article / Building / Black House: Rumah dengan Eksterior Berwarna Hitam dan Desain Simple Pada Interiornya
06 Februari 2018 461 Views

Black House: Rumah dengan Eksterior Berwarna Hitam dan Desain Simple Pada Interiornya

Rumah yang berada di Highland, UK ini didesain oleh Rural Design Architect. Dengan luasan lahan 145 meter persegi, klien menginginkan rumah untuk keluarga yang nyaman di Isle of Skye dengan dana yang terbatas. Rumah dengan 3 kamar tidur, ruang studio seni, dan ruang belajar ini tentu harus didesain efisien, sederhana, dan juga mudah dibangun.

Lahan bangunan rumah ini sendiri memiliki bentuk yang tidak biasa yaitu segitiga. Tentunya karena bentuk lahan ini, rumah memiliki desain yang unik. Pada bagian baratnya terekspos dan perlu diperhitungkan untuk menghadapi cuaca di area ini. Untuk bagian barat lautnya terdapat pemandangan ke arah Bracadale.

Rumah dengan lahan segitiga didesain dengan bentuk trapesium pada denahnya dengan tampak 4 sisi. Rumah yang didesain dengan eksterior warna hitam ini dirancang untuk satu lantai. Untuk masuk ke dalam rumah ini pengunjung melewati ramp panjang yang berada pada sisi miring bangunan. Kemudian pengunjung disambut dengan koridor menuju ke berbagai ruang lainnya.


Kamar tidur, studio, dan juga kamar mandi mengambil ruang di bagian sudut bangunan. Pada bagian koridor, ruang masuk dan juga ruang keluarga dibatasi oleh dinding yang rendah, dimana dinding tidak tertutup hingga ke langit-langit rumah. Tentunya hal ini membuat udara dan cahaya di dalam rumah dapat bersirkulasi dengan baik.

Ruang keluarga, ruang makan, dan juga dapur berada pada satu area dekat dengan deck terbuka. Ruangan ini merupakan area yang paling luas di dalam rumah. Sebagai tempat berkumpul tentunya area ini cukup nyaman dengan memperlihatkan dua sisi pemandangan alami di area ini.


Desain dari bentukan bangunan satu ini mempertimbangkan arah angin dan juga keadaan lingkungannya. Sang arsitek juga mengambil inspirasi dari bangunan ad-hoc yang menjadi bagian dari lanskap rural. Lembarang hitam bergelombang yang menjadi pelingkup eksterior rumah ini menunjukkan keselarasan dengan daerah pertanian. Selain itu juga awet serta efisien tanpa adanya sambungan yang kompleks.


Ramps dan juga deck pada rumah ini menjadi dua area santai yang menjadi area transisi antara ruang dalam dan ruang luar bangunan. Keseluruhan pelingkup bangunan terinsulasi dengan baik dan juga sangat simple.

Material dinding rumah ini menggunakan blok beton memberikan tampilan yang solid dan juga kasar yang kontras dengan material kayu timber di dalam ruangan dan finishing lantai dengan semen yang halus dan memberikan kesejukan. Di dalam ruang keluarga juga terdapat perapian dimana menjadi sumber penghangat ruangan yang didesain tradisional.

Tangga beton menuju ke ruang tengah menjadi salah satu elemen unik dalam rumah. Tampak beton ekspos yang tidak difinishing tersebut menjadi bukti kerja keras pembuatan rumah ini. Sehingga selain menjadi konsep, tangga tersebut menjadi sebuah simbol untuk rumah ini.

sumber: black house | photo by Rigel Nigden


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter