article / Decoration / DESAIN RUANG IBADAH DI RUMAH AGAR TETAP KHIDMAT BERDOA  
15 Oktober 2020 314 Views

DESAIN RUANG IBADAH DI RUMAH AGAR TETAP KHIDMAT BERDOA  


Memiliki rumah idaman tentu menjadi dambaan setiap orang. Sebab rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk beristirahat dari semua kelelahan rutinitas setiap harinya. Ketika berada di rumah, kamu juga bisa bertemu dengan anggota keluargamu.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Seiring majunya perkembangan desain arsitektur, perancangan dan bagian rumah memiliki fungsinya masing-masing. Terdiri dari berbagai ruangan, ada kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang keluarga, hingga ruang khusus salat. Di antara ruangan di dalam rumah yang sering dikesampingkan adalah mushollah.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Negara Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama islam. Keberadaan ruang salat dalam rumah maupun tempat umum adalah hal yang penting dan sangat vital. Terkadang orang berpikir bisa melakukan ibadah di mana saja yang penting bersih dan suci. Misalnya di dalam kamar atau ruang keluarga. Padahal alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki ruang salat tersendiri, agar lebih tercipta suasana ibadah yang nyaman dan tenang.

 

Mushollah Minimalis Sejuk Terbuka

Copyright by Pinterest.com

Mushollah tidak harus selalu berada di dalam rumah yang cenderung berdesain tertutup. Kamu juga bisa menempatkan ruangan ibadah tersebut di bagian belakang rumah yang dekat dengan halaman. Tidak perlu repot-repot lagi deh memikirkan hal-hal yang dapat membuat musala terasa sejuk karena angin bisa masuk dari segala penjuru arah. Jangan lupa untuk menambahkan karpet serta sajadah pada bagian lantai musala. Tempatkan pula sebuah lemari atau kabinet gantung untuk menempatkan peralatan solat agar tidak mudah kotor jika tak digunakan.

 

Mushollah Mini

Copyright by Pinterest.com

Karena hanya digunakan oleh anggota keluarga saja atau tamu ketika ada keluarga atau rekan yang berkunjung, mushollah dalam rumah tidak harus luas, lho. Desain yang sangat sederhana dan mungil dengan hiasan kaligrafi di salah satu dindingnya bikin ruang ibadah makin adem. Jangan lupa untuk melengkapi tempat wudhu dalam mushollah mini dengan beberapa tanaman hijau agar semakin tenang dan fresh.

 

Mushollah Dengan Sentuhan Industrial

Copyright by Pinterest.com

Model mushollah minimalis selanjutnya adalah lekat dengan warna-warna asli material bangunannya. Seperti, semen dan beton ekspos. Sentuhan industrial dalam mushollah minimalis cocok untuk kamu yang menginginkan suasana berbeda di rumah ruang ibadah.

 

Mushollah Dekat Dengan Taman

Copyright by Pinterest.com

Rumahmu memiliki taman dalam? Pertimbangkan untuk membangun mushollah minimalis yang berbatasan dengan taman. Nuansa hijau dari luar bisa menyuguhkan kesejukan dan panorama yang menyegarkan bagimu. Kamu dan keluarga akan merasa semakin nyaman ketika beribadah. Agar tidak terlalu terbuka, kamu bisa membuat desain mushollah minimalis yang terdapat taman sebagai batasnnya dan pintu kaca atau jendela tinggi. Kesan semi–outdoor-nya bakalan kerasa banget!

 

Mushollah Mungil Di Bawah Tangga Rumah

Copyright by Pinterest.com

Di rumah-rumah minimalis, lahan kosong adalah harta berharga. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai mushollah minimalis dalam rumah. Salah satu contohnya ialah area bawah tangga yang umumnya dibiarkan kosong. Kamu bisa menyulap area tersebut menjadi mushollah yang sejuk dan juga nyaman.

 

Copyright by Grid.com

Meski tidak melulu berbentuk megah dan luas, kamu bisa mendesain mushollah dengan gaya minimalis sesuai seleramu sendiri. Dengan adanya mushollah di rumahmu ini tentu saja bisa bikin rumahmu makin adem suasananya. Sebab bisa bikin seisi rumah semakin religius.

Apakah kamu pun tengah mempertimbangkan untuk membuat mushollah dalam rumah?

Untuk hasil yang maksimal, tetap kunjungi Furnizing.com untuk mengupgrade berbagai macam informasi mengenai dekorasi rumah dan inspirasi desain rumah idaman kamu yah, kamu juga dapat menemukan banyak inspirasi desain lainnya di Furnizing.com. Selamat bereksplorasi untuk mendekor kebahagiaan kamu yah!


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter