article / Staircase / Berbagai Inspirasi Desain Pemanfaatan Ruang Bawah Tangga yang Membuat Hunian Lebih Nyaman
28 Juni 2018 966 Views

Berbagai Inspirasi Desain Pemanfaatan Ruang Bawah Tangga yang Membuat Hunian Lebih Nyaman

Jika rumahmu dirancang untuk dua lantai tentu saja terdapat sirkulasi vertikal seperti tangga. Tangga sendiri juga dapat didesain beragam di dalam ataupun luar rumah. Namun tentunya ada hal yang tidak nyaman ketika ruang di bawah tangga hanya dibiarkan begitu saja. Maka dari itu, ruang tersebut perlu dimanfaatkan dan juga dirancang dengan baik agar sesuai dengan desain rumah keseluruhan. Berikut beberapa fungsi ruang yang bisa jadi inspirasi untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga yang kosong.

 

californiaclosets

Area Mudroom

Untuk tangga yang berada di ruang depan rumah, ada baiknya area ini digunakan menjadi ruang mudroom. Ruang mudroom sendiri berfungsi sebagai area penyimpanan berbagai barang outfit seperti halnya sepatu, jaket, jas hujan dan berbagai perlengkapan lainnya. Sehingga saat keluar atau masuk ke dalam rumah, berbagai keperluan mudah disimpan, dicari ataupun diletakkan agar tetap rapi.

 

babysitting

Ruang Kerja

Jika kamu tidak punya banyak ruang dalam rumah untuk bekerja secara produktif, bisa jadi ruang bawah tangga pun dimanfaatkan. kemiringan tangga tersebut dapat dimanfaatkan untuk rak buku sehingga setiap ruasnya dapat terpakai. Pilihlah meja dengan ukuran yang pas dengan lebar tangga sehingga tidak akan menutupi jalan koridor di sebelah tangganya. Perhatikan seluruh elemen di dalamnya agar terpasang pas di dalam ruang kosongnya. Gunakan warna yang pas dengan warna tangga dan keseluruhan ruang agar terlihat menyatu.

 


joat-london

Ruang Penyimpanan

Area bawah tangga tentunya dapat difungsikan sebagai ruang penyimpanan tertutup sehingga tamu tidak akan melihat barang-barang pribadi penghuninya. Salah satunya dengan desain tangga seperti di atas. Area penyimpanan dengan rak geser ini memungkinkan berbagai barang disimpan dengan rapi. Saat mengambil atau meletakkan pun tidak berantakan karena mudah dijangkau. Penyimpanan seperti ini pastinya akan lebih praktis untuk rumah anda.

 

casailb

Ruang Santai


Inspirasi satu ini memanfaatkan ruang kosong menjadi ruang yang nyaman, desain satu ini bisa menjadi inspirasi. Area bawah tangga dapat dimanfaatkan menjadi ruang santai ataupun ruang membaca yang nyaman. Adapun anda dapat tidur di area ini dengan nyaman tanpa mengganggu ruang atau sirkulasi dalam hunian. Pastinya ruang satu ini akan memberikan kesan lebih santai dan menyenangkan bagi rumah.

 

houzz

Area Kabin Televisi Ruang Keluarga

Pada area tangga yang berada di area tengah rumah, menjadikan area bawah tangga sebagai ruang televisi dapat dilakukan seperti gambar di atas. Tentunya sirkulasi menuju tangga pun lebih jelas. Besaran ruang keluarga juga terbatas oleh lebar tangga menuju lantai di atasnya. Tentunya perletakkan televisinya pun disesuaikan dengan ketinggian dari tangganya sehingga aman dan nyaman ketika menonton.

 


oxytheme

Powder Room / Toilet Untuk Tamu

Tentunya anda perlu menyediakan toilet yang mudah dicari oleh tamu namun juga tidak mengganggu privasi ruang lainnya dalam rumah. Jika rumah anda bertingkat, memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai area toilet tentunya bisa dilakukan. Hal ini harus sudah terpikirkan saat akan membangun rumah sehingga segala saluran air dan pembuangan juga terdesain.

 

countryliving

Perpustakaan dan Ruang Baca

Anda yang suka mengkoleksi buku dan juga gemar membaca, pastinya akan menyukai pemanfaatan ruang kosong satu ini. Area bawah tangga dapat didesain menjadi perpustakaan mini dengan area bacanya yang nyaman. Letakkan kursi sofa yang nyaman untuk membaca dan juga lampu baca di sekitar ruangan sehingga anda dapat membaca buku kapanpun anda mau.

 

pinterest

Kamar Hewan Peliharaan

Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan, merancang tangga dengan kamar hewan peliharaan akan mempermudah anda merawatnya. Anjing ataupun kucing anda pun akan memiliki area tersendiri sehingga memberikan kenyamanan bagi seluruh penghuni rumah ataupun tamu yang berkunjung. Anda pun tidak perlu repot-repot membuat rumah tersendiri bagi hewan peliharaan sehingga menggunakan ruang lain dalam rumah. Setiap sudut di rumah pun akan termanfaatkan dengan baik.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter