article / Tips & Trick / Tips Membuat Taman Di Lahan Sempit
03 April 2022 250 Views

Tips Membuat Taman Di Lahan Sempit


Tidak sedikit orang ingin membangun sebuah taman, baik di bagian depan atau belakang rumah namun tidak terealisasi. Hal ini dikarenakan, mereka berpikir bahwa membangu taman harus memiliki lahan yang luas. Sehingga lahan sempit yang mereka memiliki tidak dapat membuat taman indah yang mereka impikan. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini banyak cara kreatif untuk membangun sebuah taman yang diimpikan di lahan sempit. Berikut ini beberapa tips yang dapat dijadikan referensi dalam membuat taman di lahan sempit.

Pilih Berbagai Macam Tanaman

Sumber: id.pinterest.com

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memilih berbagai macam tanaman untuk taman dengan lahan sempit. Biasanya orang-orang akan menanam tanaman di dalam pot saja, dimulai dari pot yang berukuran kecil hingga besar. Namun, pada lahan yang sempit menggunakan pot dalam jumlah banyak dengan berbagai ukuran akan membutuhkan lahan yang cukup luas. Sehingga sebaiknya tidak hanya memilih tanaman yang tumbuh di tanah dalam pot saja, pilih juga tanaman rambat di dinding. Hal ini dikarenakan tanaman rambat biasanya tumbuh ke atas. Meski beberapa ada yang merambat ke samping, bahkan ada juga yang tumbuh ke bawah atau menggantung. Oleh karena itu, dengan adanya teralis, pergola atau punjung tanaman merambat dapat tumbuh dengan diatur untuk menutupi permukaan tersebut. Selain menghemat tempat, dengan memilih tanaman rambat dinding juga menjadi salah satu dekorasi dari bangunan yang indah.

Susun Dengan Rapi

Sumber: id.pinterest.com

Bagian depan rumah selalu menjadi hal yang orang lain lihat terlebih dahulu, sehingga eksterior ini menjadi salah satu gambaran dari sikap sang pemilik rumah. Jika membangun sebuah taman mini di bagian depan rumah, maka ini menjadi cerminan jika pemilik rumah yang senang bercocok taman. Agar tampak indah untuk dilihat dan dinikmati oleh semua orang yang melihat serta berkunjung ke rumah, maka taman di bagian depan rumah ini harus di susun dengan rapi. Taman dengan bentuk persegi ini dibangun dengan begitu apik, terdapat bebatuan di bagian sisi kanan dan kiri serta rumput untuk bagian tengahnya. Pada bagian sisi samping kanan dan kirinya berjajar pot dengan warna yang sama yaitu putih, tetapi ukuran pot berbeda tergantung dengan jenis tanaman yang di tanam. Terdapat juga rak pada bagian salah satu sisinya sebagai tempat penyimpanan pot, agar dapat menampung lebih banyak pot tanaman. Pada bagian temboknya terdapat rak dari besi dan kayu yang juga berguna sebagai tempat penyimpanan pot. Pada bagian pagar rumah juga diletakkan beberapa pot dengan berbagai ukuran dan bentuk, sehingga secara keseluruhan taman mini di bagian rumah ini tampak cantik.

Tetap Maksimalkan

Sumber: id.pinterest.com

Jika pada bagian belakang rumah hanya terdapat lahan sempit dengan bentuk memanjang, serta dikelilingi dengan tembok belakang rumah maka solusinya adalah tetap memaksimalkan lahan yang ada. Biarkan rumput pada tanag rumbuh secara alami. Kemudia di bagian dua sisi dekat pintu keluar letakkan dua pot dengan ukuran sedang. Tambahkan juga beberapa pot tanaman dengan berbagai jenis tanaman di dalamnya yang diletakkan di salah satu pojok dengan dengan tembok belakang rumah. Selain itu, penggunaan polybag juga cocok digunakan untuk lahan sempit, serta memiliki harga yang terjangkau dan mudah dipindah-pindahkan jika diperlukan. Taman juga dapat menjadi ruang untuk bersantai, oleh karena itu tempatnya sebuah kursi panjang dan meja dengan ukuran kecil yang terbuat dari kayu. Hal ini akan menciptakan nuansa alami yang akan membuat nyaman saat ditempati.

Gunakan Rak Unik

Sumber: id.pinterest.com

Dalam membuat taman di lahan sempit maka salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dalam pemilihan pot tanaman serta rak yang akan digunakan sebagai solusi untuk menghemat tempat. Banyak sekali bentuk rak yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan. Pilihlah rak unik sesuai dengan kebutuhan. Seperti pada taman kecil ini rak yang digunakan cukup unik, dengan bentuk seperti tangga dengan empat tingkatan. Rak ini dapat disimpan di pojok ruangan dengan material kayu agar semakin menciptakan nuansa alami. Selain itu, pada taman ini juga menggunakan rak dinding tempel dengan bentuk memanjang. Pada bagian dinding dengan palet kayu juga digunakan untuk menggantungkan beberapa pot tanaman dengan ukuran kecil. Sementara dibagian samping rak dengan bentuk tangga diletakkan berbagai macam pot dengan ukuran yang cukup besar. Taman ini menggunakan lampu yang menempel di dinding dengan bentuk unik, sebagai pencahayaan di malam hari.

Penempatan yang Sesuai

Sumber: id.pinterest.com

Sebagai bentuk dari memaksimalkan lahan yang sempit, maka harus membangun taman dengan penempatan yang sesuai. Seperti pada taman ini, yang tersisa hanyalah lahan dengan bentuk memanjang yang berada di dekat tembok belakang rumah. Selain itu, pada area ini juga sudah di aspal, sehingga tidak dapat menggunakan tanah secara langsung. Oleh karena itu, perlu untuk membangun taman dengan bentuk memanjang serta menggunakan pot untuk menanam tanaman. Selain itu agar taman yang dibangun menjadi area yang khusus dan dapat dibedakan, sebaiknya gunakan kerikil kecil di area taman serta batu dengan ukuran sedang yang disusun memanjang. Dengan berbagai bentuk pot tanaman dengan bentuk unik serta berbagai jenis tanaman yang di tanam dapat menciptakan taman yang sejuk dan tetap artistik. Pada bagian tembok belakang rumah juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pot tanaman gantung. Dengan penempatan yang sesuai maka dapat membangun taman yang diinginkan.

Manfaatkan Tembok Belakang Rumah

Sumber: id.pinterest.com

Tembok belakang rumah dapat menjadi area yang digunakan dalam membangun taman mini. Saat ini telah banyak dijual berbagai macam rak penyimpanan, atau bahkan bagi orang yang kreatif dapat membuatnya sendiri dengan bentuk yang unik dan sesuai kebutuhan. Seperti pada gambar, rak yang berbentuk rumah yang menempel di tembok dengan material kayu ini dapat menampung banyak pot tanaman dengan ukuran kecil. Dengan material yang sama, terdapat juga beberapa rak yang menempel di tembok serta dibagian depan tembok yang juga digunakan untuk menyimpan beberapa pot dengan berbagai ukuran.

Taman sebagai bagian interior rumah tidak hanya dapat dibagun bagi yang suka bercocok tanam saja, namun sebagai alasan keindahan serta kebutuhan untuk bersantai di tempat asri menjadi alasan beberapa orang untuk membangun taman. Tidak perlu risau, jika memiliki lahan yang sempit untuk membangun sebuah taman. Karena kini beberapa tips yang sudah dijelaskan dapat membantu membuat taman di lahan sempit dengan tetap indah, nyaman dan artistik.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter