ARTIKEL / Home Bar /
11 lihat

Cara Mendesain Home cafe di Rumah: Transformasi Ruang Sederhana Jadi Kafe Pribadi

featured-image

Sebagai seorang penikmat kopi meminum kopi merupakan sebuah ritual yang harus di laksanakan setiap hari dan tak tergantikan, dapat dinikmati ketika sore setelah bekerja ataupun pagi sebelum bekerja. Tetapi bagaimana kalau kita tidak dapat menikmati kopi di dua waktu tersebut, mungkin respon setiap orang akan berbeda beda mungkin ada yang tidak terpengaruh, mungkin ada yang terpengaruh.

Fakta menarik mengenai peminum kopi:

  1. Pada tahun 2023/2024, sekitar 12,6% dari populasi dunia, atau 1 miliar orang, minum kopi setiap hari.
  2. Rata-rata, setiap tahunnya dikonsumsi sekitar 400 miliar cangkir kopi.
  3. Uni Eropa menjadi wilayah dengan konsumsi kopi terbesar di dunia pada tahun 2022, yaitu 41,03 juta kantong berukuran 60 kg.
  4. Indonesia menjadi konsumen kopi terbesar kelima di dunia pada tahun 2020/2021, dengan jumlah konsumsi mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kg. 
  5. Varietas kopi Arabika unggul dibandingkan Robusta.

berdasarkan fakta-fakta tersebut kita dapat mengetahui bahwa bukan hanya orang indonesia saja yang menyukai kopi tetapi ada sekitar 1 miliar orang yang suka meminum kopi setiap hari. Tetapi apakah ada cara untuk kita dapat tetap menikmati kopi ketika kita menginginkannya tanpa takut tidak memiliki waktu untuk membelinya, YA jawabannya yaitu "HOME CAFE" atau membuat kopi sendiri di rumah kita. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian persiapkan untuk membuat home cafe yang nyaman, dan dapat kalian nikmati.

 

Perlengkapan

featured-image

source

Yang pertama kali harus dipersiapkan untuk membuat "HOME CAFE" yaitu adalah alat untuk membuat kopi itu sendiri, "ALAT UNTUK MEMBUAT KOPI KAN MAHAL KAK?" kalau yang kalian beli adalah coffee maker seperti di cafe, ada beberapa alat dan metode yang tidak terlalu mahal untuk membuat kopi terlebih untuk membuat kopi di rumah, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode "MANUAL BREW". Gambar tersebut merupakan alat alat yang biasa digunakan untuk membuat kopi secara manual, alat alat seperti ini memiliki beberapa keuntungan akan tetapi yang paling terlihat dan paling mudah dirasakan adalah penyimpanan alatnya, KENAPA? karena alat - alat ini terbilang kecil sehingga tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas, dan juga tidak perlu menggunakan listrik. Dengan demikian alat alat ini dapat dibawa atau dipindahkan dengan lebih mudah, karena dua hal tersebut merupakan hal yang paling penting dalam mendesain home cafe.

 

Ruangan

featured-image

source

Setelah kita sudah mempersiapkan alat yang akan kita gunakan untuk membuat kopi pada home cafe kita juga harus mempersiapkan tempatnya, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika ingin membuat home cafe yang mana hal ini akan menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi penentu apakah home cafe ini akan menjadi home cafe yang nyaman atau menjadi home cafe yang bahkan kita malas untuk membuat kopi di sana. Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan dalam membuat home cafe:

 

  • Dekat dengan sumber air: Lokasinya harus dekat dengan dapur atau sumber air  yang akan sangat memudahkan proses pembersihan dan penyeduhan kopi.
  • Akses yang mudah: Pastikan area ini mudah untuk diakses dari berbagai bagian rumah, terutama di pagi hari ketika ingin menyeduh kopi.
  • Pencahayaan yang cukup: Ini juga merupakan hal yang penting letakan home cafe di area yang terang, hal ini bertujuan untuk menciptakan tempat yang nyaman dan juga terlihat profesional.
  • Ukuran Meja: Hal ini juga merupakan salah satu yang harus dipikirkan karena hal ini yang akan mempengaruhi kenyamanan dalam membuat kopi. Ukuran meja yang pas dapat mempengaruhi beberapa hal seperti, peletakan meja, akses terhadap setiap sisi dari meja terlebih meja tersebut menyimpan berbagai macam alat untuk menyeduh kopi sehingga ukuran dan bentu meja juga dapat mempengaruhi pembuatan home cafe

Jenis Home Cafe

Ada beberapa jenis home cafe yang dapat kita buat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sendiri beserta dengan konsep dari home cafe tersebut, berikut merupakan jenis home cafe yang memungkinkan untuk dibuat di rumah:

 

1. Home Cafe di Dapur

featured-image

source

  • Konsep terbuka: menjadi satu dengan dapur, home cafe di sini bisa berbagi ruang dengan area memasak, atau juga menggunakan bagian dari meja dapur atau counter untuk area penyeduhan kopi, dengan menambahkan rak atau lemari untuk menyimpan alat kopi.
  • Minimalis dan praktis: Gunakan desain yang fungsional dengan penyimpanan alat yang mudah dijangkau dan tata letak yang sederhana.

2. Home Café di Ruang Tamu

featured-image

source

  • Sudut kafe: Di sudut ruang tamu, Anda dapat menciptakan nuansa kafe yang nyaman dengan menambahkan meja kopi, rak dinding untuk alat-alat kopi, serta beberapa kursi yang dapat digunakan.
  • Estetika dekoratif: Menambahkan beberapa elemen dekoratif seperti tanaman indoor, poster kopi, atau karya seni bertema kopi yang bertujuan untuk memberikan sentuhan artistik yang menyenangkan dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan elemen.

3. Home Café di Balkon atau Teras

featured-image

source

  • Kafe outdoor: Balkon atau teras bisa diubah menjadi home café dengan menambahkan meja kecil dan bangku, serta area penyeduhan kopi yang bisa dipindahkan.
  • Nuansa alami: Memaksimalkan penggunaan tanaman hijau dan pencahayaan alami untuk menciptakan suasana santai dan asri disertai dengan angin yang berhembus langsung.

4. Home Café di Sudut Ruang Kerja

featured-image

source

  • Kafe produktif: Jika Anda merupakan seseorang yang sering bekerja dari rumah, sudut ruang kerja bisa dijadikan area home café. Tempatkan mesin kopi dan perlengkapan di dekat meja kerja untuk akses mudah saat membutuhkan kopi sehingga ketika membutuhkan akan dapat dengan mudah untuk mengambil kopi tersebut.
  • Fokus pada kenyamanan: Menggunakan desain ergonomis dengan rak untuk menyimpan alat kopi tanpa mengganggu ruang kerja.

5. Home Café di Pantry

featured-image

source

  • Kafe kecil dan ringkas: Jika ruang di rumah terbatas, maka pantry dapat menjadi tempat ideal untuk home café yang lebih minimalis. Dapat menggunakan rak dinding atau lemari kecil untuk menyimpan kopi dan alat seduh sehingga akan memiliki tempat yang lebih luas.
  • Organisasi yang baik: Gunakan area kecil ini dengan bijak untuk menjaga agar tetap rapi dan fungsional.

Itu merupakan jenis home cafe yang mungkin saja dapat menjadi referensi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah home cafe yang estetik dan juga tertata, baik di tempat atau rumah yang kecil ataupun di tempat yang memang dari awal ingin dijadikan home cafe.

Kesimpulan

Dari hal hal yang kita bahas sebelumnya kita dapat mengetahui beberapa hal terlebih mengenai home cafe. Kita dapat menyimpulkan mengenai pembuatan home cafe, kita jadi dapat mengetahui bagaimana pembuatan home cafe, kita juga jadi dapat mengetahui apa saja yang harus di siapkan untuk membuat sebuah home cafe, serta juga dapat memahami cara untuk mengaplikasikan home cafe di berbagai sudut di bagian rumah mulai dari tempat kerja hingga di balkon rumah, yang ternyata home cafe dapat di letakan di tepat tempat seperti itu dan tidak terlalu memakan banyak tempat.

 

 

invisible hit counter