article / Building / RUMAH BERGAYA SKANDINAVIAN INI COCOK BUATMU YANG SUKA ESTETIK
03 Oktober 2020 453 Views

RUMAH BERGAYA SKANDINAVIAN INI COCOK BUATMU YANG SUKA ESTETIK


Desain rumah Skandinavian yang bergaya minimalis dan stylish tanpa harus melibatkan banyak furnitur. Tampilannya lagi nge-hits dan diincar banyak orang, lho!. Rumah Skandinavian atau Scandinavian house ini adalah desain rumah yang diserap dari gaya bangunan negara-negara di Eropa Utara. Bangunannya sederhana dan didominasi oleh warna-warna netral seperti putih, abu-abu, hitam, dan coklat. Bila dilihat secara sekilas, rumah Skandinavian sebenarnya tidak jauh dari rumah minimalis.

 

 

Copyright by Lamudi.com

Hal yang membedakan kedua desain tersebut hanyalah jumlah furnitur di dalam rumah. Rumah minimalis tidak begitu mementingkan kuota furnitur sementara rumah bergaya Skandinavian membatasi jumlah barang-barang di dalamnya. Dari pada menunggu lebih lama lagi, yuk langsung saja kita bahas apa sih rumah Skandinavian itu.

 

 

Copyright by Wolipop.com

Sejarah desain rumah bergaya Skandinavian berawal dari tahun 1950-an. Pada awalnya, rumah-rumah di Eropa Utara pada zaman itu dibangun hanya menggunakan material kayu dan tali pengikat dengan furnitur rumah yang terbatas. Hal ini dikarenakan budaya Eropa yang indentik dan kental dengan fungsionalitas ketika menyangkut desain sebuah bangunan. Namun seiring berkembangnya zaman, rumah Skandinavian pun sudah dibangun menggunakan material yang lebih kuat dan modern seperti baja dan kaca.

 

 

Copyright by Shopback.com

Tujuan dan konsep utama desain Skandinavian adalah untuk meningkatkan estetika desain dan mempermudah pemilik rumah untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, desainer-desainer interior Norwegia mengurangi jumlah furnitur dalam rumah seperlunya saja. Artinya, kamu tidak akan menemukan furnitur yang tidak akan kamu gunakan setiap hari.

 

 

Copyright by Qhomemart.com

Poin paling penting untuk membuat desain Skandinavian adalah sebagai berikut:

Memiliki Pekarangan

Copyright by Pinterest.com

Rumah model ini wajib memiliki pekarangan walaupun hanya pekarangan kecil saja, yang jelas dari dalam rumah akan terlihat taman dan pekarangan kecil yang mengelilingi rumah.

 

Minim Furnitur

Copyright by Pinterest.com

Mengurangi furnitur adalah salah satu ciri khas rumah model ini, karena mengutamakan akses dan kemudahan pengguna dalam beraktifitas sehari-hari dan agar terlihat lebih tersusun rapi.

 

Lantai Yang Berlapis Karpet

Copyright by Pinterest.com

Beberapa bagain lantai harus tertutupi oleh karpet agar kesan hangat menyertai desain yang satu ini, karena pada awal mulanya bentuk bangunan seperti ini memang hanya digunakan oleh rumah keluarga saja, sebelum seperti sekarang sudah merambah ke berbagai macam desain café dan tempat nokrong lainnya.

 

Memilih Warna Netral

Copyright by Medium.com

Karakteristik utama rumah bergaya Eropa minimalis ini adalah pilihan warna netral yang dominan, ruang yang lapang karena furnitur yang terbatas dan sistem pencahayaan yang mengandalkan cahaya natural langsung dari sinar matahari. Konsep ini diusung untuk mempromosikan kehidupan sederhana dan menunjukan sudut pandang para interior desainer dari Norwegia yang terinspirasi oleh alam bebas.

 

Nah sudah paham belum dengan gaya Skandinavian yang sedang nge-hits ini, bisa menjadi salah satu ide desain rumah idaman mu nanti.

Tetap di Furnizing.com untuk mengupgrade berbagai macam informasi mengenai dekorasi rumah dan inspirasi desain rumah idaman kamu yah..


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter