article / Tips & Trick / Tips Membagi Ruang Dalam Rumah Tanpa Sekat Dinding
17 Maret 2022 1K Views

Tips Membagi Ruang Dalam Rumah Tanpa Sekat Dinding

Dalam membangun rumah, untuk membagi antar ruangan di dalamnya seringkali dibangun dinding sebagai sekat. Jika memiliki area yang tidak terlalu luas maka penggunaan dinding sebagai sekat akan membuat bagian dalam rumah sempit. Oleh karena itu, rumah tanpa sekat dinding dapat menjadi solusinya. Membagi ruang dalam rumah tanpa sekat dinding juga bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tips agar meski tanpa dinding ruangan dapat dibedakan satu dengan yang lainnya.

Perbedaan Warna

Sumber: id.pinterest.com

Dalam rumah ini tidak ada sekat dinding antar ruang. Namun dengan melihat interiornya langsung dapat membedakan bahwa dalam satu ruang di rumah ini terbagi menjadi tiga yaitu ruang tamu, ruang makan dan dapur. Meski tanpa sekat dinding, dengan adanya perbedaan warna cat dinding maka ini dapat membedakan ruang. Pada bagian dapur cat dinding beserta furniture yang digunakan di dominasi oleh warna putih. Pada bagian selanjutnya cat dinding yang digunakan berwarna hitam, dan ini merupakan bagian dari ruang makan. Kemudian cat dinding menggunakan warna putih kembali dan ini adalah bagian ruang tamu.

Penataan Barang

Sumber: id.pinterest.com

Rumah tanpa sekat dinding memang biasanya digunakan saat membangun rumah di area yang tidak terlalu luas. Oleh karena itu, dalam penataan barang harus tepat agar ruangan dapat dibedakan. Seperti pada gambar, dalam satu ruang ini terdapat ruang tamu dan meja makan. Hal ini dapat dibedakan karena penataan ruangnya yang terencana. Dibagian ruang tamu terdapat sebuah sofa memanjang yang menghadap ke TV yang diletakkan di dinding. Dibawah TV terdapat lemari terbuka sebagai tempat penyimpanan beberapa barang elektronik agar ruangan tidak berantakan. Dibagian belakang sofa ruang tamu terdapat rak kayu yang menghadap ke arah berlawanan. Inilah yang berhasil membagi ruangan, meski tanpa sekat dinding. Di bagian depan rak terdapat ruang makan, Terdapat karpet berbulu yang menjadi alas untuk menyimpan kursi dan meja makan agar tidak bergeser-geser sehingga ruangan tidak berantakan. Dengan meja makan yang cukup luas serta beberapa kursi. Hampir keseluruhan furniture yang digunakan berasal dari material kayu, sehingga secara visual tampilan ruangan menjadi menarik.


Gunakan Partisi

Sumber: id.pinterest.com

Partisi ruangan merupakan furniture yang memang memiliki fungsi seperti sekat dinding yaitu untuk memisahkan antara ruangan satu dengan yang lain. Namun, tentu saja ada perbedaan antara partisi dengan dinding. Penggunaan partisi dalam ruangan lebih fleksibel. Karena ada banyak sekali bentuk dan ukuran, sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, bentuk partisi ruangan cenderung lebih ramping daripada dinding sehingga akan membuat ruangan tampak lebih luas. Partisi ruangan ini juga berasal dari material kayu, sehingga jika berencana mengubah penataan interior rumah partisi ruangan ini cenderung mudah dipindahkan.


Furniture yang Digunakan

Sumber: id.pinterest.com

Dalam membagi ruang tanpa sekat dinding, maka furniture yang digunakan harus dipilih dengan tepat. Pada ruangan ini terdapat ruang tamu dan ruang makan tanpa sekat dinding. Melalui pengaturan furniture ini membuar antar ruangan dapat dibedakan. Pada bagian ruang tamu terdapat sofa dengan bentuk memanjang, sofa ini disimpan dalam keadaan sejajar dengan jendela serta tangga. Kemudian pada bagian depan sofa terdapat meja bundar kayu berukuran keci. Agar meja ini tidak mudah bergeser-geser dan cenderung tetap dalam posisinya maka dibagian bawah meja terdapat hamparan karpet dengan bentuk bundar. Terdapat jarak antara tangga bagian bawah dengan lemari kayu yang digunakan untuk menyimpan TV, hal ini membuat ruangan terbagi antara ruang tamu dengan ruang makan. Dibagian depan lemari dengan posisi sejajar terdapat meja makan dengan dua buah kursi. Terdapat space antara meja makan dengan lemari dan kulkas yang diletakkan sejajar. Dengan furnitur yang digunakan ini menjadi sekat antara ruang makan dengan ruang selanjunya.


Gunakan Lemari

Sumber: id.pinterest.com

Lemari sebagai tempat penyimpanan menjadi salah satu furniture yang juga dapat digunakan untuk membagi antar ruang satu dengan yang lain. Desain lemari juga memiliki berbagai macam bentuk, warna dan ada juga yang dipadukan dengan laci atau rak. Oleh karena itu, penggunaan lemari sebagai sekat ruangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lemari yang biasanya digunakan sebagai sekat ini berasal dari material kayu, sehingga saat akan mengubah interior ruangan cenderung mudah untuk dipindahkan. Gunakan juga warna lemari yang senada dengan cat ruangan, agar menjadi satu kesatuan yang nyaman untuk dilihat.

Pilih Rak Terbuka

Sumber: id.pinterest.com

Rak terbuka juga dapat digunakan untuk menggantikan fungsi dinding sebagai sekat antar ruangan. Desain rak juga memiliki bentuk, ukuran serta material yang berbeda-beda. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya rak terbuka ini terbuat dari material besi untuk bagian kotak-kotaknya dan material kayu untuk bagian alas atau penyimpanan barangnya. Selain sebagai sekat, rak terbuka ini juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan beberapa barang seperti buku, tanaman dalam pot dan lainnya. Dengan penataan barang yang rapi dalam rak terbuka membuat ruangan nyaman untuk ditempati.

Itulah beberapa tips membagi ruang dalam rumah tanpa sekat dinding. Selain agar dapat membuat ruangan tampak lebih luas, dengan beberapa tips ini juga dapat membuat pengeluaran untuk membangun rumah menjadi lebih hemat. Apalagi bagi orang yang cenderung sering mengubah interior dalam rumah, jika menggunakan dinding sebagai sekat tentu saja akan membutuhkan biaya yang cukup besar dalam melakukan renovasinya.

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter