article / Storage and Closet / Tips Penyimpanan Barang Untuk Rumah Berukuran Kecil, Bikin Ruangan Lebih Rapi dan Nyaman Dipandang!
17 April 2018 1K Views

Tips Penyimpanan Barang Untuk Rumah Berukuran Kecil, Bikin Ruangan Lebih Rapi dan Nyaman Dipandang!

Tempat penyimpanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan di dalam rumah. Berbagai macam perlengkapan baik di dapur, ruang keluarga, ataupun ruang lain dalam rumah memerlukan rak penyimpanan. Hal tersebutlah terkadang yang akan menyita banyak ruang di dalam rumah. Belum lagi jika perlengkapannya cukup banyak. Berikut beberapa tips pintar untuk penyimpanan barang dan penghematan ruang untuk rumah kecil.

1. Penyimpanan Barang Secara Vertikal

rak vertikal via justinegraykin

Untuk rumah yang terbilang tidak cukup besar, salah satu cara mengakalinya selain dalam penggunaan furniture adalah tempat penyimpanan secara vertikal. Ruang secara vertikal memang lebih banyak terbuang karena adanya ketinggian antara lantai dan langit-langit yang tidak dimanfaatkan. Maka dari itu memasang rak vertikal pada dinding merupakan salah satu cara memanfaatkan ruang dalam rumah. Akan tetapi jangan sekedar rak, berikan sentuhan yang menarik agar rak tersebut terlihat menarik dan juga nyaman dipandang.

2. Penyimpanan pada Lantai

ruang penyimpanan di lantai via decoist


Untuk rumah milik sendiri, penyimpanan yang satu ini bisa menjadi ide tersendiri. Pada lantai di rumah bisa didesain dengan area tersembunyi yang terkamuflase. Selain mudah disimpan dan diambil, tempat penyimpanan di lantai juga tidak membuat anda khawatir jika barang terjatuh seperti ketika meletakkan barang di rak vertikal.

3. Menggunakan Furniture Multi-fungsi

meja dengan berbagai fungsi dan penyimpanan via pinterest


Desainlah furniture yang dapat digunakan tidak hanya sebagai meja atau kursi saja namun juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Seperti halnya kursi makan yang dibawahnya terdapat ruang kosong untuk menyimpan barang. Ataupun meja makan dengan laci untuk menyimpan peralatan makan sehingga lebih mudah dijangkau dan juga tidak berserakan di dapur.

4. Membuat Rak Portable dengan Papan Kayu

papan kayu gantung via pinterest


Salah satu tempat penyimpanan yang bisa juga digunakan untuk memajang koleksi adalah rak dari papan kayu satu ini. Bukan sekedar rak biasa, rak ini didesain secara portable sehingga setiap papan yang diselipkan pada kayunya dapat dilepas dan dipasang sesuai keinginan dan juga kebutuhan. Selain itu jarak antar papan kayu untuk meletakkan barang dapat disesuaikan dengan ketinggian barang. Dengan memasang papan kayu berjajar pada dinding, berbagai macam barang dapat digantungkan. Unik dan juga mempercantik ruangan.

5. Merancang Built-in Furniture

tangga portable via trendir

Tempat penyimpanan untuk menghemat ruang di dalam rumah tidak harus selalu tentang barang koleksian. Kebutuhan ruang yang cukup banyak tentunya mengharuskan untuk menghemat ruang dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menyembunyikan ruang yang tidak difungsikan dalam waktu tertentu. Seperti pada gambar, tangga menuju ruang tidurnya dapat disembunyikan ke dalam rak dan memberikan ruang lebih di dalam kamarnya.

6. Penataan Sesuai dengan Barang dan Kegunaan

labeling barang via pinterest

Menyimpan barang jangan sampai berserakan dan asal-asalan. Aturlah barang-barangmu sesuai dengan fungsi dan bentuknya. Simpan dalam satu tempat dan berikan tanda pengenal sehingga tidak salah mengambil barang ketika sewaktu-waktu dibutuhkan. Hal ini juga akan menghemat waktu ketika mencari barang karena sudah di tempatkan pada kategorinya masing-masing di dalam ruangan.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter