article / Garden / BIKIN TAMAN INDOOR MAKIN INDAH DENGAN BERBAGAI INSPIRASI JENIS RUMPUT, MARI KITA SIMAK!
09 September 2021 515 Views

BIKIN TAMAN INDOOR MAKIN INDAH DENGAN BERBAGAI INSPIRASI JENIS RUMPUT, MARI KITA SIMAK!


Menggunakan tumbuhan hijau sebagai cara memperbaiki sirkulasi udara dalam hunian adalah langkah yang tepat. Koleksi tanaman hias hingga membuat taman di rumah memang menimbulkan suasana sejuk dan asri. Apalagi bila anda bisa membuat taman di dalam rumah. Ide menarik yang banyak digunakan dalam tipe rumah minimalis ini, menyediakan ruang sedikit dalam rumah untuk diberikan rumput untuk taman indoor. Jenis rumput untuk tanaman indoor bisa dikatakan cukup terbatas. Rumput tersebut harus minim perawatan dengan kemungkinan terpapar sinar matahari secara tidak langsung. Walaupun begitu, untuk anda yang mempunyai taman indoor di hunian tidak perlu khawatir. Beberapa rekomendasi jenis rumput untuk taman indoor di bawah ini pastinya akan membantu kamu dalam membuat hunian semakin asri.

Anda bisa mensiasati pembuatan tipe taman indoor dengan sirkulasi udara terbuka maupun pencahayaan maksimal dalam rumah. Apalagi kini sudah banyak desain menarik untuk pembuatan taman dalam rumah yang asri. Beberapa rekomendasi jenis rumput di bawah ini, semoga dapat menjadi alternatif rumput menarik dalam hunian ya!

1. Rumput Gajah Mini

blogspot.com

Sesuai namanya, jenis rumput gajah mini adalah varian jenis rumput gajah yang berukuran lebih kecil. Jenis rumput ini sering dipilih oleh desainer interior karena ukurannya yang pas untuk berbagai desain taman rumah, terutama di halaman rumah minimalis yang berukuran kecil.Jenis rumput ini memiliki karakter yang cukup unik yaitu pola pertumbuhan yang menyamping. Jadi, ukuran daun yang tidak tinggi dan condong merayap ke samping yang menjadikannya tidak perlu pemangkasan rutin. Banyak yang menjadikan jenis rumput gajah mini sebagai jenis rumput favorit karena tidak membutuhkan banyak perawatan, tahan cuaca, dan harganya yang terjangkau.

2. Rumput Swiss

pexels.com

Rumput Swiss adalah jenis rumput yang memiliki tekstur paling halus di antara jenis rumput lainnya. Rumput ini terlihat rapi, sehingga cocok sebagai penghias taman idaman Anda. Meskipun hanya ditanami rumput Swiss, memiliki taman di rumah akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Untuk Anda yang ingin menanam rumput Swiss di taman, Anda harus siap melakukan perawatan ekstra. Mulai dari pemangkasan rumput minimal sebulan sekali, pemberian pupuk, sampai pencahayaan minimal 80 persen. Namun, usaha yang Anda keluarkan setara dengan keindahan rumputnya. Rupa yang indah membuat harga rumput ini cukup tinggi. Jika sesuai dengan bujet, tidak ada salahnya menggunakan rumput Swiss untuk mempercantik taman Anda.

3. Rumput Gajah Mini Varigata

google.com

Jenis rumput ini disebut juga rumput gajah mini putih. Jika dilihat dari ukurannya, jenis rumput gajah varigata memiliki ukuran yang sama dengan rumput gajah mini biasa, hanya saja terdapat garis-garis putih pada jenis rumput gajah varigata ini. Dari segi karakteristik, rumput gajah mini varigata juga tahan terhadap cuaca dan minim perawatan. Akan tetapi, karena bentuknya yang unik, jenis rumput ini umumnya sedikit lebih mahal dibandingkan jenis rumput gajah mini biasa.

4. Rumput Babat

pinterest.com

Rumput babat disebut juga dengan rumput golf karena rumput ini sering kali dipakai untuk melapisi lapangan golf. Rumput ini memiliki helaian kecil dan pendek, tetapi mampu tumbuh dengan cepat, jadi perlu dipangkas dua minggu sekali. Rumput ini membutuhkan pencahayaan matahari sebanyak 100 persen agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Sesuai namanya, jenis rumput golf adalah sama dengan jenis rumput yang dipakai di lapangan golf. Budidaya jenis rumput ini kian marak sehingga sekarang pekarangan rumah juga bisa menggunakan jenis rumput golf yang terkenal indah dan adem.

5. Rumput Peking

pinterest.com

Karakter rumput peking mirip dengan rumput Jepang, yaitu helaian daunnya kurus, runcing, dan rapi. Namun, dibandingkan dengan rumput Jepang, rumput peking tumbuh secara jarang-jarang. Perawatan rumput peking relatif mudah dilakukan, yaitu dipangkas secara rutin dalam dua bulan sekali dan diberikan pupuk agar rumput tidak kering. Jika tidak secara rutin dirawat, maka jenis rumput peking bisa tumbuh lebat dan bagian bawahnya akan menguning karena tidak terkena cahaya matahari. Jenis rumput peking ini lebih sering ditanam di bagian yang tidak dilalui pijakan kaki manusia.

6. Rumput Manila

Pinterest.com

Rumput Manila merupakan salah satu jenis rumput berkualitas tinggi. Rumput ini berwarna hijau pekat, memiliki kekuatan dan elastisitas yang baik, dan tahan pijakan kaki. Hal ini membuatnya menjadi pilihan tepat untuk melapisi lapangan sepakbola. Namun, rumput Manila membutuhkan perawatan rutin yang cukup ekstra. Anda perlu rutin memangkasnya, memberi pupuk, dan menyiraminya secara teratur. Jenis rumput Manila mampu tumbuh di tanah berpasir dan sangat ideal untuk mengendalikan erosi. Bagi kamu yang punya budget ekstra, jenis rumput Manila ini bisa dijadikan pertimbangan untuk pekarangan rumah impian.

Nnah, tersebut adalah beberapa inspirasi jenis rumput yang bisa anda pakai di taman rumah impian anda lho. Bagaimana apakah anda sudah tertarik untuk membuat taman dengan beberapa inspirasi diatas? Pastikan kembali untuk membuat taman sesuai dengan budget dan rumah idaman kalian ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter