ARTIKEL / Garden /
25 lihat

Menciptakan Taman Rumah Impian: Langkah-langkah dan Ide Desain

featured-image

Memiliki taman yang indah pasti adalah impian setiap orang, bayangkan setiap saat ketika kita di rumah kita akan melihat taman yang indah tersebut, mau pagi ataupun malam kita dapat menikmati keindahannya dengan bebas. Pasti itu impian setiap orang, hanya saja kadang masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk membangun taman tersebut karena kebingungan harus memulai dari mana, atau apa yang harus di buat dan apa yang harus di pikirkan sebelum membuat taman, sehingga kadang kita akan membatalkan pemikiran untuk membuat taman tersebut. Disini kita akan mempelajari bagaimana dan apa saja yang harus di persiapkan untuk kita dapat membangun taman yang cocok dengan kondisi dan juga bentuk yang kita inginkan.

1. Tentukan Lokasi dan Ukuran Taman

featured-image

Source


Sebelum kita menentukan banyak hal lainnya pertama kita harus menentukan lokasi karena lokasi akan sangat menentukan bentuk dan juga hasil dari taman yang akan kita buat dan kita harus menentukan lokasi yang tepat untuk membuat taman. Dimana Kalian ingin meletakan tanamannya nanti dan berapa ukuran lahan untuk membuat taman yang akan digunakan, untuk letaknya apakah di halaman depan, belakang, samping, atau bahkan di dalam rumah, dan taman seperti apa yang ingin dibuat apakah taman vertikal atau indoor, kita juga perlu memikirkan ini karena penentuan lokasi dan bentuk taman akan sangat berpengaruh pada hasil akhir dari taman yang dibuat.

Tips: Disini ada sebuah tips, Perhatikan pencahayaan yang ada pada lokasi yang telah kalian pilih, apakah lokasi tersebut menerima sinar matahari secara penuh atau teduh sebagian. Hal ini akan menentukan jenis tanaman apa saja yang bisa Anda pilih karena ada beberapa tanaman yang membutuhkan sinar cahaya matahari dengan kuantitas lebih banyak dan ada beberapa tanaman yang tidak perlu terlalu banyak menerima sinar matahari.

 

2.Pilih Konsep dan Tema Taman

featured-image

Source

Setelah kalian berhasil untuk menentukan lokasi dan ukuran taman maka saatnya dilanjutkan dengan penentuan konsep dan juga tema dari taman yang ingin dibuat. Ada beberapa contoh konsep taman yang dapat kalian digunakan seperti taman minimalis, tropis, taman ala Jepang, taman hutan (forest garden), atau taman vertikal, setiap konsep taman memiliki keunggulan dan juga kekurangannya sendiri.

Tips: Jika kalian memiliki ruang terbatas dirumah kalian, konsep taman vertikal atau minimalis bisa menjadi solusi praktis yang dapat kalian terapkan untuk membangun taman karena tidak membutuhkan banyak ruang.

 

3. Pilih Tanaman Sesuai Kondisi Iklim dan Lokasi

featured-image

Source

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi iklim di lokasi kalian seperti, tingkat curah hujan, dan jenis tanah. Jika lokasi taman banyak terkena sinar matahari, pilih tanaman yang tahan terhadap cahaya panas. Sebaliknya, jika area taman lebih teduh, pilih tanaman yang menyukai naungan, sesuaikan dengan kondisi yang ada di lokasi pembuatan taman agar dapat membuat taman yang indah dan juga sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Tips: Gunakan tanaman lokal atau asli daerah Anda karena biasanya lebih mudah dirawat dan lebih tahan terhadap kondisi iklim setempat.

 

4.Buat Tata Letak yang Efektif

featured-image

Source

Jangan lupa juga untuk membuat tata letak agar tanaman yang ditanam dapat tersusun dengan baik / terorganisir dengan rapi, terlebih dapat menciptakan keindahan dari tata letak tersebut.

Tips: Gunakan konsep multilayer planting atau penanaman bertingkat, di mana tanaman yang lebih tinggi ditempatkan di belakang dan yang lebih pendek di depan. Ini tidak hanya memberikan tampilan indah, tapi juga memastikan setiap tanaman mendapat cahaya yang cukup.

 

5. Atur Sistem Penyiraman yang Efektif

 

Air adalah elemen penting untuk keberlangsungan taman. Jika memungkinkan, pasang sebuah sistem irigasi tetes untuk menghemat air dan memastikan tanaman tetap akan mendapatkan kelembapan yang cukup. Jika tidak, rutinlah menyiram tanaman sesuai dengan kebutuhannya karena setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda beda.

Tips: Untuk taman kecil, penyiraman manual mungkin cukup. Namun, untuk taman yang lebih besar, sistem irigasi otomatis bisa menghemat waktu dan tenaga.

 

Setelah kita mengetahui tentang apa saja yang harus di persiapkan sebelum membangun taman maka dari itu kita akan mempelajari jenis taman yang dapat kita bangun di rumah.


1. Taman Minimalis

featured-image

Source


Taman minimalis merupakan sebuah taman yang menggunakan elemen-elemen yang sederhana dengan tata letak yang rapi dan efisien. Biasanya untuk taman minimalis akan menggunakan tanaman yang tidak terlalu memerlukan banyak perawatan atau perawatan yang intens dan menggunakan elemen keras (hardscape) seperti batu dan kerikil.

2.Taman Tropis

featured-image

Source

Taman tropis merupakan konsep taman yang menggunakan tanaman hijau yang lebat seperti pohon palem, bambu, pakis, dan tanaman tropis lainnya pada konsep taman tropis ini menekankan pada alam yang mana desainnya itu memberikan kesan alami dan juga asri. Fokus pada taman tropis ini adalah untuk menciptakan kesan alami dan asri pada lingkungan sekitar taman.

3.Taman Vertikal

featured-image

Source

Sesuai dengan namanya taman ini dibangun dengan memanfaatkan dinding atau struktur vertikal yang ada untuk menanam berbagai jenis tanaman, biasanya penggunaan taman vertikal ini digunakan untuk ruang sempit atau untuk menambah area hijau tanpa membutuhkan lahan horizontal. Maka dari itu taman vertikal ini disarankan bila memang lokasi atau tempat yang ingin kalian bangun taman terbatas, ini dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

4. Taman Kering (Xeriscape)

featured-image

Source

Taman kering merupakan taman yang didesain untuk menghemat air sesuai dengan namanya, taman ini menggunakan tanaman yang tahan kekeringan atau tidak memerlukan air yang banyak untuk ia dapat hidup seperti kaktus, sukulen, dan tanaman gurun lainnya.

5. Taman Jepang

featured-image

Source

Taman jepang merupakan konsep taman yang menggunakan elemen alami seperti batu, air, dan tanaman hijau kecil seperti bonsai dan bambu, taman Jepang menciptakan suasana tenang dan harmonis. Taman jepang ini juga merupakan sebuah taman yang memang didesain lebih mengarah kepada taman yang menyatu dengan alam untuk menciptakan ketenangannya.

6.Taman Batu (Rock Garden)

featured-image

Source

Sesuai dengan namanya taman ini merupakan taman yang memiliki konsep untuk taman yang unik karena pada konsep taman ini menggunakan berbagai jenis batu sebagai elemen utama, dipadukan dengan tanaman kecil seperti sukulen atau semak-semak. Sering digunakan di area yang kering dan sesuai dengan namanya taman ini memang taman yang didominasi dengan menggunakan batu sebagai pembuat keindahannya.

 

Nah kita sudah sampai di akhir pembahasan pada pembahasan yang ada di atas itu membahas mengenai apa saja yang harus kita persiapkan untuk membuat sebuah taman dan juga apa saja konsep taman yang dapat digunakan untuk membangun taman di rumah. semua konsep diatas dapat digunakan baik dengan ukuran tempat yang kecil ataupun ukuran tempat yang lebih besar akan tetapi sesuaikan terlebih dahulu antara konsep yang ada di atas dengan tema yang kalian inginkan.

invisible hit counter