ARTIKEL / Balcony / Tips Menata Balkon Hunian Agar Dapat Terlihat Cantik dan Nyaman Untuk Bersantai
4K lihat

Tips Menata Balkon Hunian Agar Dapat Terlihat Cantik dan Nyaman Untuk Bersantai

featured-image

Balkon merupakan sebuah tempat di sisi luar pada rumah atau apartemen Anda yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Namun bagi sebagian orang menomorduakan sisi ini. Merancang sebuah balkon tidak memerlukan hal-hal detail yang sebagaimana Anda lakukan dalam mendesain ruangan lain di dalam hunian. Hanya diperlukan sedikit perencanaan dan ide kreatif, ruang ini dapat menjadi salah satu tempat favorit Anda untuk menghabiskan waktu.

Dalam hal merancang balkon, disini bukan hanya bagaimana Anda memenuhi keinginan Anda secara pribadi, dan bukan hanya sekedar memajang meja dan beberapa kursi saja. Namun disini Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang diperlukan dalam merancang balkon hunian. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam merancang balkon.

 

Pikirkan tentang proporsi

Dengan ruang yang kecil dan terbatas, proporsi menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Proporsi yang dimaksud adalah hubungan antara ukuran dua objek. Dengan kata lain, Anda harus memastikan benar ukuran dari berbagai furniture dan perlengkapan yang akan Anda gunakan supaya balkon Anda terlihat menarik. Funitur seperti sofa dan meja harus dipilih yang ukurannya tidak terlalu besar tetapi nyaman ketika digunakan. Mungkin Anda dapat mempertimbangkan menggunakan funitur yang multifungsi seperti sofa bed.

sumber foto

 

Pencahayaan

Unsur yang sangat penting agar ruangan Anda terasa nyaman yaitu dari sisi pencahayaan. Baik pada siang hari maupun malam hari tentunya Anda ingin balkon selalu tetap terasa nyaman bukan? Menggunakan lampu outdoor yang berdiri atau lampu gantung dapat menjadi pilihan yang tepat dan cukup menarik dalam hal ini. Selain berfungsi sebagai pencahayaan, lampu gantung atau lampu yang berdiri akan menambah daya tarik sendiri sebagai aksesori pemanis.

sumber foto

 

Penambahan Kain Pelapis

Penambahan kain pada balkon merupakan pilihan yang tepat. Aksesori sebagai unsur pelapis sangat penting dalam menyelesaikan desain apa pun. Pada balkon, Anda dapat menambahkan kain pelapis unik seperti meletakkan karpet, bantal kursi, bahkan selimut yang akan memberikan kenyamanan saat bersantai di balkon. Tentu saja kain tersebut pastinya akan membuat balkon Anda terlihat menarik dan indah, sehingga siapa saja yang melihatnya sangat tertarik untuk bersantai di sana.

sumber foto

 

Aksesori lainnya

Anda dapat menambahkan beberapa aksesori pada balkon Anda untuk membuatnya terlihat lebih menarik. Misalnya tanaman hias yang dapat mempercantik balkon Anda atau aksesori hiasan dinding yang dapat diletakan pada sisi dinding balkon. Furniture fungsional seperti lemari atau rak kecil untuk tempat penyimpanan bahan makanan dan minuman ringan juga bisa jadi pilihan menarik. Bahkan Anda dapat menaruh sebuah meja kecil yang dapat berfungsi sebagai meja makan jika sewaktu-waktu Anda ingin bersantai menikmati snack pada sore hari.

sumber foto

Masih banyak cara untuk mendesain balkon apartemen Anda supaya lebih menarik, ide-ide diatas hanyalah sebagai contoh jika Anda ingin mendesain balkon apartemen Anda berapapun luasnya.

sumber: freshome

photo
invisible hit counter