article / Building / Rumah Aneh di Jepang, dari yang Bentuknya Tidak Wajar Hingga 'Rumah Hantu' pun Ada
02 Agustus 2018 2K Views

Rumah Aneh di Jepang, dari yang Bentuknya Tidak Wajar Hingga 'Rumah Hantu' pun Ada

Negara Jepang memang dikenal dengan negara yang sangat maju. Baik dari segi teknologi hingga inovasi masih tidak tertandingi kepintaran orang-orang di negeri Sakura ini. Salah satu keunikannya adalah di desain bangunan rumahnya. Jepang sendiri memang dikenal masih memiliki rumah-rumah dengan bentukan tradisional, akan tetapi beberapa rumah modern ini menghadirkan suasana yang tidak biasa dan tentunya menjadi desain yang unik untuk lingkungan di sekitarnya. Eksterior bangunan yang tidak wajar namun tetap memiliki fungsi rumah yang nyaman. Berikut adalah rumah modern ala Jepang yang menarik perhatian.

1. Rumah di Abiko - Fuse Atelier

house in abiko | fuse atelier

Rumah ini merupakan rumah untuk pasangan berumur 30-an yang dibangun di kota Abiko. Klien sendiri juga yang menginginkan ruangan dilingkupi dengan material beton sehingga furniture di interior rumahnya dapat menonjol. Untuk mengurangi biaya pengeluaran, arsitek pun mengurangi jumlah kolom dengan mengurangi besaran area bawahnya dan membuat struktur di atas yang menggantung. Tentunya bentukannya ini sendiri menjadi ciri khas rumah. Cukup menarik bukan karena bentukannya yang berbeda dari rumah di sekitarnya?

2. Reflect of Mineral - Atelier Tekuto

reflection of mineral

Lokasi untuk rumah unik yang satu ini berada di dekat pusat kota Tokyo. Berada di pojok jalan, dengan ukuran 44 meter persegi dapat terlihat menonjol dan tidak kaku pada bagian hook  jalan ini. Pada bagian yang tampak berkantolever tersebut merupakan garasi beratap rumah yang digunakan untuk memarkirkan kendaraan. Atelier Tekuto sebagai arsitek menggunakan konsep bentukan mineral dan refleksinya sebagai dasar mendesain. Proses desain yang menarik dari penambahan dan pengurangan bentuk pada rumah pun tentunya dieksekusi dengan baik oleh sang arsitek.


3. Tokyo Apartment - Sou Fujimoto

tokyo apartment

Memiliki rumah tinggal seperti apartemen pun menjadi pilihan bagi peduduk yang tinggal di kawasan padat. Nah apartemen yang satu ini tergolong unik. Bayangkan saja apartemen 4 lantai itu tampak seperti bangunan yang ditumpuk di atas rumah lainnya. Tentunya setiap ruang dalam bangunan ini terhubung dengan tangga baik di dalam bangunan maupun di luarnya. Bangunan yang ada di pojok jalan ini memang sengaja menonjolkan sela-sela antar bentuk bangunan sehingga terlihat berdiri di atap rumah di bawahnya.

4. Nasu Tepee House - Hiroshi Nakamura & NAP


Nasu Tepee

Rumah ini dibangun di daerah yang terkenal dengan tempat bersantai musim panas yaitu Nasu di perfektur Tochigi. Berdiri tanah lapang dan area penuh pepohonan, disekitar arah menuju hutan. Pemilik rumah sendiri merupakan pasangan yang sudah menikah yang menyukai hal-hal berbau organik seperti berkebun dan bercocok tanam. Mereka pun ingin hidup dikelilingi oleh pepohonan sehingga pemilihan tempat ini pun cukup sesuai dengan apa yang diinginkan klien. Bentuk rumah yang lancip ini pun terinspirasi dengan bentukan "tepee" yaitu tenda lancip yang sangat identik dengan rumah hunian suku aborigin ataupun orang native Amerika yang juga terlihat pada rumah primitive Jepang pada era Jomon.

5. Ghost House - Datar Architecture

ghost house | datar architect


Diberi nama "ghost house" atau rumah hantu, tentunya rumah ini memang memberikan kesan misterius. Bermodalkan warna putih di keseluruhan bangunan, rumah ini berhasil menyita perhatian. Namun ternyata tidak hanya sekedar di luar saja, bagian dalam rumah ini pun dipenuhi warna putih kecuali pada bagian lantainya. Karena keunikannya ini pula, rumah ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai rumah paling minimalis di Jepang. 

6. S House - Yusuke Karasawa

S house | Yusuke Karasawa

Berlapiskan material kaca dan baja, rumah kecil ini dibangun dekat dengan stasiun Omiya di Saitama. Bangunan dua lantai ini memiliki bentukan dan garis bangunan yang unik. Tangga menyilang pun dibuat menguatkan aksen garis rumah ini. Memperlihatkan bentukan seperti jaringan simetris, sangat menarik. Rumah transparan ini benar-benar terlihat jelas dari luar. Ruangan tertutup  pada rumah ini terdapat pada area-area privat.

7. House in Saijo - Suppose Design Office

house in saijo | suppose design office

Pemilik dari rumah ini adalah pasangan suami-istri dengan tiga orang anak. Tentunya untuk perkembangan anak-anak, mereka mengaharapkan rumah yang terbuka, nyaman namun tetap memiliki privasi. Sang arsitek pun berusaha untuk mendesain rumah yang dapat menonjolkan rumah tersebut. Tentunya hal itu berhasil dilakukan dengan bentukan mengekerucut ke atas. Keunikannya tidak berhenti disitu saja. Desain rumah pun tampak tertimbun karena lantai dasarnya berada lebih bawah dari gundukan tanah di sekitarnya. Adapun penggunaan skylight sebagai pencahayaan di ruangan paling atas yang difungsikan sebagai tempat tidur.

Jadi, menurut kalian dari ke tujuh rumah tersebut mana yang paling unik dan memikat hati kalian?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter