ARTIKEL / Windows & Doors / DIY vs. Sewa: Mana yang Lebih Baik untuk Jendela Anda?
558 lihat

DIY vs. Sewa: Mana yang Lebih Baik untuk Jendela Anda?

featured-image

Ketika tiba saatnya untuk mengganti, memperbaiki, atau sekadar meningkatkan jendela Anda, Anda mungkin menemukan diri Anda berada di persimpangan: apakah Anda akan mengatasi pekerjaan tersebut sendiri dengan berbagai metode dan bahan DIY, atau lebih baik mencari layanan penggantian jendela yang dapat diandalkan? Tergantung pada tingkat keterampilan dan pemahaman Anda dalam hal perawatan jendela, setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat membuat perbedaan besar dalam kesuksesan proyek. Dalam artikel ini, kami akan membahas kedua skenario sehingga Anda dapat memutuskan rute mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Teruslah membaca untuk mendapatkan semua informasi sebelum membuat keputusan akhir Anda.

 

Kelebihan (Pro) Melakukan Sendiri (DIY):

  • Penghematan Biaya

    sumber : pexels.com/photo

    Proyek Melakukan Sendiri (DIY) dapat membantu menghemat uang dengan menghilangkan biaya tenaga kerja yang terkait dengan mempekerjakan seorang profesional. Anda mungkin dapat menemukan tutorial atau bahkan kit untuk membantu memandu prosesnya. Banyak dari bahan dan sumber daya ini terjangkau dan dapat ditemukan dengan mudah di toko peralatan lokal atau pengecer online seperti Amazon. Menghabiskan waktu untuk mencari-cari barang bekas di toko barang bekas dan menjelajahi penjualan barang bekas juga bisa menghasilkan barang-barang yang diperlukan untuk proyek Anda dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Pengembangan Keterampilan

    Bekerja pada proyek-proyek DIY seperti penggantian jendela adalah cara yang bagus untuk mempelajari keterampilan yang berguna. Selain belajar cara mengukur dan memotong kaca dengan alat yang tepat, mengganti jendela sendiri dapat membantu Anda memperoleh pengalaman dalam bidang tukang kayu dan konstruksi. Ini juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Anda, karena Anda akan dihadapkan pada berbagai masalah yang perlu diatasi, seperti memutuskan cara terbaik untuk mengamankan jendela baru tersebut.

  • Rasa Pencapaian

    sumber : pexels.com

    Menginstal jendela bisa menjadi tugas yang menyenangkan dan memuaskan karena Anda dapat segera mengagumi hasil kerja Anda. Seperti yang diketahui banyak pemilik rumah, tidak setiap hari Anda bisa melihat hasil instan dengan cara yang begitu mudah diakses. Bayangkan keluar rumah setelah instalasi dan terkesan oleh jendela yang baru saja Anda pasang - rasanya luar biasa sekali rasa pencapaian tersebut. Melakukan sesuatu sendiri dan melihat perbaikan tersebut adalah hal besar bagi para penggemar jendela. Anda akan segera merasa bangga dengan pekerjaan yang telah berhasil dilakukan.

 

Kekurangan (Cons) Melakukan Sendiri (DIY):

  • Kurangnya Peralatan dan Pengetahuan yang Tepat

    Tidak peduli seberapa cakap Anda dalam pekerjaan tangan, mereka yang suka melakukan sendiri seringkali tidak memiliki peralatan yang tepat yang diperlukan untuk berhasil menyelesaikan proyek penggantian jendela. Selain itu, kecuali jika Anda seorang profesional berpengalaman dengan pengetahuan yang cukup, kemungkinan Anda tidak akan dapat mendiagnosis masalah yang sulit atau menginstal jendela dengan benar. Dan jika itu belum cukup buruk, penderitaan hanya akan meningkat ketika Anda menyadari bahwa memperbaiki jendela mungkin memerlukan biaya lebih tinggi dari yang diharapkan akibat pemasangan yang tidak benar.

  • Garansi Terbatas

    Pernahkah Anda mendengar frase 'kamu mendapatkan apa yang kamu bayar'? Nah, itu tentu berlaku di sini. Jika Anda bersedia mengambil risiko waktu dan uang Anda pada pekerjaan jendela DIY, maka kemungkinan besar Anda akan mengorbankan memiliki garansi. Tentu, selalu ada kepuasan dalam menyelesaikan pekerjaan sendiri, tetapi secara realistis, Anda mungkin melewatkan sesuatu yang lebih berharga daripada hak untuk berbangga: polis asuransi terhadap masalah apa pun dengan jendela Anda.

 

Menggunakan Profesional

  • Pemasangan Profesional

    sumber : maverickwindows.com

    Menggaji seorang ahli untuk pemasangan jendela Anda berarti bahwa, alih-alih mengalami kebingungan dan kelelahan saat mencoba mengatur sudut dengan sempurna, Anda dapat yakin bahwa setiap panel ditempatkan dengan keahlian. Selain itu, setiap potensi masalah kecil yang mungkin timbul bisa diidentifikasi sejak dini, sebelum menjadi masalah besar di kemudian hari. Pada akhirnya, meminta bantuan seorang ahli berarti Anda tidak perlu lagi meragukan apakah jendela Anda akan tahan uji waktu atau tidak.

  • Bahan Berkualitas dan Garansi

    sumber : pexels.com

    Para ahli mengetahui bahan terbaik dan teknik pemasangan terbaik, serta datang dengan cakupan garansi yang memberikan ketenangan pikiran. Mereka tidak akan menghemat pada bagian-bagian atau mengambil jalan pintas. Ini seperti memiliki polis asuransi pribadi Anda sendiri untuk pekerjaan yang berhasil dilakukan.

 

Kekurangan (Cons) Menggunakan Profesional:

  • Investasi Awal yang Mahal

    sumber : maverickwindows.com

    Pada awalnya, menggaji seorang ahli untuk jendela mungkin terlihat seperti ide yang bagus. Tapi itu akan menghabiskan uang Anda - dan itu bukan lelucon. Para ahli tidak datang dengan harga murah, dan tarif per jam mereka yang tinggi bisa sangat menguras isi dompet Anda. Belum lagi semua biaya tambahan untuk bahan-bahan yang mungkin diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentu, memiliki para ahli di pihak Anda bagus, tetapi ketika Anda harus merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan bantuan mereka, mungkin saatnya mencari alternatif yang ramah anggaran.

  • Waktu Proyek yang Lebih Lama

    Menggunakan seorang ahli untuk urusan jendela bisa terasa seperti menonton perlombaan siput: lambat dan membuat gugup. Tanpa latar belakang teknis Anda sendiri, mudah untuk merasa frustrasi saat Anda menunggu berhari-hari bahkan hanya untuk menyelesaikan dasar-dasar. Meskipun Anda membayar seseorang dengan pengalaman dan kualifikasi ahli, tidak ada jaminan bahwa mereka akan mengatasi masalah Anda dengan lebih cepat.

 

Mengganti jendela mungkin merupakan proyek yang harus Anda lakukan pada suatu saat. Namun, apakah Anda harus melakukannya sendiri atau mempekerjakan orang lain bergantung pada anggaran, keterampilan, dan tingkat kenyamanan Anda. Jika Anda memutuskan untuk membeli jendela sendiri dan menginstalnya, pastikan hanya menggunakan bahan-bahan yang paling andal yang tersedia, dan jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan keselamatan. Di sisi lain, jika Anda tidak ingin melakukannya sendiri atau kesulitan menemukan pasokan dan bahan yang dapat diandalkan, maka mempekerjakan tim profesional mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Dalam setiap kasus, pastikan untuk mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan dari melakukan sendiri vs. mempekerjakan profesional dengan cermat sebelum memutuskan apa yang terbaik untuk Anda dan jendela Anda.

photo
invisible hit counter