article / Furniture / 5 Langkah Menentukan Sofa yang Sesuai untuk Ruangan di Dalam Rumah Anda
13 Juli 2020 1K Views

5 Langkah Menentukan Sofa yang Sesuai untuk Ruangan di Dalam Rumah Anda

Ukuran sofa, kenyamanan saat digunakan dan kualitas bahan merupakan hal dasar yang harus diperhatikan dalam membeli sofa. Membeli sofa juga merupakan salah satu investasi yang penting untuk melengkapi perabotan ruang tamu dan atau ruang keluarga Anda. Oleh karena itu, cobalah beberapa saran berikut ini.

 

1. Coba Sebelum Anda Membeli

 

sumber : yitechtechnology.com

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah sofa, Anda harus mencobanya terlebih dahulu karena sofa rata-rata memiliki kedalaman duduk minimal 60cm. Hal ini memungkinkan Anda leluasa meletakan kaki Anda jika Anda memiliki kaki yang panjang atau Anda dapat melipatnya jika Anda lebih pendek. Tinggi sofa pada umumnya antara 45-50cm, jadi pastikan dengan baik sebelum Anda membelinya untuk memastikan sofa yang Anda akan beli cocok untuk seluruh keluarga. Terakhir, Anda juga perlu memastikan lebar total sofa tersebut, tidak termasuk lengan kursi untuk memastikan kenyamanan Anda jika suka meregangkan badan.

 

2. Pilihlah Rangka Sofa Terbaik

sumber : housebeautiful.com

Dalam memilih sofa Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari rangkanya, karena dengan rangka sofa yang berkualitas Anda akan menghemat biaya untuk perawatan serta reparasi sofa Anda. Perhatikan pula jaminan yang diberikan produsen biasanya yang benar-benar yakin akan rangkanya akan memberikan jaminan seumur hidup. Rangka sofa dari bahan kayu keras mungkin dapat menjadi pilihan Anda, sebaliknya Anda perlu berhati-hati jika Anda memilih rangka sofa yang terbuat dari bahan logam atau bahan papan berpartikel.

 


3. Periksa Bahan Sofa

sumber : californiamarineinsurance.com

Selain dari ukuran dan bingkainya, Anda perlu perhatikan pula bahan yang digunakan di dalam sofa. Bantalan sofa yang terbuat dari bahan bulu memang kelihatan sangat nyaman tetapi saat digunakan dalam jangka waktu lama Anda akan merasa tidak terlalu nyaman. Sementara bantalan yang terbuat dari bahan busa atau serat dapat kehilangan bentuknya dari waktu ke waktu. Rekomendasi dari tim di sofa.com yaitu Anda sebaiknya menggunakan kombinasi bahan bulu dan bahan busa, bahan bulu akan memberikan rasa empuk sedangkan bahan busa akan membentuk struktur dari bantalan sofa. Kombinasi yang baik dapat Anda gunakan bahan bulu pada bantalan punggung/sandaran sofa dan menggunakan bahan busa atau serat untuk bantalan duduk pada sofa.

 


4. Penentuan Kain Pelapis

sumber : housebeautiful.com

Pilihan selanjutnya terletak pada kain pelapis sofa serta warnanya. Anda akan memilih kain dengan pola, polos ataukah warna-warna yang berani? Pemilihan kain pelapis ini akan berdampak besar pada ruangan Anda nantinya, jadi pastikan benar Anda memilihnya sesuai karakter dan kebutuhan Anda. Jika ruangan Anda terkena cahaya matahari langsung, sebaiknya Anda memilih bahan sintetis dan tidak memilih kain dari bahan-bahan alami karena mereka akan memudar terkena cahaya matahari. Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing Anda dapat memakain jenis kain yang gampang dibersihkan serta berikan resleting agar mudah dilepas untuk dicuci.

 

5. Pastikan Ukuran yang Tepat

sumber : housebeautiful.com

Terakhir, Anda harus memastikan benar ukuran maksimum sofa Anda agar sesuai dengan ruangan Anda. Juga periksa ukuran dimensi setiap pintu dan tangga, untuk memastikan sofa tersebut dapat melewatinya saat Anda ingin memindahkannya. Jika akses terbatas, Anda mungkin perlu memilih sofa dengan sandaran yang tidak terlalu tinggi, atau desain yang dapat dilepas pasang dengan mudah saat dikirim atau dipindahkan.

 


sumber: housebeautiful


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment

Muhammad Husni Aziz
06 September 2018
Nice article!
 

LEAVE A COMMENT


invisible hit counter