article / Home Decor / Rumah Dengan Tema Topikal
29 Februari 2020 1K Views

Rumah Dengan Tema Topikal

Mendesain rumah di area tropis adalah hal yang tidak mudah mengingat curah hujan yang relatif tinggi dan sinar matahari yang full setiap hari dengan suhu yang relatif tinggi. Tidak jarang kelembaban dan jamur menjadi masalah utama untuk penghuni dan menambah beban biaya. Berikut salah satu referensi desain tropikal yang bisa menjadi acuan bagi para penggemar desain tropis.

 

sumber foto: home-designing.com
Memasuki zona pertama adalah courtyard. Desain yang ada apda courtyard penuh dengan nuansa simpel, minimalis, dan natural karena hanya menggunakan material-material asli yang berkonsep eksposed. Akses penghuni memakai concrete expose dan dikombinasikan dengan trap tangga yang memakai tangga kunci.

 

sumber foto: home-designing.com
Masuk ke zona selasar yang menuju ke tangga lantai 2 dan ruang tamu masih memakai desain dan material yang sama. Dinding  pagar rumah menggunakan batu bata ekspos membantu menyejukkan suasana karena efektif mereduksi pantulan cahaya dan suhu ruangan. Material di area lantai masih didominasi dengan semen ekspos hingga menutupi satu pohon buah Maja yang berdiameter cukup lebar. Tangga rumah menggunakan struktur baja dan menggunakan trap kayu yang terlihat rapih dan minimalis.


 

sumber foto: home-designing.com
Masuk ke tahap zona lantai 1 terdapat sejumlah fungsi ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.  Ruang tamu/keluarga menggunakan tegel kunci di center ruangan cukup menekan pengeluaran dan dapat dialokasikan untuk perabot ruangan. Perabot indoor dipenuhi dengan nuansa kayu berfinishing glossy, rapi, dan tidak menggunakan banyak lekukan. Dinding ruangan juga menggunakan material full berwarna putih agar mempersimpel desain ruangan.

 


sumber foto: home-designing.com
Memasuki zona dapur terdapat kitchen set yang  berbentuk L dengan material meja menggunakan keramik putih. Tidak lupa dengan meja gantung kecil bermaterial kayu, dinding sela-sela meja dapur dan ambalan juga memakai tegel kunci agar mudah membersihkan dari debu dan kotoran dapur.  Selain itu, dapur juga berdekatan langsung dengan bukaan alami pencahayaan dan udara agar suhu dan suasana indoor tetap segar dan nyaman.

 


sumber foto: home-designing.com
Menuju arah lantai dua, desain rumah tropis tersebut menggunakan tangga berbentuk L dan langsung menghubung ke satu ruang kamar yang cukup besar dengan kamar mandi dalam yang berukuran besar. kamar tidur tersebut menggunakan material lantai parkett glossy dan cet dinding berwarna putih. Kamar tidur tersebut memiliki beberapa bukaan jendela yang membantu penghawaan dan cahaya masuk, sisi pertama bukaan menuju luar rumah dan dipasang tralis untuk keamanan, dan sisi kedua menghadap void desain dalam membuka langsung ke arah pohon Maja tersebut. Karena satu sisi bukaan menghadap ke void ruang dalam juga, maka penghuni dapat memberikan desain jendela yang luas tanpa tralis.

 

sumber foto: home-designing.com
Ulasan desain terakhir adalah zona kamar mandi lantai 2.  Konsep material di dalam kamar mandi menggunakan tegel matte abu-abu dipasang di seluruh dinding dan lantai .  Jenis-jenis perabot yang digunakan menggunakan material keramik dan serba bernuansa putih. Adapun elemen desain lain yang sedikit mencolok adalah adanya roster berdimensi cukup lebar tepat di atas bath tub. Roster besar tersebut menjaga agar kamar mandi tetap kering dan tidak berbau namun tidak berdebu karena roster terhubung dengan void menerus ke dapur.

 

sumber : apriliahome.com


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter