article / Building / Rumah dengan Bentuk Melengkung yang Unik! Inspirasi Rumah ini Ternyata adalah...
12 Maret 2020 3K Views

Rumah dengan Bentuk Melengkung yang Unik! Inspirasi Rumah ini Ternyata adalah...

Rumah unik satu ini berlokasi di bagian utara pulau Michel di Azores. Patokan utama dalam mendesain rumah ini adalah keadaan iklim lokal dengan angin kuat dan hujan yang lebat. Bernardo Rodrigues selaku arsitek dari bangunan ini pun mendesain hunian denan struktur dinding utama yang akan menghalang angin kencang ke area rumah. Sedangkan untuk menghalau hujan deras, berbagai area terbuka dinaungi oleh atap sehingga terlindungi dari hujan.

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat dinding berbentuk L yang terdiri dari dinding vertikal dan slab beton horizontal pada dasar bangunan sebagai pondasi. Lalu berbagai bentuk bangunan lainnya pun dirancang melengkung. Inspirasi bentukan ini adalah kepakan sayap burung ketika terbang. Pada bangunan ini banyak terdapat area terbuka sehingga memberikan kesan rumah terbuka dan penghuni pun dapat menikmati keadaan luar ketika hujan.

Rumah ini memiliki 4 fasad yang berbeda di setiap sisinya. Jika dilihat dari arah datangnya angin, maka hanya dinding datar saja yang akan terlihat. Sedangkan di ketiga sisi lainnya akan terlihat keunikan bangunan dengan lengkungannya yang tampak seperti burung terbang. Sehingga keseluruhan sisi memberikan pemandangan menarik tersendiri oleh mata.

Dinding datar merah ini tidak seutuhnya dinding solid, terdapat dua macam bukaan yang tidak biasa di dinding ini. Bukaan jendela memberikan pencahayaan kepada area ruang tamu di lantai dasar dan kamar tidur di lantai atas. Sedangkan bukaan tanpa kaca sebagai jendela untuk area roof top sehingga pemandangan juga dapat dilihat dari arah dinding ini.


Atap pada rumah ini memiliki dua macam tipe yaitu atap datar dan melengkung. Atap ini diakses melalui tangga betonnya. Pada atap datarnya diberikan penutup lantai, sehingga tidak licin dengan atap betonnya. Atap ini biasa dimanfaatkan untuk bersantai bersama keluarga baik membaca buku ataupun menikmati pemandangan alam. Bantalan empuk pun menjadi dudukan dan sandaran nyaman di atap rumah ini.

Rumah dua lantai ini memiliki dua zona yaitu publik dan privat. Pada lantai dasarnya terdapat area publik seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan juga dapur. Sedangkan di lantai keduanya terdapat berbagai ukuran kamar tidur. Dari kamar tidur utama hingga kamar tidur anak.


Terdapat beberapa area semi terbuka di hunian ini, sehingga penghuni dapat menikmati ruangan tersebut meski di cuaca yang buruk. Dikarenakan bentukan bangunan yang tidak biasa, tentunya setiap ruangan juga memiliki ketinggian dan bentuk ruang yang beragam. Berbagai bentuk langit-langitnya.

Salah satu contohnya adalah ruang dapurnya. Dapur di rumah ini memiliki bentuk langit-langit yang unik. Bukaan jendela pada dapur tidak hanya terdapat di area meja dapur saja namun juga dari langit-langit ruangan. Jendela persegi panjang di atas memberikan pencahayaan dan juga aksen unik dalam ruangan.


Area berkumpul bersama di lantai dasar terbuka dan cukup luas. Dengan dinding kaca di setiap sisinya memperlihatkan taman dan juga kolam yang berada di outdoor rumah. Pencahayaan alami dapat masuk ke dalam rumah melalui dinding kaca dan juga melalui bukaan lain di berbagai sisi bentukan unik rumah.

Adapun untuk kamar anak perempuan mereka didekorasi dengan konsep playful dan kontemporer. Dinding di gambar dengan menyenangkan dan tak lupa berbagai dekorasi lainnya menghiasi kamar ini. Meja belajar dalam kamar pun juga diletakkan dekat dengan jendela sehingga cocok untuk suasana belajar.

Jendela melengkung di ruang baca untuk anak pun dimanfaatkan menjadi tempat membaca santai yang unik. Frame jendelanya dibuat berlebih sehingga dapat dijadikan dudukan untuk anak. Nyaman dan juga menyenangkan.

Rumah ini memang memiliki beragam keunikan. Tidak hanya eksterior bahkan interiornya juga terlihat menyenangkan. Fasad yang tampak seperti burung terbang dan juga berbagai bentuk melengkungnya memberikan kesan rumah yang fleksibel.

sumber: flight of birds


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter