article / Building / Rumah di Tel Aviv: Perpaduan Beton dan Louvre Vertikal yang Membuat Rumah Terlihat Minimalis dan Cantik
20 Juni 2017 457 Views

Rumah di Tel Aviv: Perpaduan Beton dan Louvre Vertikal yang Membuat Rumah Terlihat Minimalis dan Cantik

Rumah yang terbuat dari material beton di Tel Aviv ini didesain oleh Bar Orian Architects. Didesain untuk sebuah keluarga dengan tiga anak. Lokasi rumah ini berada di kawasan utara dari kota Affeka. Bentuknya yang sederhana terdiri dari tampilan kotak beton yang disusun sebagai salah satu bentuk tampilan gata arsitektur brutalist.

Massa bangunan di atas dibuat lebih maju dari massa dibawahnya untuk menciptakan bentukan dua teras dikedua sisi bangunan tersebut. Desain rumah dilengkapi dengan louvre vertical yang dapat berfungsi memfilter cahaya atau dibuka untuk menunjukkan jendela kaca dibelakangnya.

Bukaan yang besar pada fasad bangunan yang ternaungi oleh lantai dan langit-langit ini dilingkupi dengan louvre yang terbuat dari material bidang vertikal aluminium dan baja corten yang diberi warna merah gelap mendekati warna coklat.

Bidang vertical pada louvre dapat dikendalikan secara elektronik untuk dapat memutar dan membuka louvre tersebut sehingga dapat berperan penuh menjadi jendela terbuka. Dengan adanya system ini, pemilik rumah dapat mengendalikan banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan pada jam-jam tertentu.

Beton ekspos dipasang pada bagian tengah rumah yang digunakan sebagai pemisah antar lantai menjadi dua bagian. Pada bagian tengah ini pula juga terdapat anak tangga sebagai sirkulasi vertical pada bangunan.

Pada tingkat dasar, permukaan lantainya didesain dengan lantai beton yang dipelitur. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan kontinuitas dari ruang satu ke ruangan yang lainnya. Pada area ini juga terdapat dapur terbuka, ruang tamu, dan ruang makan. Sedangkan area belajar seperti perpustakaan dan kamar tidur utama berada di sisi lainnya.

Jika kita melihat ke dapur terbukanya, tepat dibalik furniture kabin kayu oak, dinding beton pemisah berada. Dapur juga dihiasi dengan furniture bermaterialkan metal. Adapun bangku dan kursi barnya yang cocok difungsikan untuk menyantap sarapan pagi.

Ruang tamu yang juga digunakan sebagai ruang keluarga berada tepat bersebelahan dengan meja makan. Keseluruh ruangan yang terbuka memperlihatkan ruangan yang lapang dan luas. Ditambah lagi dengan banyaknya bukaan yang membuat sirkulasi udara rumah ini jadi lebih nyaman. Bukaan pintu kaca geser memberikan akses menuju area outdoor yang tersedia bangku dan meja untuk sekedar bersantai atau bahkan minum teh di pagi hari.

Tepat di balik dinding pemisah lainnya yang bersebrangan dengan dapur, terdapat ruang baca yang dilengkapi dengan rak buku dari metal hitam. Area belajar pun juga tersedia di ruangan yang tampak seperti koridor ini. Jendela dengan louvre pun memberikan keberagaman dalam ruang ini. Warna serba hitam yang ditampilkan furniturenya memberikan kesan elegan. Selain itu juga menyatu dengan baik dengan lantai betonnya.

Untuk kamar tidur utama di lantai ini berada disebalik ruang baca. Jendela besar yang berada di sudut dalam kamar memberikan pemandangan ke area taman depan rumah. Untuk lantai di kamar ini berbeda dengan bagian luarnya. Bermaterialkan kayu yang membuat kamar terasa lebih hangat. Berbeda dengan suasana ruangan lainnya.

Pada lantai basementnya terdapat kamar tidur tamu dan juga ruang keluarga. Sedangkan pada lantai paling atas terdapat tiga kamar tidur untuk anak. Seluruh lantainya dilingkupi oleh papan kayu. Seluruh kamar tidur anak dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan kloset yang dicat putih. Ketiga kamar tersebut memiliki akses ke balkon yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati udara segar dari luar. Pada bagian ini, louvre vertical pada jendela dapat dibuka sehingga jendela geser yang besar tersebut juga berfungsi sebagai akses menuju balkon kamar.

Rumah dengan bentuk sederhana ini terbilang unik dan cantik. Kotakan louvre menambah keatraktifan rumah. Ditambah lagi pemilik rumah dapat mengatur bukaan dan cahaya yang masuk setiap waktunya. Tentunya rumah ini bisa jadi inspirasimu untuk mendesain rumah impian bukan?

sumber: tel aviv house

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter