdapat dinding kaca yang memperlihatkan patung manekin dengan pakaian yang ditonjolkan oleh toko. Letaknya sangat menonjol ditambah dengan keunikan fasad bangunan yang terbagi antara transparan dengan tertutup. Area masuk ke toko pun terdesain dengan jalan lurus setapak yang menunjukkan arah masuk ke dalam bangunan.

Di kedua sisi lainnya pada lantai satu ini juga terdapat bukaan seperti pintu geser dan tempat bersantai di bawah teras hunian lantai duanya. Sedangkan bukaan lainnya dihiasi dengan dinding vertikal tanaman sehingga terasa natural dan asri. Cahaya dan udara tentunya dapat masuk ke dalam ruangan sehingga tidak terasa sumpek. Uniknya lagi, desain yang sangat simple ini diberikan kekontrasan dengan adanya ekspos struktur langit-langitnya dari material kayu.


Sedangkan pintu masuk menuju huniannya dibuat terpisah dengan jalur masuk toko. Tangga yang dilingkupi oleh pagar kayu ini berada di sisi jalan lainnya dari toko. Menaiki tangga ini, pengunjung akan langsung disuguhi teras kayu yang dapat melihat pemandangan di sekitar lingkungannya. Tentunya teras ini pun dilengkapi dengan railing besi yang memberikan keamanan untuk orang di dalamnya.


Huniannya didesain dengan sangat modern dan juga nyaman. Berbagai macam perabotan yang sederhana membuat ruangan terasa luas. Ketika masuk melalui teras, pengunjung akan dihadapkan dengan ruang tamu yang langsung terhubung dengan area dapur serta ruang makannya.

Dikarenakan salah satu kebiasaan tidur orang Jepang dengan alas tidur yang tipis, area tempat tidur sendiri dapat dimanfaatkan sebagai ruang lain ketika siang hari. Namun ruangan ini juga diberikan privasi dengan ruang tamunya melalui pintu geser dari kayunya. Kamarnya pun dilengkapi dengan almari tempat penyimpanan pakaian dan juga kasur tidur penghuninya.

Untuk kamar mandinya dapat diakses melalui pintu geser di area dapurnya. Toilet dengan area showernya berada di ruang yang berbeda dalam kamar mandi. Lantai kayu pada hunian tidak hanya memberikan kesan natural namun juga memberikan kehangatan pada penghuni di dalamnya. Desain langit-langitnya tidak berbeda dengan area tokonya. Perpaduan warna putih dan juga coklat muda pada kayunya terasa serasi dan menarik.

Sang arsitek tentunya telah berhasil mendesain dua fungsi bangunan dengan ruang yang terpisah dalam satu bangunan. Hal ini tentu membuat kedua fungsinya dapat berjalan sesuai dengan aktivitas masing-masing. Desain yang simple berbentuk kotak ini berfungsi dengan baik sebagai tempat bisnis dan juga rumah. Sedangkan kebanyakan ruko di Indonesia, sering kita lihat kedua fungsinya memiliki jalur masuk yang sama, sehingga terkadang terasa tidak nyaman karena aktivitas salah satunya dapat terganggu. Mungkin saja ruko dari Jepang ini bisa menjadi inspirasi bagi anda yang akan mendesain ruko.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter