article / Exterior / Desain Fasad Kaca Eksterior yang Bikin Rumah Jadi Lebih Fantastis
30 Juni 2019 4K Views

Desain Fasad Kaca Eksterior yang Bikin Rumah Jadi Lebih Fantastis

Material kaca sebagai pelingkup dinding rumah menjadi sangat populer di gaya arsitektur modern karena karakternya yang transparan sehingga dapat menampilkan isi dalam rumah yang terlihat luxurious. Fasad kaca memberikan banyak kelebihan untuk rumah seperti adanya pemandangan ke area luar rumah yang menyajikan lanskap bangunan dan juga memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam rumah. Dengan adanya teknologi yang terus berkembang, penggunaan fasad kaca tidak hanya menampilkan estetika saja, namun juga dapat menjawab permasalahan keamanan, akustik ruangan, dan sustainability. Berikut beberapa contoh rumah rumah dengan fasad kaca yang fantastis.

Clearhouse By Stuart Parr Design

Rumah yang diberi nama Clearhouse ini terletak di dekat danau di Pulau Shelter, New York, USA. Rumah ini terdiri dari satu lantai yang ditinggikan dari ketinggian tanah dasarnya. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk mendapatkan pemandangan yang menarik ke arah Peconic Bay. Dinding kaca yang transparan tampak mengundang alam sekitar masuk ke dalam rumah. Keasrian lanskap rumah sangat nyaman untuk dipandang. Bagian dalam rumah yang terlihat dari luar ini terlihat sangat cantik dengan warna pencahayaan yang ditampilkan.

 

Clear house 

House N by Sharon Neuman Architects & Oded Stern-Meiraz

Sharon Neuman Architects berkolaborasi dengan Oded Stern-Meiraz dalam perancangan House N, yaitu kawasan perumahan modern di Yehuda, Israel. Di atas tanah seluas 500 meter persegi, House N sangat menonjol karena detail arsitektur yang ditampilkan. Dari adanya dinding batu bata tinggi, dinding putih dan juga tidak terlupa fasad kacanya. Konsep rumah ini terinspirasi dengan karya minimalis dari seniman Walter De Maria yang berjudul Gothic Shaped Drawing yang menunjukkan satu garis dua dimensi yang menunjukkan bentukan rumah. Interiornya yang luas dan modern pun terlihat jelas.

House N

Riverfront Residence by Taylor Design + BUILD

Berlokasi di Tucson, Arizona, rumah ini didesain oleh Taylor Design + BUILD. Tentunya memiliki desain yang unik dengan memadukan lanskap alaminya. Kondisi alam sekitar dan cuaca menjadi pertimbangan dalam mendesain rumah ini. Sustainable menjadi pokok utama dalam desain ini tentunya juga tetap memperhatikan estetika rumah. Bagian utama rumah didesain terbuka ke area patio dan kolamnya. Selain itu, sang arsitek juga mendesain atap hijau pada rumah ini.

Riverfront Residence


Coastlands House by Carver + Schicketanz

Rumah satu ini khusus didesain untuk pasangan pensiunan di Big Sur, California, USA. Rumah ini berlokasi di area lanskap yang pemandangannya langsung menuju Samudera Pasifik bagian barat. Batu masif di bangunan ini menjadi struktur utama dan juga memberikan kekontrasan dengan material baja ringan dan kaca pada rumah. Kaca geser yang cukup besar di rumah didesain membuka ke arah patio sehingga udara dapat melakukan pertukaran udara secara menyilang. Kaca ini pun juga menjadi penghubung ruang dalam dan luar rumah.

Coastlands House

Nicholson Residence by Architect Matt Gibson

Berlokasi di Melbourne, Australia, rumah ini merupakan sebuah proyek renovasi. Matt Gibson, sang arsitek menjelaskan bahwa rumah satu ini menggabungkan antara eksterior dengan tamannua melalui penggunaan kaca secara ekstensif dan materialnya. Teras kayu di rumah ini tentunya menjadi area yang menonjol karena dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti berkumpul bersama keluarga ataupu makan malam bersama. Keseluruhan desain memberikan kesan yang elegan, modern dan juga welcoming.


Nicholson Residence

House of the Tree by by Kokai Studios

Berlokasi di Shenzhen, China, rumah ini menyajikan pencahayaan alami dengan ruang dua lantai yang didesain dengan fasad kaca. Konsep dari rumah ini sendiri adalah tinggal diantara suasana perkotaan dan alam. Desain interior yang dinamis terlihat dari susunan rumahnya. Rumah ini mengkombinasikan area publik dan privat dalam kesan glamor yang terlihat dari kerangka baja dipelingkup kacanya.

House of The Tree

Bauhaus Residence by architectural design office Pitsou Kedem


Rumah yang didesain di area bersejarah, didesain dengan style bauhaus. Rumah yang berlokasi di Haifa, Israel ini mengkombinasikan arsitektural dengan pendekatan modern. Kecanggihan dan minimalism yang tertera pada gaya bauhaus direpresentasikan dengan bangunan yang memiliki ruang luas dan batas yang prestisius. Mengoptimalkan hubungan antara ruang dalam dan luar dengan bukaan dan fasad jendela membuat rumah jadi lebih welcoming dan juga nyaman.

Bauhaus Residence

Chalet-Inspired Modern Villa in Madrid

Dengan desain yang modern, rumah di area Madrid, Spanyol ini memiliki bentukan yang unik. Fasadnya yang beragam dan juga lanskap yang memukau terlihat jelas di desain rumah ini. Tidak hanya fasadnya yang menggunakan material kaca, bahkan kolam renangnya yang luas juga tampak seperti cermin yang memantulkan keindahan rumah dan sekitarnya. Sangat atraktif dan juga indah.

Chalet Inspired Modern Villa

Jarson Residence by Studio will Bruder + Partners

Jarson residence merupakan rumah yang didesain oleh Studio Will Bruder yang berlokasi di Paradise Valley, Arizona, USA. Pemilik rumah menginginkan desain rumah yang modern dan dapat memberikan kedamaian ketika berada di dalamnya. Material pelingkup baja dan tembaga menjadikan rumah tampak misterius dan juga terintegrasi dengan lingkungan secara baik. Material kaca tidak hanya memperlihatkan bagian dalam rumah saja, namun juga dapat memantulkan penampakan lingkungan sekitar di fasadnya.

Jarson Residence

Montauk Residence by Pentagram Architects

Didesain oleh Pentagram Architects, rumah yang berlokasi di Montauk, New York ini terdiri dari dua bangunan terpisah yang berupa rumah utama dengan rumah tamu. Tentunya kedua area tersebut memiliki akses ke outdoor yang menyajikan pemandangan arah laut. Rumah memang didesain dengan konsep transparan dan terbuka. Dinding kaca geser menjadi salah satu elemen yang menguatkan konsep rumah. Lantai dan dinding didesain agar dapat menyerap panas sehingga ruangan dalam rumah terasa lebih sejuk. Penggunaan elemen kaca atau material yang terbarukan juga menjadi cara untuk membuat rumah menjadi nyaman dihuni di segala musim.

Montauk Residence

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter