article / Home Office / Tips Untuk Merancang dan Mendekorasi Ruang Belajar Kecil yang Nyaman dan Indah
01 November 2018 87 Views

Tips Untuk Merancang dan Mendekorasi Ruang Belajar Kecil yang Nyaman dan Indah

Ruang belajar seperti ruangan lainnya harus dapat mencerminkan karakter dari seseorang yang menggunakannya. Ruang tersebut harus didesain dan diatur sedemikian rupa sehingga penggunanya merasa nyaman untuk berlama-lama belajar di dalamnya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan penataannya, terutama jangan sampai anak Anda merasa bosan dengan ruang belajar pada rumahnya sendiri.

Pemanfaatan Dinding Ruangan

Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan dinding pada rumah Anda untuk membuat rak buku yang cukup sederhana namun mempunyai banyak fungsi. Rak tersebut selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, dapat juga untuk menaruh beberapa hiasan yang Anda sukai. Dengan demikian Anda dapat memiliki sebuah tempat penyimpanan pada ruang belajar di rumah Anda.

 

Manfaatkan Setiap Ukuran dalam Ruang

Cara kreatif yang harus Anda pikirkan yaitu bagaimana memanfaatkan setiap inci dari sudut dinding rumah Anda sebagai sebuah tempat penyimpanan. Terutama pada bagian-bagian sudut yang sulit Anda dapat menggunakan rak buku khusus yang disesuaikan dengan bentuk sudut dinding. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki koleksi-koleksi buku besar.

Ruang belajar yang kecil dan sempit pun dapat Anda desain sedemikian rupa dengan menggabungkan rak terbuka dan meja yang bisa saja dipasang pada dinding dekat ruang utama maupun di dekat kamar tidur anak Anda.

 

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Langkah selanjutnya yaitu Anda mengatur tata letak dari ruang belajar sesuai dengan yang diinginkan. Aturlah ruang belajar tersebut menurut kebutuhan belajar anak Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan furniture khusus dan multifungsi. Fungsi pengaturan ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan setiap sudut ruangan dengan baik.

Selain itu Anda disarankan untuk memikirkan cara mendesain dan mengatur ruang belajar anak Anda secara khusus, misalnya dengan sentuhan dekorasi atau desain yang unik melalui karpet, hiasan-hiasan dinding ataupun warna dari ruang itu sendiri. Tentunya dengan desain yang sesuai dengan hobi anak Anda.

 

Desain ala Minimalis

Bila Anda memiliki luas ruangan yang terbatas, sebaiknya Anda mendesainnya dengan mengadopsi konsep minimalis. Misalnya Anda dapat membuatnya sesederhana mungkin dengan meminimalkan lemari-lemari dan di ganti dengan rak, atau pun memilih meja yang simpel yang memiliki sedikit laci atau tanpa laci. Jangan lupa juga untuk memilih warna putih polos untuk dindingnya dan atau menggunakan poster inspiratif yang dapat menambah semangat belajar serta hiasan handmade untuk menambah sedikit dekorasi sesuai kepribadian pengguna ruangan tersebut.

 

Area Santai

Terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu menambahkan suatu area kecil sebagai tempat yang nyaman untuk dipakai bersantai, dan atau sambil membaca buku bacaan ringan. Tentunya ide area ini paling cocok dekat sebuat jendela dengan pemandangan luar rumah yang indah.


Semoga ide dan inspirasi dari penataan dan dekorasi ruang belajar di atas dapat membantu Anda menemukan ide terbaik dalam mendekor ruang belajar Anda sendiri.



Sumber: homedit


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter