article / Building / Mencengangkan! Rumah yang Terbangun dalam Waktu 24 Jam ini Ternyata Menggunakan Metode 3D Printing!
06 September 2017 119 Views

Mencengangkan! Rumah yang Terbangun dalam Waktu 24 Jam ini Ternyata Menggunakan Metode 3D Printing!

Para desainer dan beberapa orang lainnya mungkin sudah sering mendengar 3D Printing di percetakan yang tersedia di berbagai daerah. Biasa digunakan untuk mencetak 3D desain ataupun model miniature. Namun di Rusia 3D Printing ini masuk ke tingkat yang lebih jauh lagi yaitu mencetak sebuah rumah melalui metode ini. Bukan sebuah rumah boneka ataupun hewan peliharaan.

Rumah yang berlokasi di Russia ini berukuran 37 meter persegi dan hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk dikonstuksikan. Jika hal tersebut belum membuatmu terkesan, rumah ini menghabiskan biaya berkisar $10.000 atau berkisar 133 juta rupiah. Perusahaan Apis Cor yang memang sebuah perusahaan yang dikenal spesialis di bidang 3D printing berbasis di Rusia dan San Fransisco.

Hal  yang unik dari penggarapan rumah ini adalah, biasanya pengerjaan 3D Printing dilakukan pada saat diluar site dan dikonstruksikan di site, namun tidak dengan desain satu ini. Menggunakan teknologi canggihnya, mobile printer, mereka langsung melakukan pekerjaan konstruksi dari awal hingga akhir di sitenya. Keuntungan dari pengerjaan ini pun adalah mereka tidak harus melakukan pemindahan desain dari tempat lain ke dalam site.

Pekerjaan dalam 24 jam itu meliputi mencetak self-bearing wall, partisi, kulit bangunan yang benar-benar dilakukan oleh mesin 3D printing. Karena mesin berada di dalam bangunan, ketika selesai mengkonstruksi rumah, maka mesin akan dipindahkan menggunakan crane yang mengangkut dari atas. Setelah dipindahkan, pengerjaan atap dan interior pun dapat dilaksanakan.

Rumah ini benar-benar didesain menarik dengan bentukannya yang bulat dengan material beton dan dilapisi cat warna kuning pada bagian luarnya. Tentunya ruangan di dalam rumah ini juga sudah mencakupi dapur, ruang keluarga, kamar mandi, dan juga hallway. Rumah yang ramah lingkungan ini pun diperkirakan dapat bertahan hingga 175 tahun.

Tentunya Nikita Chen-yun-tai selaku penemu mobile printer dan founder Apis Cor memiliki tujuan dibalik karyanya ini. Ia ingin membantu orang di dunia untuk dapat meningkatkan kondisi kehidupan mereka dengan rumah 3D printing. Selain harganya yang lebih terjangkau, pengerjaannya cepat dan juga efisien. Berniat untuk memiliki rumah ini?

source: photo | video

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment

Annonymouse
07 September 2017
Wow Luar Biasa...
 

LEAVE A COMMENT


RELATED ARTICLES


INSTAGRAM POST



RELATED CATEGORIES