article / Building / Bukit Kopi Residence: Ruang Terbuka Hijau Hingga Perpaduan Dua Material yang Membuat Rumah Terasa Natural dan Unik!
13 Maret 2018 660 Views

Bukit Kopi Residence: Ruang Terbuka Hijau Hingga Perpaduan Dua Material yang Membuat Rumah Terasa Natural dan Unik!

Rumah yang berlokasi di Semarang ini menggunakan konsep yang cukup unik pada desainnya. Memiliki suasana rumah yang terbuka, rumah yang diberi nama inside outside house memiliki luasan area sebesar 600 meter persegi. Diprakarsai oleh arsitek lokal yaitu Tamara Wibowo Architects, rumah ini memberikan kesan alam dan terang di dalam dan luar bangunannya.

Hunian ini didirikan di sebuah pojokan perumahan. Uniknya lagi bagian pojok atau sudut rumah dengan dua jalan ini memiliki kontur tanah yang berbukit-bukit. Adanya karakteristik tanah tersebut pun menjadikan salah satu acuan dalam mendesain rumahnya. Rumah ini memiliki dua pintu masuk dan juga tiga massa bangunan dengan fungsi yang berbeda.

Massa bangunan yang pertama merupakan area hunian utama yang lengkap dengan ruang-ruang yang dibutuhkan di dalamnya. Lalu untuk massa yang kedua adalah area servis dimana asistem rumah tangga tinggal dan juga dapur serta laundry pakaian. Sedangkan massa yang ketiga adalah area kantor yang dibawahnya merupakan garasi kendaraan bermotor. Di area ini lah terdapat pintu gerbang rumah sebagai sirkulasi utama baik kendaraan maupun orang rumah.

Keseluruhan massa rumah tertutupi oleh warna abu-abu yang berasal dari material beton eksposnya. Adapun aksen garus kayu menjadi bagian desain yang tampak dieskteriornya. Pohon mangga juga tampak menghiasi di rumahnya. Pohon ini sendiri merupakan keadaan eksisting lahan rumah yang juga menjadi patokan dalam mendesain bagi si arsitek. Kembali ke alam menjadi visi pada rumah ini. Dinding rumah dipenuhi dengan jendela kaca sehingga cahaya masuk ke dalam rumah dan orang di dalamnya dapat melihat pemandangan luar yang cantik. Kesegaran rumah juga terasa dengan berbagai tanaman yang tumbuh di pekarangan tersebut.


Ketiga massa memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Untuk area garasi dan servis, lahan bangunannya berada lebih rendah dari lantai rumah utama, sehingga tangga panjang pun dapat dilihat untuk menuju ke massa rumah utamanya. Pada massa bangunan garasi, berada di lantai dasar rumah. Garasi tersebut dapat mencakup dua mobil. Gudang penyimpanan juga didesain di area ini. Untuk menuju ke area kantor di atas, dapat diakses melalui tangga di dalam garasi, diluar ataupun dari lantai 1 hunian utamanya. Pada lantai paling atas kantor ini terdapat taman rooftop yang memberikan sentuhan alam lebih pada hunian.

Bangunan utama rumahnya memiliki bentuk massa L. Setiap massa terhubung dengan sebuah taman dalam sehingga keadaan menyatu dengan alam lebih terasa. Pintu rumah lainnya terhubung langsung pada area halaman rumahnya. Hunian yang dilingkupi pagar beton ini memberikan privasi ruang pada pemiliknya.


Jika tamu masuk dari gerbang kendaraan, pengunjung perlu menaiki tangga untuk menuju massa hunian utamanya. Sedangkan pada pintu satunya langsung terhubung pada halaman rumah. Melalui kedua area masuk, terdapat jalanan setapak dari bebatuan mengarahkan tamu ke area ruang tamu outdoor di sudut bangunan. Sofa nyaman menjadi dudukan untuk tamu yang datang. Terlebih lagi langit-langit rumah yang tinggi memberikan kesan rumah yang lapang.

Ruang tamu ini terhubung dengan ruang keluarga indoor melalui jendela kaca gesernya. Ruang keluarga ini dilengkapi dengan televisi dan juga pintu kaca yang dapat dibuka lebar ke arah kolam renangnya. Adapun ruang lainnya yang hanya terpisah oleh rak buku pada ruangannya. Ruang tersebut adalah area bermain. Ruang itu pun juga dapat digunakan secara nyaman untuk membaca buku ataupun sekedar bersantai.


Untuk area makan dan pantry terhubung menjadi satu. Pada ruang makannya kedua sisi dindingnya dipenuhi oleh frame jendela kaca yang panjang sehingga keseluruhan orang yang makan di dalamnya dapat melihat pemandangan halaman depan ataupun halaman tengah yang terhubung dengan kolam renang. Tentunya menjadikan suasana makan lebih tenang dan juga segar.

Lantai dua pada massa huniannya difungikan menjadi area privat keluarga. Terdapat sebuah ruang keluarga yang diletakkan di area tengah lantai ini. Sebuah kamar tidur utama yang cukup luas dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan kloset serta area dandan yang besar pula. Sedangkan pada sisi lainnya terdapat dua kamar tidur yang dilengkapi dengan toilet dalam dan area shower bersama.

Rumah dengan langit-langit tinggi dan bukaan yang lebar tentu sangat memaksimalkan hubungan dalam dan luar rumah. Selain itu juga rumah memilki sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Baik bagian dalam ataupun luar rumah akan saling melengkapi di hunian ini. Uniknya lagi adalah penggunaan kedua material yang memberikan kesan berbeda. Meskipun keduanya menggunakan material alami, beton ekspos dengan kesan dingin dan kayu oranye dengan kesan hangatnya saling kontras namun menyatu dengan baik sehingga memberikan karakteristik tersendiri pada rumah.

Lahan rumah ini memang terbilang cukup luas. Namun lanskap keseluruhan hunian didesain dengan baik dan bijak dikarenakan banyaknya ruang terbuka di halaman rumah yang mengelilingi massa bangunannya. Memang sesuai dengan nama dan juga konsepnya yang memberikan penampilan unik pada bagian dalam rumah dan kenyamanan bagi penghuninya.

Sumber: archdaily | inside outside house | photo by: Fernando Gomulya

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter