article / Kitchen / Desain Dapur Kecil yang Efisien dan Cantik Untuk Rumah Mungilmu
01 Mei 2017 622 Views

Desain Dapur Kecil yang Efisien dan Cantik Untuk Rumah Mungilmu

Sebuah dapur pasti akan selalu ada di dalam desain sebuah rumah. Ketika rumahmu tidak cukup besar, kamu tidak perlu khawatir dengan memiliki ukuran dapur yang kecil. Cukup dengan ruangan yang kecil pun, dapur dapat berfungsi secara fungsional dan juga efisien. Namun semua kenyamanan dapur akan bergantung pada desainnya. Jika desain tidak baik, dapur yang kecil pun akan terlihat sumpek dan tidak sehat. Akan tetapi dengan desain yang baik ruangan sempit pun dapat menjadi dapur yang cantik dan juga menyejukkan.

Yuk simak beberapa desain dapur dengan ukuran seadanya ini!

http://www.hgtv.com

Dapur dengan lebar dua meter ini tidak akan jadi masalah dengan bentuk desain U ini. Dengan meletakkan peralatan di area yang sesuai, ruangan penuh warna krem ini terlihat nyaman dan adem. Tidak terlupa juga jendela yang dapat dibuka tutup pada area ujung ruangan. Memberikan penerangan lebih untuk ruangan ini.

https://homebnc.com

Ketika berhadapan dengan ukuran yang sempit dan kecil, kamu harus mencoba berpikir out of the box. Tidak seperti desain dapur yang jadul, dapur dengan langit-langit yang tinggi diberikan lampu gantung mencapai batas dinding lainnya sehingga tidak membuat ruangan ini terasa kaku. Ditambah pula dekorasi motif dan warna pada dinding dapur memberikan keceriaan di ruangan yang didesain dengan kabin dan dinding putih ini. Kalimat motivasi pada area yang memanjang ke atas membuat ruangan tidak terasa kosong. Jendela pun dibuat tinggi sehingga cahaya dapat masuk ke ruangan secara maksimal.

http://www.hgtv.com/

Serba putih membuat dapur jadi terasa terang dan bersih. Mencerahkan ruangan yang kecil dan membuatnya terkesan luas sepanjang mata memandang. Untuk menambahkan keunikan pada ruang, karpet bermotif pun dipasang pada ruangan ini. Tidak hanya memperindah, lantai di area dapur pun tidak akan terasa licin.

https://homebnc.com

Nah! Desain yang satu ini benar-benar menghemat ruang. Siapa yang sangka hanya berbentuk almari saja, kamu sudah punya dapur yang cocok untuk melakukan aktivitas memasakmu. Desain almari dibuat sangat compact. Pintu almari didesain agar dapat menyimpan bahan dan peralatan dapur. Kulkas mini pun juga bisa kamu letakkan di almari ini. Unik dan juga sangat menghemat ruangan. Solusi untuk rumah mungilmu.

https://homebnc.com

Rumah dengan gaya rustic bisa mejadikan dapur ini sebagai inspirasi. Ruangan terdiri dari tiga warna utama saja yaitu putih pada dinding dan juga warna coklat kayu dipadukan hitam untuk furniturenya. Menggabungkan style modern dan juga rustic secara bersamaan. Elegan dan juga berkelas. Perpaduan warna-warna tersebut membuat furniture-nya jadi lebih menonjol. Cukup memukau kan.

https://homebnc.com

Sama seperti sebelumnya yaitu dapur dengan menyerupai bentuk almari, dibuat dengan bentukan yang atraktif. Pintunya berupa pintu lipat ke satu arah saja. Minimalis dan juga futuristik. Melihat materialnya yang mengkilap, sangat sesuai dengan desain rumah yang juga modern. Desain dapur ini sendiri sangat cocok untuk rumah apartemen yang perlu menghemat ruang pada rumahnya. Dihiasi dengan lampu gantung yang berhiaskan warna emas.

https://homebnc.com/

Warna putih memang cukup sering digunakan didesain sebuah rumah. Namun beberapa orang takut menggunakan warna tersebut dikarenakan warnanya yang mudah kotor dan juga terlihat kurang mendekorasi rumah. Akan tetapi, ketika kamu melihat dapur serba putih ini, kembali lagi ruangan akan terasa lebih terang dan juga ceria. Furniture dan dindingnya dipadukan dengan lantai membuat ruangan jadi terasa tidak monoton dan juga lebih hidup.

http://www.bhg.com

Kecil dan juga letaknya yang berada di area transisi ruang perlu dipikirkan dengan baik. Meja yang digunakan untuk persiapan bahan makanan juga dapat digunakan sebagai meja makan. Karena meja yang cukup tinggi, kursi pun dibuat selayaknya seperti kursi bar sehingga terasa tidak biasa dan mencolok di ruangan.

http://www.hgtv.com

Serba kayu, ruangan jadi terasa hangat dan juga terang. Tidak hanya karena material kayunya, keistimewaan ruang ini juga terdapat pada material stainless steel yang membuat ruangan jadi lebih mengkilap. Bukan sekedar peralatan dapur seperti kompor dan oven saja, bahkan meja makan yang menyambung dari dapur juga dihiasi material stainless ini. Serasi dan juga menginspirasi.

https://homebnc.com

Dapur kecil ini merupakan contoh yang baik bagaimana mendekorasi rumah akan bergantung dengan bentukan arsitektur rumah. Desain yang terkoordinir akan membuat dapur ini jadi terasa nyaman. Letaknya yang berada di sudut ruangan terkadang akan sulit untuk didekorasi. Akan tetapi dengan memberikan desain yang cukup untuk sirkulasi udara dan cukup penerangan, dapur akan berfungsi dengan baik. Ditambah pula warna netral pada ruangan ini. Untuk memberikan batas bentukan ruang, pada dinding luar dapur pun dihiasi dengan warna biru. Rak terbuka dan lukisan pada dapur pun memberikan kesan dapur yang welcoming.

http://www.hgtv.com/

Bicara tentang desain yang unik, penggabungan dua kesan pada area dapur ini juga cukup menarik. Dinding dengan batu bata ekspos yang tidak dihaluskan memberikan nilai rustic dan tradisional. Sedangkan di sisi lain ruangan terasa lebih minimalis dan modern dengan kabin dan dinding putihnya yang terlihat halus dan berbinar-binar.

https://homebnc.com

Memberikan warna yang tidak biasa pun juga dapat membuat dapur lebih menarik. Warna ungu muda dipadukan ubin berwarna krem pada dinding. Untuk memberikan kekontrasan pada ruangan ini, pemberian furniture dengan warna hitam dan silver membuar ruangan jadi terasa lembut, feminin namun juga elegan disaat yang bersaaan. Dapur akan terasa lebih cantik ketika disinari oleh cahaya dari jendela sehingga pemberian tirai pada area ini tidak diperlukan. Penambahan meja dorong pada dapur memberikan kemudahan untuk memindahkan makanan atau peralatan makan ke ruang makan.

https://homebnc.com

Desain dapur ini sangat terlihat menawan dengan warnanya yang berani dan terlihat sangat futuristik. Kabin berwarna hitam memberikan aksen pada dindingnya sehingga terlihat kontras dengan warna putih mengkilap di ruangan. Bentuk lampu plafonnya pun juga memperkuat kesan futuristiknya. Tanpa menambahkan dekorasi macam-macam berupa lukisan ataupun furniture lainnya, dapur ini membiarkan desainnya menggambarkan karakter ruangan ini sendiri.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment