article / Sunroom / Tips Mendesain Sunroom dalam Rumah Agar Lebih Nyaman Untuk Beraktivitas Sehari-hari
27 April 2018 236 Views

Tips Mendesain Sunroom dalam Rumah Agar Lebih Nyaman Untuk Beraktivitas Sehari-hari

Mendesain sunroom di dalam rumah tentunya membutuhkan pertimbangan. Hal ini dikarenakan ruangan ini tampak seperti ruangan outdoor yang dilingkupi oleh partisi kaca disekelilingnya. Ruangan dengan kaca dikeseluruhannya akan membuat ruangan terasa hangat dan juga terang. Terpaparnya ruang ini tentunya memiliki keuntungan ataupun kerugian tersendiri bagi yang tidak paham bagaimana cara mendekor ruangan ini. Maka dari itu, berikut beberapa tips mendekor ruang sunroom yang baik, agar terasa nyaman dan juga aman bagi penghuninya.

Fungsi Ruangan

ruang bersantai via babywatchome

Sebelum mendekor sunroom, perlu diperhatikan apa fungsi dari ruangan tersebut. Apakah hanya sekedar ruang tamu, ruang bersantai, ataupun ruang bermain. Fungsi ruangan akan mempengaruhi penataan dan tampilan yang ingin disajikan di dalamnya. Pemilihan dekorasi pun juga dapat dipikirkan terlebih dahulu jika sudah jelas fungsi ruangannya.

Warna Ruangan

warna krem pada dinding ruangan via karenefoley

Pada area sunroom, gunakanlah warna yang cerah dan juga ceria. Warna seperti putih dan kuning merupakan warna paling umum digunakan dalam ruangan, akan tetapi pemilihan warna pastel ataupun seperti oren, turqoise, dan warna cerah lainnya juga akan menghidupkan suasana di dalam ruang. Jangan berikan warna yang gelap pada ruangan seperti hitam karena cahaya tidak akan terpantulkan di dalamnya.

Jendela dan Penutupnya


roller blinds via bhg

Salah satu hal yang menonjol dari ruangan ini dibandingkan ruangan lainnya adalah jendelanya. Jendela hampir di keseluruhan sisi ruangan ini juga perlu dilengkapi dengan elemen dekoratif ataupun pelengkap fungsional lainnya seperti tirai ataupun penutup jendela lainnya. Untuk pemilihan tirainya, pilihlah warna yang terang dan ikatkan kain pada siang hari sehingga cahaya dapat masuk ke dalam ruangan.

penggunaan sheer dan tirai via freshome


Penggunaan sheer juga dapat dipilih agar cahaya yang masuk ke ruangan tidak berlebihan. Penutup dengan menggunakan material alam seperti gulungan bambu di jendela juga dapat diterapkan karena suasana sunroom akan sangat cocok dengan tampilan alami.

Furniture di Dalam Ruangan

kursi material anyaman via imageneitor

Furniture yang digunakan pada ruangan sunroom ini tentunya harus ditata dengan baik agar sirkulasi di dalamnya lebih nyaman. Furniture dengan material alam seperti rotan, atau anyaman bambu menjadi hal yang menarik di dalam ruangan. Sesuaikan furniture dengan gaya yang ingin kalian tampilkan di dalam ruangan. Pilihlah berbagai macam dudukan atau sandaran yang nyaman untuk bersantai. Hal ini dikarenakan sunroom sendiri menjadi salah satu ruang relaksasi di dalam rumah.


furniture simple via imageneitor

Pada ruangan sunroom, jika menggunakan material berbahan kain pastikan bahan tersebut tidak mudah pudar jika terkena sinar matahari. Ruangan ini akan selalu dipenuhi cahaya dan panas matahari maka dari itu kenali karakteristik furniture yang akan kamu pilih di dalam ruangan agar tahan lama dan tidak cepat rusak.

Aksesoris di Sunroom

sunroom dengan tampilan hitam putih via freshome

Jangan sampai aksesoris di dalam sunroom ini terlalu berlebihan. Perlu diketahui poin penting di dalam ruangan ini adalah pemandangan luarnya. Tidak perlu memenuhi ruangan dengan berbagai macam tanaman pot ataupun tanaman hias karena akan menganggu pemandangan hijau yang berada di luarnya. Tambahkan dekorasi yang juga dapat berfungsi untuk penghuninya seperti selimut atau karpet yang lembut dan nyaman.

Pencahayaan

suasana hangat di ruangan via houzz

Area sunroom pada pagi hari hingga sore tentunya akan dipenuhi oleh cahaya sehingga tidak perlu dikhawatirkan pencahayaannya. Namun, ketika hari mulai senja, ruangan akan membutuhkan pencahayaan buatan dari lampu yang terletak di langit-langit ataupun lantai. Perletakkan lampu akan mempengaruhi suasana di dalamnya. Lampu gantung juga akan menambahkan nilai estetika di dalam sunroom. Pemilihan lampu tentunya juga akan tergantung pada bentukan pelingkup ruangan seperti plafon ataupun lantainya.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter