article / Building / Notre-Dame Basilica Montreal: Gereja dengan Pertunjukkan Sinar yang Indah! Salah Satu Bangunan Arsitektural Bergaya Gothic yang Harus Dikunjungi
22 Juni 2021 4K Views

Notre-Dame Basilica Montreal: Gereja dengan Pertunjukkan Sinar yang Indah! Salah Satu Bangunan Arsitektural Bergaya Gothic yang Harus Dikunjungi

Notre-Dame Basilica merupakan sebuah gereja yang cukup tua yaitu dibangun sejak 1672 di Montreal, Quebec, Kanada. Gereja Roman Katolik ini didesain dengan gaya gothic revival yang tampak pada eksterior dan juga interiornya. Banyaknya dekorasi yang terlihat disetiap sisi dan sudut bangunannya menjadi bukti dari style bangunan ini.

famouswonders

Gothic Revival atau disebut juga neo-Gothic/ Victorian Gothic sendiri merupakan gaya desain yang dimulai pada akhir 1740-an di Inggris. Gaya ini sendiri cukup popular di awal abad 19an dan menjadi salah satu gaya yang diterapkan unruk mengembalikan kejayaan arsitektur Gothic. Gaya desain ini pun berlawanan dengan gaya neoclassical yang pada saat itu berkembang.

basiliquenotredame

Kembali ke desain Notre-Dame Basilica, pada tahun 1824 gereja ini didesain ulang oleh arsitek James O'Donnell. Gereja ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan luasan area sekitar 3600 meter persegi. Material utama pada struktur bangunannya adalah bebatuan. Bangunan ini pun selesai dibangun keseluruhannya pada tahun 1843 dimana menjadi gereja terbesar di Amerika Utara pada waktu itu.


basiliquenotredame

Meski setelah bangunan itu selesai, pekerjaan interiornya sendiri juga dilakukan cukup lama yaitu berkisar tahun 1872 hingga 1879. Namun tentunya waktu tersebut sangatlah membuahkan hasil manis. Dapat dilihat desain interiornya sangatlah indah dan juga cantik. Berbagai ornamen dari dekoratif kaca, patung pahatan, lantai, hingga langit-langitnya memperlihatkan keindahan bangunan ini.

basiliquenotredame

Tentunya gereja ini sekarang dibuka secara publik agar pengunjung dapat menikmati keindahannya melalui interior dan juga pertunjukkan cahaya di dalamnya. Untuk publik, gereja ini dibuka pada hari selasa hingga sabtu dengan harga tiket yang berbeda tergantung pada umur pengunjung. Tentunya harga tiket itu cukup sepadan dengan pertunjukkan indah yang disajikan.


dayjobsnightlife

Pertunjukkan di Notre-Dame Basilica yang diberi nama 'Aura' ini menggunakan 140 lampu, empat laser, 20 cermin, dan lebih dari 20 layar proyeksi. Tidak hanya pertunjukkan yang dapat dinikmati secara visual, namun juga secara audio karena dilengkapi dengan aransemen orkestra. Tentu akan terasa sangat syahdu dan cantik menikmati hal tersebut didalam bangunannya.


dayjobsnightlife

 

Pertunjukkan ini sendiri baru dimulai pada tahun 2017 dimana Aura menjadi bagian dalam perayaan 375th Montreal. Aura sendiri bertujuan untuk mengilustrasikan keindahan dari Basilica. Karena pertunjukkannya yang sangat spektakular dan populer, akhirnya Aura pun diperpanjang hingga tahun 2018 ini. Aura berlangsung sekitar 45 menit sehingga pengunjung dapat meluangkan waktu tersebut untuk menikmati pancaran cahaya dan juga proyeksi cantik diseluruh interiornya.

hdrone

Meskipun tanpa pertunjukkan, gereja Basilika ini sendiri memang memiliki desain-desain indah yang tampil pada warna interiornya. Tampilan stained glass yang terdapat pada langit-langitnya memiliki desain geometris yang cantik. Belum lagi dinding dan berbagai elemen dekoratif lain yang tampak seperti kerajaan gothic. Warna biru laut dan emasnya terpadu dengan baik. Warna lainnya seperti merah, ungu, azure, silver juga tampak memenuhi ruangan dengan cantik. Elemen dekorasi dari pahatan kayu dan patung religius menghiasi keseluruhan ruang interiornya.

Jadi, jika kamu sedang berkunjung ke Kanada pastikan untuk mendatangi gereja indah yang satu ini ya!

sumber: wikipedia | dayjobsnightlife


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter