article / Interior / America Apartment: Desain Hunian Sederhana Untuk Pasangan yang Baru Saja Menikah
02 Januari 2018 493 Views

America Apartment: Desain Hunian Sederhana Untuk Pasangan yang Baru Saja Menikah

Apartemen ala Amerika satu ini tidak berada di Amerika namun di Porto Alegre, Brazil. Didesain oleh 0E1 Arquitetos, hunian ini memiliki luas sekitar 150 meter persegi. Proyek tahun 2016 ini merupakan rumah hunian untuk pasangan. Hunian ini memiliki transisi antar ruang yang rapi sehingga integrasi antar ruang sosial dengan ruang privat dapat terjadi.

Ide yang diterapkan pada desain adalah membagi antara fungsi ruang sosial dan privat di lantai yang berbeda. Adapun penggunaan struktur dan furniture di dalam rumah memiliki fleksibilitas dan juga ringan di dalam ruangnya.

ruang tamu

Klien hunian juga meminta untuk mengorganisasi ruang secara otomatis meggunakan teknologi. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi sang arsitek untuk memadukan ruang dengan teknologi secara harmonis dan menyatu. 

denah lantai dasar


Pada lantai dasar hunian ini didesain untuk publik dimana tidak menganggu ruang privasi dari penghuni ketika orang lain datang berkunjung. Lantai dasar ini terbagi menjadi dua area utama yaitu area menjamu dan servis. Untuk area servisnya diletakkan pada area yang tidak terlihat melalui panel ataupun partisi kayu sehingga tidak mengganggu pemandangan orang yang melihat atau melaluinya.

ruang makan dan dapur

Lalu untuk area menjamu terdapat ruang tamu yang didesain terbuka dengan ruang dapur dan ruang makan yang cukup besar. Ketiga ruangan ini terintegrasi secara spasial baik secara tata letak maupun material. Penggunaan kayu lokal Brazil menjadi kontribusi yang baik untuk kesinambungan ruang.


ruang tamu dan area santai di belakangnya

Transisi dari satu ruang ke ruang yang lain ditandai dengan adanya perubahan ketinggian langit-langit yang terihat pada area ruang tamu dengan dapur. Pada area ruang tamu, dikarenakan void dari lantai atasnya, ketinggian langit-langitnya pun sebanyak 2 kali dari ketinggian lantai dan plafon dapur.


ruang tamu

Pada desain rumah, ruang tamu menjadi konektor dari desain hunian. Area ini digunakan untuk bersosialisasi sekaligus melangsungkan aktivitas keseharian. Adapun tangga kayu yang dilengkapi dengan koridor metalik merupakan jalan menuju ruang privat yang berada di lantai atasnya.

koridor lantai dua

Di lantai dua ini merupakan area yang privat. Selain kamar tidur utama dengan kamar mandi dan walk-in closet, juga terdapat area bersantai di lantai ini. Ketika menaiki tangga, area yang pertama kali terlihat adalah ruang bersantai. Ruang ini berfungsi sebagai ruang sosial dan perpanjangan dari kamar pemilik rumah. Area ini juga memiliki kesan outdoor dikarenakan cahaya masuk ke dalam ruangan dan memberikan nuansa yang terang dan hangat.

kamar tidur

Kamar tidur yang ditutupi dengan partisi panel kayu terbilang cukup unik. Perpaduan metalik dan kayu sangat dominan di dalam rumah ini. Kamar tidur dengan ukuran tempat tidur king tersebut terletak dekat dengan jendela, sehingga ketika bangun, pemilik rumah akan disambut dengan sinar matahari. Sedangkan di sisi yang berlawanan terdapat rak pajangan dimana closet pakaian tersimpan dibaliknya.

sumber: america apartment


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter