ARTIKEL / Decoration / YUK MENGENAL MATERIAL ALUMINIUM COMPOSITE PANEL (ACP)
15K lihat

YUK MENGENAL MATERIAL ALUMINIUM COMPOSITE PANEL (ACP)

featured-image

 

Masih banyak orang yang belum paham dengan material Aluminium Composite Panel. Wajar saja, pasalnya, bahan konstruksi satu ini lebih sering digunakan untuk bangunan komersial seperti gedung perkantoran, mall, atau hotel. Belakangan ini saja mulai banyak yang memanfaatkan material ini untuk hunian mereka. Apa sih sebenarnya Aluminium Composite Panel itu? Terbuat dari apa material tersebut? Apa keunggulannya dan bagaimana cara mengaplikasikannya di hunian kita?

 

Copyright by Pinterest.com

 

Mengenal Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel (ACP) adalah bahan bangunan yang terbuat dari bahan non-alumunium berupa bahan polyethylene yang dilapisi lembaran aluminium di kedua sisinya. Seperti yang telah disebutkan di atas, material ACP biasa digunakan untuk melapisi dinding eksterior atau interior bangunan komersial. Sebab, material ini dipercaya bisa menonjolkan kesan artistik dan mewah pada fasad bangunan. Namun kini ACP juga mulai banyak digunakan di rumah-rumah minimalis.

 

Copyright by Pinterest.com

 

Jenis-Jenis Aluminium Composite Panel Berdasarkan Lapisan Catnya

Terdapat dua jenis ACP yang populer di pasaran. Berbeda jenis berbeda pula kegunaannya, yaitu:

  • Jenis Polyester (PE) yang lebih banyak digunakan untuk dinding interior. Pada dinding interior, ACP jenis polyester biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom. ACP jenis polyester lebih banyak digunakan untuk interior bangunan. Alasannya karena ACP jenis ini lebih tipis dan menggunakan 1 kali lapisan, sehingga cocok diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom. Sementara untuk harga, ACP jenis polyester cukup terjangkau di pasaran.

 

Copyright by Alusign.com

 

  • Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi. Hal ini karena jenis ACP ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ACP jenis polyester yaitu lebih tebal, tahan terhadap segala jenis cuaca, dan warnanya lebih tahan lama. Meskipun harganya lebih mahal, ACP jenis PVDF lebih direkomendasikan untuk pemakaian untuk eksterior.

 

 

Copyright by Bildeco.com

 

Keunggulan Aluminium Composite Panel

Ada banyak keunggulan APC yang membuatnya banyak dipilih sebagai material konstruksi bangunan. Beberapa keunggulan di antaranya seperti:

  • Memiliki bobot ringan

Walaupun lembaran ACP cukup kuat dan kaku, bobotnya bisa dibilang cukup ringan, yaitu sekitar 3,5 kg hingga 5,6 kg per m2. Lantaran bobotnya ringan, material ACP pun jadi mudah dipindahkan.

  • Daya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca dan iklim

ACP terbuat dari aluminium yang memiliki sifat tahan terhadap korosi, asam, garam, dan sinar ultraviolet. Sifat-sifat tersebut membuat ACP tahan lama, bahkan materialnya tak perlu diganti hingga berpuluh-puluh tahun kemudian.

  • Ramah lingkungan

Hampir 85% bahan dasar ACP terbuat dari aluminium yang didaur ulang. Maka dari itu, menggunakan ACP sebagai salah satu material bahan bangunan adalah pilihan tepat karena sifatnya yang ramah lingkungan.

  • Banyak pilihan warna dan pola yang bisa dipilih

Saat ini, ACP memiliki lebih dari 30 pilihan warna. Selain itu, ada banyak pula pola yang menyerupai pola marmer dan kayu, sehingga mudah pula untuk mengaplikasikannya pada berbagai konsep modern.

 

Copyright by Pinterest.com

 

Kekurangan Aluminium Composite Panel

  • Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium , dalam suhu panas yang tinggi akan mengeluarkan gas beracun
  • Dalam suhu tinggi, lapisan inti bisa menggelembung yang akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan
  • Kekuatan terhadap tekanan angin kurang sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan beresiko terhadap keselamatan.
  • Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Untuk hasil yang maksimal, tetap kunjungi Furnizing.com untuk mengupgrade berbagai macam informasi mengenai dekorasi rumah dan inspirasi desain rumah idaman kamu yah, kamu juga dapat menemukan banyak inspirasi desain lainnya di Furnizing.com. Selamat bereksplorasi untuk mendekor kebahagiaan kamu yah!

 

photo
invisible hit counter