article / Building / Rumah Ramah Lingkungan dengan Area Berkumpul Terbuka! Asri dan juga Alami!!
10 Februari 2020 3K Views

Rumah Ramah Lingkungan dengan Area Berkumpul Terbuka! Asri dan juga Alami!!

Rumah di Sao Paulo, Brazil ini memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya rumah seluas 1500 meter persegi ini memiliki area semi terbuka yang hanya beralaskan atap datar tempat aktivitas keseharian berlangsung. Didesain oleh Perkins+Will, rumah ini tidak hanya memiliki desain yang modern namun juga ramah lingkungan. Seperti tampak pada kayu daur ulang yang terdapat pada grid plafonnya.

Hunian didesain dengan mempertimbangkan keadaan alam disekitar lahannya. 50% lahannya terdiri dari taman dan juga pohon flamboyan. Dengan mempertahankan keadaan eksisting dari lahannya tentu akan menjadi sebuah tantangan bagi sang arsitek untuk mendesain rumah ini. Lahan persegi panjang pada hunian ini tentunya memberikan ciri khas garis yang tegas dan juga sudut ruang yang terkotak.

Hal pertama yang dilakukan oleh sang arsitek adalah memahami karakteristik dari lahan rumah tersebut. Memilih titik fokus pada hunian tersebut untuk menentukan tema akan mempermudah proses desain. Pada lahan ini, pohon flamboyant menjadi peran utama yang harus dipikirkan dalam mendesain. Menjadikan karakteristik dari pohon tersebut untuk memecahkan permasalahan desain.

Ruang utama pada rumah ini seperti ruang tamu, ruang makan, dan juga area lobby harus saling terhubung dan berdekatan satu sama lain. Ruangan-ruangan ini tertutupi dengan struktural grid kayu yang saling berkaitan dan terhubung dengan area taman. Dari keseluruhan ruang tentu area ini paling mencolok diantara ruang lainnya dalam rumah.


Rumah ini terbagi dari tiga lantai yang juga memiliki fungsi ataupun zonaa ruang yang berbeda. Lantai dasar merupakan zona publik di dalam rumah dimana keluarga berkumpul dan juga menerima tamu. Memasuki rumah ini, pengunjung akan dihadapkan pada koridor menuju ruangan semi terbukanya.

Di lantai ini terdapat area dapur, ruang tamu, kantor, dapur, ruang makan, dan juga area gym. Cukup luas ditambah dengan kolam renang dan area berjemurnya. Rumah ini memiliki dua ruang makan yaitu dekat area dapur dan di area semi terbuka dengan suasana lebih ramai.


Lalu untuk lantai dibawahnya yaitu lantai basement difungsikan sebagai area servis. Terdapat kamar asisten rumah tangga dan juga tempat penyimpanan, mesin serta area parkir kendaraan. Untuk ruang servis terhubung dengan void dan tangga menuju dapur di lantai dasar. Sedangkan dari area parkir kendaraan juga bisa langsung ke lantai dasar melalui tangga utama.


Sedangkan di lantai paling atas difungsikan sebagai area privat dimana terdapat 5 buah kamar tidur yang dilengkapi juga dengan ruang keluarga untuk berkumpul. Setiap kamar tidur memiliki kamar mandi dalam tersendiri. Bangunan dengan bentuk trapesium ini memiliki jendela di sebelah sisi miringnya yang menunjukkan pemandangan ke arah taman terbuka di dalam rumah.

Adapun balkon yang luas dengan railing kaca menjadi pengaman untuk area terbuka ini. Balkon ini dapat diakses melalui ruang keluarga. Keunikan rumah ini tidak hanya pada area semi terbukanya namun juga pada area olahraga seperti gym dan juga kolam renang. Kolam memanjang yang berada di area luar ini terhubung langsung dengan area semi terbuka dan juga ruang tidur tamu dan ruang tamu di dalam bangunan.

Namun, meski ruang di dalam rumahnya terbuka dan saling melengkapi, bagian depan rumah ini tampak tertutup. Dilapisi dengan partisi dan dinding abu-abu serta area masuk yang ditinggikan, berbeda dengan isi di dalamnya. Meski begitu unsur alami tetap menonjol dengan adanya dinding tanaman rambat, pohon eksisting, serta plafon grid kayu yang setema dengan struktur di dalam rumah. Tampak luar rumah yang modern dan juga minimalis.

Rumah dengan gaya modern dan minimalis dengan tetap memperhatikan keadaan sekitar atau keadaan awalnya akan mengurangi pembuangan limbah dalam perancangan. Selain itu rumah dengan keadaan terbuka dengan alam tentunya merupakan desain ramah lingkungan yang baik untuk area perkotaan. Memberikan inspirasi dan juga contoh yang baik merupakan tugas lain bagi arsitek dalam merancang dan mendesain rumah hunian.

sumber: flamboyan residence


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter