ARTIKEL / Windows & Doors / Jendela Bundar Solusi Untuk Rumah Tampil Minimalis, Intagramable Abis!
184 lihat

Jendela Bundar Solusi Untuk Rumah Tampil Minimalis, Intagramable Abis!

featured-image

Sumber : home.co.th

Rumah – rumah pada umumnya menggunakan jendela berbentuk persegi.Tentu saja itu sangat monoton dan kurang unik.Pada era sekarang sedang trend – trendnya beralih model jendela yang lain misalnya berbentuk bundar.Jendela bundar mempunyai kesan unik tersendiri pada arsitektur rumah.

Sumber : guim.co.uk

Sumber : media.timeout.com

Sumber : thesun.co.uk

Mungkin kamu pernah menjumpai jendela bundar pada film The Hobbit.Selain itu mungkin pada tempat wisata yang ada replika rumah hobbitnya.Perlu sobat tau kalau misalkan jendela bundar bisa di aplikasikan pada rumah modern minimalis masa kini lho.Meskipun kedengarannya aneh, jendela kog bentuknya bundar? apalagi terinspirasi dari film The Hobbit, kuno dong?.

Sumber : googleusercontent.com

Sumber : line-scdn.net

Eitss jangan salah ya sobat, justru jendela model bundar akan memberikan sentuhan unik pada arsitektur rumah.Jendela model bundar akan menimbukan kesan minimalis yang berbeda.Tapi sobat tau nggak sih awal adanya jendela model bundar ini?.Pada awalnya jendela model bundar digunakan sebagai standar keamanan pada kapal.Jendela model bundar atau melingkar biasa disebut juga dengan porthole terbentuk dari ruang moncong meriam untuk menembak musuh dan banyak digunakan pada kapal perang jaman dahulu.

Alasan kenapa menggunakan jendela bundar adalah bentuk jendela bundar lebih kuat dan tahan lama daripada jendela kotak dengan sisi tajam.Jendela bundar lebih efektif dalam menghalau angin dan air, maka dari itu lebih tahan lama dan tahan terhadap karat.

Selain itu area jendela sangat rentan retak terhadap tekanan & beban dari berbagai sumber.Untuk itu tekanan tersebut harus diratakan agar tidak membebani satu sudut saja.Apabila kapal menggunakan jendela dengan model kotak atau persegi yang tentu saja mempunyai sudut yang tajam.Pasti jendela tersebut akan retak dikarenakan beban tekanan akan dipusatkan pada sudut yang tajam saja.

Itulah sejarah awal mulanya tercipta jendela model bundar.Terlepas dari asal usulnya, jendela model ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Jendela Bundar

Jendela bundar memiliki kelebihan sebagai berikut :

  • Unik karena jarang digunakan dan menambah karakteristik tersendiri pada rumah
  • Cocok diaplikasikan pada rumah modern karena minimalis
  • Dapat membingkai pemandangan luar ruangan secara unik dan kreatif

     

     

    Sumber : contemporist.com

    Sumber : contemporist.com

    Sumber : dezeen.com

Kekurangan Jendela Bundar

Selain memiliki kelebihan tentu jendela bundar juga memiliki kekurangan sebagai berikut :

  • Mempunyai area visual yang lebih sempit
  • Opsi terbatas karena custom
  • Perawatan lebih susah
  • Butuh biaya lebih untuk membuat jendela bundar

Demikian ulasan mengenai jendela bundar mulai dari keunikannya, sejarah, kelebihan hingga kekurangan jika kita mengaplikasikan jendela model bundar tersebut.Tetapi jendela bundar bisa jadi solusi agar rumah tampil minimalis dan tidak monoton menggunakan jendela bentuk persegi ataupun kotak.

photo
invisible hit counter