article / Sunroom / Inspirasi Ruang Membaca Unik di dalam Rumah, Cocok Untuk Anda yang Gemar Membaca
12 Juni 2018 225 Views

Inspirasi Ruang Membaca Unik di dalam Rumah, Cocok Untuk Anda yang Gemar Membaca

Bagi anda yang gemar membaca baik buku ataupun berbagai surat kabar tentunya menginginkan ruang yang tenang dan juga terang. Satu sudut dalam rumah dimana anda merasa nyaman saat membaca. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk anda yang memiliki hobi ini. Mendesain area tersebut di dalam rumah tentunya bisa sederhana dengan meletakkan sofa yang nyaman atau jadi rumit karena adanya renovasi kecil-kecilan di dalam rumah. Berikut beberapa inspirasi area membaca yang pastinya nyaman untukmu di dalam rumah.

 

pinterest

Sofa dengan Bantalan Kaki di Perpustakaan Mini

Jika anda memiliki perpustakaan mini, lengkapilah ruangan tersebut dengan meja ataupun kursi baca. Tidak harus kursi yang ada di perpustakaan pada umumnya, namun bisa dengan kursi sofa satu ini. Kursi yang nyaman untuk bersandar memastikan punggung dan leher tidak pegal saat membaca. Jika kaki anda lelah saat duduk, tambahan kursi bantalan yang setinggi sofa dapat digunakan agar anda dapat selonjoran dengan menumpukan kaki di atasnya. Letakkan sofa dekat dengan jendela dan lengkapi lampu membaca yang bisa digunakan ketika malam tiba.

 

decoist

Sudut di Ruang Keluarga yang Nyaman

Jika rumah tidak memiliki ruang khusus untuk koleksi buku, sebuah rak dinding dan bangku empuk di sudut ruangan sudah bisa anda sulap jadi ruang baca. Tidak hanya buku, anda juga bisa meletakkan hiasan untuk mempercantik area tersebut. Letaknya yang berada di sudut tidak akan mengganggu aktivitas lain di dalam rumahnya. Ditambah lagi, pada area ini anda bisa menyendiri dan duduk nyaman dari duduk biasa hingga bersandar pada dindingnya. Karena letaknya yang berada di sudut, akan membuat anda merasa punya ruang untuk menyendiri.

 


dornob

Hammock di Langit-Langit Ruang

Bosan dengan ruang baca yang itu-itu saja? Mungkin area membaca dengan hammock ini bisa menjadi pilihan di rumah anda. Jika rumah memiliki ruang dengan langit-langit yang tinggi, membuat area mezanin dengan hammock bisa buat kegiatan membaca jadi lebih seru. Anda pun bisa tiduran di area ini ketika sudah lelah membaca buku seharian.

 

home-designing

Window Seat dengan Bukaan Lebar

Gambar di atas merupakan satu diantara banyaknya model dudukan samping jendela yang ada. Namun desain yang satu ini cukup unik karena ukuran jendelanya sehingga area ini dapat dibuka sangat lebar. Membaca di area ini tentu akan membuat anda merasa lebih rileks karena anda dapat melihat area taman di luar jendela. Angin sepoi dan juga harum tanaman akan terasa segar sehingga pikiran lebih fresh ketika sedang membaca.


 

decoist

Perpustakaan Mini dengan Sofa Memanjang

Membaca terkadang akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Di dalam ruangan perpustakaan mini ini tersedia sofa memanjang dengan rak buku terbuka serta penerangan alami dari jendela. Sofa memanjang ini tentunya bisa digunakan untuk kegiatan membaca bersama baik dengan keluarga maupun sahabat. Anda pun juga bisa mengajari anak-anak membaca bersama sambil duduk santai di sofanya. Tentunya pertimbangan lain menggunakan sofa ini adalah bentuk ruangnya yang memanjang.

 


aharchitecture

Loteng Rumah dengan Langit-Langit Miring

Punya area loteng di dalam rumah dan tidak tau mau digunakan jadi apa? Mungkin desain satu ini bisa menjadi inspirasi untuk rumah anda. Loteng memang terkadang memiliki area yang lebih sempit dibandingkan ruang lainnya karena langit-langitnya miring mengikuti atap. Namun area baca dan bersantai satu ini bisa terdesain dengan nyaman dan juga unik. Penggunaan tempat duduk di jendela dapat digunakan sebagai kasur. Rak-rak pada sisi lain dalam ruangan pun dapat digunakan untuk meletakkan berbagai buku bacaan.

 

isleofbooks

Area dead-space pada Bawah Tangga

Tangga di dalam rumah terkadang akan memberikan 'area mati' karena adanya ruang kosong yang tidak bisa digunakan menjadi sebuah ruang fungsional lainnya. Akan tetapi desain yang satu ini tentu memberikan ide mengatasi masalah tersebut. Area bawah tangga dapat didesain dengan ruang membaca yang memiliki bentuk dan tampilan eye-catchy. Dudukan yang nyaman serta dinding yang dibuat berwarna kontras dengan warna putih pada tangga sangat menonjol. Area ini juga dapat digunakan sebagai ruang bermain tersembunyi untuk anak anda.

 

pinterest

Area Bordes dengan Window Seat dan Rak Buku

Masih berhubungan dengan tangga, ruang baca satu ini didesain pada area bordes tangganya. Tempat yang biasanya digunakan sebagai area untuk mengistirahatkan kaki ketika menaiki tangga ini bisa difungsikan menjadi ruang terbuka seperti pada gambar. Tentunya bordes ini didesain cukup lebar sehingga aktivitas pada area ini tidak mengganggu sirkulasi orang yang naik-turun menggunakan tangganya.

Dari inspirasi di atas ini, kira-kira mana yang cocok untuk rumah anda?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter