article / Landscape / Ternyata 8 Bunga Ini Bikin Taman Rumahmu Yang Gersang Jadi Cantik Dengan Beberapa Sentuhan
04 Juli 2017 229 Views

Ternyata 8 Bunga Ini Bikin Taman Rumahmu Yang Gersang Jadi Cantik Dengan Beberapa Sentuhan

Ketika membahas hal tentang kebun, taman, dan halaman tentunya akan ada satu elemen yang langsung terbesit di pikiran kita yaitu bunga. Yap! Tanaman bunga sangat mempengaruhi landscape suatu area seperti taman. Hal tersebut dikarenakan bunga memiliki bentuk yang beragam, warna yang menarik, dan juga harum yang wangi. Elemen tersebut akan mempercantik suatu tempat apalagi ketika kita sedang berada di area tersebut. Tentunya jenis bunga juga akan mempengaruhi suasana tempat. Berikut adalah beberapa jenis bunga yang perlu ada di taman rumahmu.

1. Azalea

azalea flower

Azalea merupakan bunga yang cocok untuk mengawali mendesain landscape. Bunga ini merupakan jenis bunga dasar untuk orang yang baru memulai berkebun dan menata halaman sekitar rumahnya. Tentunya dibandingkan bunga yang lainnya, azale merupakan bunga yang harganya terjangkau, mudah dirawat dan mudah ditumbuhkan. Selain itu, bunga azalea dalam jumlah banyak akan memberntuk seperti semak yang mempercantik landscape rumah.

2. Carnation

carnation flower | how to care

Bunga carnation ini tergolong bunga yang populer. Hal ini dikarenakan warnanya yang beragam, bentuk kelopak bunganya yang unik, dan juga arti bunga yang dimiliki tiap warna berbeda-beda. Secara umum bunga ini memiliki arti "pemikat". Kemudian dari tiap warna dari pink hingga kuning memiliki arti yang ternyata saling berbeda. Uniknya lagi bunga ini dapat tumbuh lebih lama setelah dipangkas. Bunga ini merupakan simbol dari kasih sayang ibu yang tentunya cocok untuk merayakan hari Ibu.

3. Gardenia

Gardenia Flower

Gardenia merupakan jenis tumbuhan berbunga yang termasuk dalam tumbuhan kopi. Habitatnya berada di daerah tropik dan subtropik seperti Afrika, Asia, australia, dan . Dikenal sebagai bunga yang wangi dan juga atraktif dengan warna putih krim yang terpantul cantik dengan cahaya yang menyinari. Tidak seperti azalea, gardenia bukan tipe bunga yang sangat mudah ditumbuhkan. Bunga ini membutuhkan sinat matahari langsung sehingga cocok diletakkan di area terbuka. Selain itu juga temperatur untuk menumbuhkannya pun harus ideal di siang dan malam hari.

4. Hortensia/ Hydrangea

hydrangea flower

Tumbuhan berbunga kali ini berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan seperti Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia, dan juga Amerika Utara serta Amerika Selatan. Tanaman bunga ini berbentuk semak dengan tinggi 1 hingga 3 meter. Kumpulan bunga ini membentuk bulat yang tampak seperti semak. Memiliki warna yang beragam, ternyata hal ini bergantung pada tingkat pH tanah tempat bunga tumbuh. Sehingga bunga yang awalnya putih ini bisa berwarna bitu, merah, merah jambu ataupun ungu. Tanah yang bersifat asam akan menjadikan bunga berwarna biru, tanah normal menghasilkan warna putih krem, sedangkan tanah basa memberikan corak warna merah jambu atau ungu.

5. Lavender

lavender flower

Siapa yang tak kenal dengan bunga yang satu ini? Bunga lavender merupakan bunga yang memiliki aroma wangi dan memiliki banyak kegunaan. Batang bunganya yang tinggi sangat cocok menjadi tanaman pembatas di halaman dan taman rumah. Jika kamu memilih menanam bunga ini, tanamlah dalam jumlah yang banyak sekaligus sehingga akan terlihat lebih cantik dan menghasilkan aroma wangi yang pekat.

6. Rose

Rose flower | how to care

Bunga lambang cinta dan kecantikan satu ini merupakan favorit kebanyakan orang. Selain bentuk kelopaknya yang indah, warna-warna dari bunga mawar ini pun juga beragam. Bunga yang sudah mendunia ini jika berada dalam jumlah yang banyak akan memperlihatkan estetikanya dalam satu tempat. Selain cocok digunakan di taman, juga sangat bagus untuk mendekorasi interior dalam rumah. Meski sangat cantik, bunga ini juga memiliki sisi yang tidak menyenangkan yaitu adanya duri di batangnya. Sehingga untuk yang merawat bunga ini di tamannya perlu berhati-hati agar tidak tertusuk duri.

7. Tulip

tulip flower

Jika membahas tentang tulip, tentunya akan mengingatkan kita tentang satu negara yang dikenal dengan sebutan negeri tulip, yaitu negara Belanda. Bunga ini dikenal dengan bentuknya yang hampir mendekati simetris sempurna. Tulip sendiri dapat ditemui hampir di segala warna. Pada warna tulip berwarna merah melambangkan cinta, warna ungu mempresentasikan kesetiaan sedangkan warna putih berarti permintaan maaf. Bunga ini berasal dari pertengahan Asia namun tidak begitu terkenal sampai akhirnya dipopulerkan oleh negara Belanda.

8. Sunflower

sunflower | how to care

Bunga matahari di taman tentunya akan membuat area outdoor rumah terasa lebih cerah dan ceria. Dengan warna kuningnya yang menyala akan memberikan warna yang kontras dengan tanaman hehijauan di taman. Tentunya warna kuning pada bunga ini bermacam-macam dari warna kuning pucat hingga keoranyean pun ada. Ukuran bunga juga beragam dari ukuran mini hingga besar. Jika kamu memilih untuk menanam bunga ini tentunya perlu dipastikan bunga matahari benar-benar terkena pencahayaan matahari. Hal menarik lainnya adalah bunga ini membuat burung tertarik sehingga tamanmu pun akan ramai dikunjungi binatang kecil tersebut. 

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment