article / Interior / Rumah Dalam Film Parasite Ternyata Didesain Khusus Oleh Bong Joon Ho Dan Tim
12 Februari 2020 2K Views

Rumah Dalam Film Parasite Ternyata Didesain Khusus Oleh Bong Joon Ho Dan Tim

Siapa yang tidak membicarakan film Korea garapanan sutradara Bong Joon Ho yang meraih Best Picture atau Film Terbaik Oscars 2020. Selain itu, film ini juga menyabet tiga penghargaan Oscars 2020 di kategori lain, yakni Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Film. Salah satu hal yang menarik dari film Parasite adalah rumah mewah yang dijadikan setting dalam pembuatan film. Berikut adalah beberapa fakta menarik terkait rumah kediaman keluarga kaya Park dalam film Parasite.

 

1. Arsitek Dalam Rumah 'Parasite' adalah Fiktif

Dalam film Parasite, rumah modern keluarga Park diceritakan adalah hasil karya arsitek bernama Namgoong Hyeonja. Faktanya, rumah tersebut adalah gagasan dari desainer produksi "Parasite" Lee Ha Jun. "Saya bukan seorang arsitek, dan saya pikir ada perbedaan dalam bagaimana seorang arsitek membayangkan ruang dan bagaimana desainer produksi melakukannya. Kami memprioritaskan blok dan sudut kamera sementara arsitek membangun ruang bagi orang untuk benar-benar tinggal. Jadi saya pikir pendekatannya sangat berbeda.” kata Lee.

source : indiewire.com

 

2. Rumah Parasite Dibangun Dengan Metode "Open Set"

Dalam pengharaan Cannes, para juri seperti Alejandro Gonzalez Iñarritu, Yorgos Lanthimos, dan Kelly Reichardt yakin bahwa setting film dilakukan di rumah yang sebenarnya. Padahal, Bong Joon Ho meminta desainer produksinya untuk membuat "set terbuka" yang dibangun di atas tanah terbuka.

Rumah keluarga Park adalah salah satu karya desain produksi yang paling menakjubkan dalam karya industri perfilman baru-baru ini, dan kisah di balik penciptaannya menambah kompleksitas karya besar sutradara Bong. 

source : indiewire.com


 

3. Dari Kisah Cerita Yang Diterjemahkan Ke Dalam Konsep Rumah

Bong benar-benar merancang rumah keluarga Park dengan cermat. Konsepnya seperti menghadirkan alam semesta di dalam film Parasite. Setiap karakter dan masing-masing tim memiliki ruang yang mereka dapat menyusup, dan juga ruang rahasia yang tidak mereka ketahui. Jadi dinamika antara tim dan ruang dapat sangat saling terkait. Kombinasi itu benar-benar menciptakan elemen yang menarik untuk film Parasite. "Kami memiliki banyak percakapan saat melihat sketsa denah lantai yang sutradara Lee buat saat menulis naskah" kata desainer produksi Lee.

source : indiewire.com

 

4. Sutradara Bong Joon Ho Membuat Konsep Rumah Bertingkat Untuk Keperluan Blocking Dalam Pengambilan Gambar


Sutradara Bong sudah memikirkan unsur-unsur blok lokasi saat menulis naskah, bagaimana para aktor jalan melalui ruang tamu dan taman, menuruni tangga dari lantai dua ke meja makan, bagaimana mendapat posisi yang memungkinkan untuk aktor dengan hati-hati memandang dapur. Perencanaan desain dari tangga lantai dua, jalan setapak dari dapur ke ruang bawah tanah, jalan dari ruang bawah tanah ke bunker rahasia, jalan dari garasi ke ruang tamu, dan seterusnya.

source : indiewire.com

 

5. Mengangkat Konsep "High and Low"

Karena ceritanya tentang si kaya dan si miskin, itu merupakan pendekatan yang diambil untuk merancang suara dan pencahayaan dalam pengambilan adegan dalam film. Analoginya adalah semakin miskin Anda, semakin sedikit sinar matahari yang dapat Anda akses. "Kami benar-benar menggunakan pencahayaan alami untuk adegan-adegan di “Parasite.” Semua perangkat kami, rumah kaya dan rumah miskin, dibangun di atas tanah terbuka" kata Bong.


Rumah Si Kaya digambarkan memiliki ruang yang luas untuk melihat cahaya masuk

source : indiewire.com

 

6. Konsep Taman Depan Yang Digambarkan Seperti Layar TV Keluarga

"Inilah alasan mengapa ruang tamu lantai pertama Tuan Park tidak memiliki TV. Direktur Bong menyebutkan bahwa arsitek dalam cerita itu, Namgoong Hyeonja, membangun ruang tamu lantai pertama demi menghargai taman. Jadi kami membuat dinding jendela sesuai dengan rasio aspek 2,35: 1, dan saya ingin ruang tamu yang besar dan taman yang terlihat seperti foto yang terlihat indah pada layar" kata Lee.

Ruang Tamu dalam Film Parasite

source : indiewire.com

 

Ternyata untuk membuat sebuah film "Parasite" dibutuhkan usaha yang tidak mudah. Pantas saja film ini menyabet beberapa penghargaan di Oscars. Bagi yang penasaran bisa langsung menonton film garapan sutradara Bong Joon Ho.

 

sumber artikel indiewire.com

 

Furnizing Administrator
Furnizing Administrator

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter