article / Building / Unik dan Mengesankan, Starbucks di Jepang Ini punya Ciri Khas Tersendiri yang Berbeda dari Starbucks Modern Pada Umumnya!
13 Juli 2018 3K Views

Unik dan Mengesankan, Starbucks di Jepang Ini punya Ciri Khas Tersendiri yang Berbeda dari Starbucks Modern Pada Umumnya!

Siapa yang tak kenal tempat kopi satu ini? Berbagai macam minuman hangat dan dingin ala kopi tersedia di dalam cangkir ataupun tempat minum khas dengan logo wanitanya. Dengan area minum yang nyaman, dudukan sofa, meja bundar, dan beragam furniture lainnya menghiasi tempat ini. Namun ada yang berbeda dari starbucks di Jepang. Dua buah bangunan starbucks yang tentunya akan membuka pandanganmu tentang kedai kopi yang biasanya tampak kebarat-baratan ini. Yuk simak kedua tempat tersebut apa saja.

Starbucks Kawagoe Kanetsu Dori

sumber foto

Starbucks yang terletak di kawasan Saitama, bersebelahan denngan Tokyo ini punya tampilan eksterior yang menarik. Berbeda pada starbucks dengan bangunan modern dan dinding kaca, pada kedai ini bentuk khas rumah tradisional Jepang terlihat dari kejauhan. Atapnya memberikan suasana ala zaman edo yang menjadi bagian kota Kawagoe.

sumber foto

Penggunaan material kayu cemara merupakan material yang memang menjadi hasil produksi dari kawasan Saitama. Uniknya bagian dalam kedai ini bernar-benar menunjukkan perpaduan modern dan juga gaya arsitektur zaman edo. Penggunaan pernis hitam dan juga putih sangat menonjol pada tiang kolom dan juga rangka struktur furniturenya. Kedai kopi ini lebih tampak seperti sebuah bar dibandingkan kedai starbucks pada umumnya.

sumber foto

Berbagai macam karya seni tampak menghiasi dinding interior kedai kopi ini. Tampilan dekorasi di karya ini juga berasal dari berbagai era di Jepang. Setiap pengunjung dapat memilih karya seni mana yang akan mereka nikmati karena setiap sisi dan sudut ruangan punya nilai seni yang berbeda.

trendsmap


Selain karya seni, pada kedai kopi ini terdapat taman khas Jepang yang sangat unik dan juga indah. Pada area duduk outdoor, pengunjung dapat menikmati keindahan berbagai cuaca saat pergantian musim. Sedangkan untuk area indoor juga terdapat taman pada pinggiran kursi bar di dalam kedainya.

Starbucks Kyoto Edo

sumber foto

Jika kedai kopi di Kawagoe itu sudah membuat kamu yang pecinta starbucks kegirangan, tunggu sampai kamu lihat starbucks yang ada di Kyoto satu ini. Berada di Higashiyama, kedai kopi ini sama sekali tidak mencerminkan tampilan starbucks pada umumnya. Sangat unik dan juga khas dengan model bangunan ala zaman edo. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di distrik historik Higashiyama sehingga bangunannya pun disesuaikan dengan lingkungannya.

sumber foto


Kedai kopi ini didesain dari hasil renovasi bangunan kayu berumur 100 tahun. Tidak hanya materialnya yang menarik perhatian namun juga partisi pembatas, tirai yang tergantung di depan pintu masuk, hingga tampilan dindingnya yang sangat khas dengan era zaman edo. Pada tirai itu pun diberikan logo dari kedai kopi favorit ini.

sumber foto

Meskipun starbucks merupakan kedai kopi modern, namun menyesuaikan keseluruhan bangunan dengan sekitarnya menjadi tanggung jawab dari Starbucks juga. Tidak hanya bagian luarnya saja, bahkan interiornya pun menarik perhatian. Di dalamnya terdapat ruangan yang dirancang seperti tempat minum teh yang terbuka dan santai. Tentunya hal ini tidak jauh-jauh dari tradisi Jepang.

sumber foto


Di tiga ruangan kedai kopi franchise ini pengunjung harus melepaskan sepatunya karena area dudukan tidak menggunakan kursi, namun menggunakan bantal dudukan. Menikmati kopi dengan cara 'lesehan' tentunya menjadi pengalaman unik tersendiri. Ruangan dengan lantai tatami dan juga meja bulat pendek. Namun untuk anda yang tidak suka duduk lesehan, area dengan meja dan kursi pun juga tersedia.

sumber foto

Adapun area lesehan tanpa meja yang tentunya sangat nyaman untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Saling mengakrabkan diri, tentunya setiap ruangan dihiasi dengan dekorasi seni lukisan gantung pada dindingnya. Tampil secara khas menjadikan starbucks ini menonjol dan banyak peminat yang datang. Tidak sekedar untuk meminum kopi namun juga untuk merasakan tempat unik ini.

sumber foto

Tidak cukup sampai disini, pada lantai dasar bangunan ini terdapat tiga buah taman khas Jepang yang dilengkapi dengan tsukubai atau sebuah batu ritual. Hal ini tentunya menambahkan keunikan dan kecantikan kedai kopi ini. Tak lupa dengan kerikil putih yang menghias bagiah tanah memberikan tampilan bersih dan juga asri.

sumber foto

Sedangkan di taman lainnya lebih luas dengan adanya rerumputan dan juga berbagai macam properti khas tradisional Jepang. Tentu saja keseluruhan desain kedai kopi ini merupakan salah satu hal yang harus dilakukan karena merupakan upaya untuk melestarikan budaya dan komunitas di distrik tersebut.

sumber foto

Saat menunggu antrian, pengunjung tidak boleh menunggu hingga luar bangunan sehingga pengunjung dibatasi untuk masuk ke dalam kedai kopi ini. Starbucks ini pun sudah menjadi popular dikalangan pengunjung semenjak dibuka. Jadi kalau ke Jepang sudah tau kan starbucks mana yang akan kamu kunjungi.

sumber: livejapan | huffingtonpost | simplemost


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter