ARTIKEL / Kitchen and Dining / Desain Dapur yang Cocok untuk Ruang Kecil
1K lihat

Desain Dapur yang Cocok untuk Ruang Kecil

featured-image

Banyak orang tinggal di apartemen atau rumah kecil karena itu efisien energi dan membutuhkan sedikit pemeliharaan, tetapi mereka sering menemukan dapurnya terlalu sempit untuk kebutuhan mereka. Meskipun demikian, ukuran dapur yang kecil tidak seharusnya membatasi kreativitas Anda. Bahkan dengan area yang kecil, ada banyak hal yang bisa membuat Anda senang dan banyak pilihan desain dapur untuk dieksplorasi.

Artikel ini akan membahas tantangan dalam bekerja dengan dapur yang kompak dan menawarkan saran untuk memanfaatkan sebaik mungkin area dapur yang kecil.

 

Pilih Palet Warna yang Tepat

photo source : refacekitchensbathrooms.com.au

Memiliki dapur yang lebih terang mungkin akan membuatnya terasa lebih luas. Dapur kecil dapat terasa lebih besar dengan menggunakan palet warna terang untuk dinding, permukaan kerja, backsplash, dan pekerjaan kayu.

Warna cat yang paling populer di Inggris untuk dapur, ruang tamu, dan kamar tidur adalah Farrow & Ball's Hague Blue, yang merupakan nuansa biru tua.

Di Australia, warna cat interior yang paling umum adalah variasi putih, seperti crisp white dan whisper white. Banyak kontraktor dapur dapat menangani proyek pengecatan atau pelapisan ulang untuk Anda. Misalnya, Reface Kitchens menawarkan opsi pelapisan ulang yang memperbarui tampilan dan nuansa dapur Anda sambil mempertahankan kerangka yang ada dan menggunakan bahan berkualitas tinggi untuk mengupgrade.

Sementara itu, di antara rumah-rumah di Amerika, putih terus menjadi warna yang paling disukai untuk lemari dapur (41%), backsplash (40%), dan dinding (32%).

 

Maksimalkan Ruang Penyimpanan

photo source : home-designing.com

Tambahkan ruang fungsional dan dekoratif dengan rak terbuka di kolom-kolom kecil dalam gaya industri. Anda akan memiliki lebih banyak ruang di atas meja dan dapat melihat persediaan Anda dengan lebih efisien.

Selain itu, untuk memanfaatkan semua ruang yang tersedia, Anda dapat membangun rak terbuka di alkon atau memasang kompor dan lemari ke dalam perapian kosong untuk dipadankan dengan desain backsplash kompor pilihan Anda.

Cabinetry full-height adalah alternatif lain yang tersedia. Ini menambahkan ruang penyimpanan dan menciptakan tampilan yang bergaya yang memisahkan dapur Anda dari bagian lain dari tata letak lantai terbuka.

 

Jaga Kecerahan

photo source : forbes.com

Jika Anda memiliki dapur kecil dengan langit-langit tinggi, lampu hias yang indah dapat memberikan dampak besar. Namun, jika dapur Anda memiliki langit-langit konvensional, lampu LED puck adalah pilihan yang baik.

Jika rumah Anda memiliki sedikit atau jendela kecil, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengglazur langit-langit atau menginstal atap berpencahaya. Jauhkan lemari tinggi dan freezer berdiri bebas dari jendela agar cahaya alami dapat masuk dengan baik.

Sebagai alternatif, Anda dapat tetap menggunakan skema warna yang seluruhnya putih dan menambahkan sentuhan berwarna dengan peralatan penyajian berwarna atau lampu gantung yang unik dan hemat ruang.

 

Reservasi Gudang Kecil

photo source : elledecor.com

Untuk solusi lemari kustom yang terjangkau dan mudah, letakkan sebuah rak buku lama di dapur Anda (cat yang cantik adalah opsional) dan isi dengan barang kaleng, produk kering, dan bahan makanan. Atau, Anda dapat meruntuhkan dinding dan memasang lemari dangkal di antara stud dinding.

Anda juga dapat membuat area penyimpanan kecil dengan memasang beberapa rak di dinding dan meletakkan beberapa bangku di bawahnya. Ketika Anda pulang, Anda akan memiliki akses mudah ke tempat untuk tas, sepatu, dan topi Anda, serta tempat untuk menampilkan berbagai piring kue yang Anda terima sebagai hadiah.

Selain itu, Anda dapat memasang lemari pengambilan tersembunyi, yang memanfaatkan sudut kecil di sebelah kulkas dan menyembunyikan barang-barang dapur Anda dengan rapi.

 

Dapur Compact Galley

photo source : veranda.com

Dapur compact galley adalah salah satu desain paling populer untuk dapur kecil. Ada banyak masalah kabinet dan pencahayaan yang perlu dipertimbangkan saat merancang untuk ruang yang panjang dan sempit ini. Ini terdiri dari serangkaian meja sejajar.

Dapur galley didefinisikan oleh dua dinding sejajar dan lorong yang sempit. Dapur galley tidak hanya ekonomis, tetapi juga efisien. Peralatan dapur, seperti kompor, kulkas, dan sink, sering diatur dalam satu baris sepanjang satu dinding dalam dapur gaya galley. Ini harus berfungsi dengan baik selama ada cukup ruang persiapan antara area kerja.

 

Investasi dalam Peralatan yang Lebih Kecil

photo source : veranda.com

Jika dapur Anda terlalu sempit untuk menampung peralatan berukuran penuh, jangan putus asa; peralatan dapur yang lebih kecil dapat membantu mengeluarkan bakat kuliner Anda. Rumah tangga kecil atau yang memiliki anggaran ketat akan mendapatkan manfaat besar dari peralatan ini.

Peralatan masak serbaguna yang dapat diletakkan di atas meja adalah pilihan yang paling efisien dalam penggunaan ruang untuk mereka yang memiliki lemari dapur dan permukaan kerja yang terbatas. Mereka sama efektifnya dengan oven biasa dalam memasak makanan, tetapi mereka membutuhkan lebih sedikit ruang, menggunakan daya yang lebih sedikit, dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

 

Menggunakan Kaca

photo source : design4space.com.sg

Salah satu kualitas terbaik kaca adalah kemampuannya untuk memantulkan cahaya, sehingga membuat area tertentu terlihat lebih terang dan terbuka daripada kenyataannya. Kaca memberikan tampilan yang lebih kontemporer ketika digunakan untuk countertop dan backsplash dapur serta kamar mandi.

Memasang lemari dengan panel kaca adalah cara yang sederhana untuk membuat dapur Anda terasa lebih besar dan lebih terbuka sambil menghindari akumulasi debu. Selain itu, ini adalah tempat yang baik untuk menyimpan barang-barang yang Anda tahu akan sulit ditemukan di lemari penyimpanan lainnya.

Selain itu, elemen dekorasi kaca dan reflektif, seperti panci dan lampu gantung, akan membantu memantulkan cahaya di seluruh ruangan. Elemen-elemen reflektif ini akan meningkatkan kecerahan dan memberikan kedalaman tambahan pada ruangan tersebut.

 

Kesimpulan

Jangan biarkan ruang kecil menghalangi Anda untuk menciptakan dapur yang indah dan unik. Ada beberapa tata letak dapur yang lebih cocok untuk ruangan kecil, serta beberapa trik untuk membuat dapur kecil terlihat lebih besar. Dengan tips yang kami berikan di sini, kami berharap Anda akan terinspirasi untuk merenovasi dapur kecil Anda dengan efisien dan terjangkau.

photo
invisible hit counter