article / Building / Hunian Dengan Ruang Kotak Kayu yang Bisa Dirotasi! Bentuknya Unik dan Bikin Suasana dalam Rumah Nyaman di Berbagai Musim!
08 Mei 2018 52 Views

Hunian Dengan Ruang Kotak Kayu yang Bisa Dirotasi! Bentuknya Unik dan Bikin Suasana dalam Rumah Nyaman di Berbagai Musim!

Siapa yang tidak penasaran dengan rumah yang unik satu ini. Didesain di Tehran, Rusia, rumah dengan area bangunan sebesar 1400 meter persegi memiliki lahan yang memanjang. Sang arsitek yaitu Alireza Taghaboni dari Nextoffice membuat hunian yang menarik dari fasad dan juga fungsinya berdasarkan cuaca atau musim pada wilayah tersebut. Selain itu juga membuat hunian terasa lebih besar dan memiliki teras di tiga lantainya dengan box kayu tersebut.

Rumah dengan 5 lantai di atas permukaan tanah dan dua buah lantai basement ini memiliki konsep ruang yang unik. Terdapat massa bangunan fix, mobile, dan juga void di bangunan ini. Dua buah massa yang sudah fix terpasang kokoh dihubungkan oleh void bangunan sehingga sirkulasi udara dan cahaya dapat tersebar keseluruh arah dari void ini. Hal tersebut diperhitungkan tentu karena lahannya yang memanjang. Sedangkan untuk massa bangunan mobile ditujukan pada box kayu yang dapat dibuat menonjol atau hanya datar dengan struktur bangunannya. Box yang dibuat menonjol akan memiliki ruang tambahan yaitu teras untuk ruang dalam boxnya.

Salah satu inspirasi dari rumah ini adalah rumah tradisional Iranian yang secara dinamis dapat berubah tergantung dengan habitat dan cuacanya. Hal tersebut tentunya membangkitkan semangat sang arsitek agar dapat mendesain hunian yang unik dan pas pada lahan memanjang ini.

Pada saat musim panas, rumah Sharifi-ha ini menawarkan tampilan terbuka dengan fasad menonjol dan juga teras yang besar. Sehingga udara dapat bersirkulasi dengan baik di dalam huniannya. Sedangkan pada saat musim dingin, box kayu akan menutupi fasad terbuka hunian sehingga tampilan rumah terasa lebih tertutup. Sedikitnya bukaan pada hunian tentunya akan membuat udara dingin dari luar tidak masuk ke dalam rumah. Rumah ini pun tampak berkonsep pada introvert dan extrovert karena adanya perubahan tersebut pada hunian.


Rumah dengan 7 lantai ini memiliki fungsi yang beragam pada lantainya. Pada basement digunakan sebagai fasilitas olahraga seperti adanya kolam renang di lantai paling bawah dan juga area fitness di basement atasnya. Sedangkan untuk lantai dasarnya sendiri difungsikan sebagai lahan parkir dan juga ruang untuk asisten rumah tangga. Selain tangga, rumah ini juga menggunakan lift sebagai sirkulasi vertikal untuk penggunanya.

Untuk memasuki hunian ini, pada bagian depan bangunan terdapat tangga megah menuju lantai satu hunian. Pada lantai satu ini terdapat ruang-ruang publik dimana penghuni dapat menyambut tamunya. Setelah melewati tangga, rumah ini memiliki teras dan juga hall sebagai area depan hunian. Di lantai inilah terdapat ruang makan, bar, ruang tamu, dan juga dapur serta ruang sarapan pagi.


Untuk area sarapan pagi yang dilengkapi dengan dapurnya ini berada di bagian box kayu pada lantai pertama. Box kayu yang kemudian dirotasi akan memberikan ruang teras lebih pada bagian depan penyambutan tamu. Pemandangan yang didapatkan pun lebih menyenangkan karena ke arah luar dibandingkan saat dinding kaca box menghadap ke dinding rumah.

Lalu untuk lantai duanya terdapat ruang keluarga untuk bersantai dan menonton tv, dapur, area void, dan juga kamar tidur tamu. Kamar tidur tamu memiliki area terpisah dengan kamar mandinya. Untuk kamar tidur tamu berada di dalam box kayu yang punya fungsi untuk dirotasikan.


Kemudian untuk lantai ketiganya menjadi salah satu lantai yang cukup privat karena adanya beberapa ruang khusus seperti kamar tidur utama. Kamar tidur utama sendiri punya ukuran yang besar dengan kamar mandi dan ruang kloset di dalamnya. Area bersantai pun juga berada di dalamnya.

Sedangkan ruang lainnya di lantai ini adalah ruang dapur, ruang makan, dan juga ruang kerja. Fasilitas yang terdapat di dalam box kayunya adalah ruang kerja penghuni. Berbeda dengan box kayu sebelumnya, dinding box ini di rotasi berlawanan dengan arah jarum jam yang tidak sama dengan dua box lainnya. Sedangkan ruang yang berada di lantai paling atas difungsikan sebagai kamar tidur penghuni ataupun anak.

Salah satu hal yang menarik pada interior hunian ini adalah railing pada koridor lantainya. Terdapat railing kaca transparan sehingga cahaya terpantulkan dari atas dan masuk ke dalam hunian. Tidak hanya itu saja, untuk dinding yang juga menjadi pengaman untuk area void ditanamin tumbuhan rambat sehingga memberikan nilai plus pada area ini.

Kolam renang yang berada pada area basement juga memiliki desain yang cantik dan unik. Kolam inipun terbuka pada bagian langit-langitnya sehingga memberikan pencahayaan dari atas. Meski menjadi bagian dari lantai basement, baik tempat renang maupun fitness dirancang semenarik mungkin sehingga nyaman digunakan oleh pemiliknya sehari-hari.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter