article / Interior / Interior Apartemen Memanjang dengan Furniture Simple yang Membuat Hunian Terasa Lapang dan Rapi
09 Mei 2018 882 Views

Interior Apartemen Memanjang dengan Furniture Simple yang Membuat Hunian Terasa Lapang dan Rapi

Apartemen seluas 33 meter persegi tentunya bukan sebuah halangan untuk mendesainnya secara fungsional dan juga cantik. Salah satu contohnya adalah hunian di Moskow, Rusia hasil rancangan dari Studio Bazi. Dengan furniture yang kompak hunian flat tanpa sekat ini bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Hunian ini didesain atas permintaan dari kliennya sendiri yaitu seorang pria lajang yang ingin mengubah interior huniannya menjadi lebih modern dan juga sesuai dengan kebutuhan.

Hunian ini memiliki pintu masuk pada bagian lantai di atasnya, sehingga terbagi lah menjadi dua lantai. Pada lantai atasnya hanya terdapat pintu masuk dan juga toilet. Pada area ini juga pengunjung dapat menggantungkan jaket ataupun jasnya. Sedangkan untuk lantai bawahnya dijadikan sebagai kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang kerja, dan juga bersantai. Hal ini tentu dapat diwujudkan dengan terorganisirnya furniture di dalamnya.

Tampilan hunian terlihat sangat bersih dan juga minimalis dengan penggunaan dua macam warna pada interiornya yaitu warna putih dan juga warna kayu. Kesan hangat dan juga sejuk tercampur aduk di dalamnya.

Setelah menuruni tangga, pengunjung akan langsung dihadapkan pada ruang tamunya. Ruang tamu ini pun terasa unik karena juga dapat digunakan sebagai ruang kerja dan juga ruang makan. Terdapat kursi lipat yang tergantung di samping rak buku. Tentunya kursi lipat akan menghemat ruang di dalam hunian dan juga membuat ruangan terasa lebih luas. Ketika tamu datang, kursi dapat dibuka namun jika tidak, tidak akan menganggu sirkulasi penghuninya. Meja bulat di ruangan ini bisa digunakan sebagai meja makan bersama.

Tepat di sudut ruangan juga terdapat kursi sofa dan meja kopi yang nyaman untuk membaca. Jendela kaca yang lebar tentu saja membuat ruangan terasa lebih terang dan juga luas karena cahaya yang terpantul pada dinding berwarna putihnya. Adanya lampu berdiri ke arah atas akan memberikan pencahayaan pantulan sehingga tidak akan terlalu mencolok mata nantinya.


Sedangkan tepat di bawah tangganya, terdapat rak-rak dengan pegangan putih di tengah raknya. Uniknya kabin rak ini dibentuk menyesuaikan kemiringan tangga. Rak kloset ini memiliki fungsi sesuai dengan ketinggiannya. Bisa dilihat seperti pada gambar, rak yang lebih tinggi akan dimanfaatkan untuk menyimpan baju sedangkan pada rak paling pendeknya untuk meletakkan sepatu. Didalam rak tersebut pun juga masih terdapat rak lainnya yang digunakan untuk aksesoris pakaian seperti jam tangan ataupun dasi.

Disamping rak pakaian ini terdapat pintu kaca transparan yang merupakan area kamar mandi hunian. Kamar mandi ini tentu terasa unik karena dapat diluar dari bagian luarnya. Selain itu juga terdapat jendela bundar ke arah kamar tidur yang tentunya menyalurkan pencahayaan dari jendelanya. Di dalam kamar mandi ini terdapat area shower dan juga wastafel. Untuk toiletnya sendiri berada di lantai atas dekat dengan pintu.


Lalu tepat di seberang kamar mandi dan kloset pakaian terdapat rak kayu yang tentunya menjadi salah satu hal menarik di dalam hunian ini. Almari kayu ini merupakan area servis untuk hunian yaitu dapur dan juga laundry. Adanya pintu kayu yang tampak seperti alamari ini akan membuat tampilan interior hunian selalu bersih ketika area tersebut tidak diperlukan.

Pada bagian kirinya terdapat meja dapur yang lengkap dengan berbagai macam peralatan. Mulai dari kompor listrik yang memberikan tampilan minimalis dan tidak ribet pada area dapur. Adapun rak bumbu dapur yang tersusun rapi pada bagian dinding belakangnya. Tentunya juga tersedia wastafel untuk mencuci peralatan makan dan juga rak penggantung di sebelahnya. Sedangkan untuk berbagai peralatan memasak dan makan lainnya tentu tersimpan di dalam rak bawah meja dapurnya. Desain yang sangat compact ini membuat hunian lebih minimalis dan juga rapi.


Lalu di sebelahnya terdapat mesin cuci berukuran mini dan juga berbagai peralatan kebersihan. Adapun meja lipat yang digunakan untuk menyetrika pakaian di dalam rak ini. Berbagai sabun pakaian ataupun pengharumnya tersimpan rapi dan aman di dalamnya. Unik dan juga menggemaskan.

Beranjak ke area kamar tidurnya. Kamar tidur ini sendiri terlihat bersih dan terang dengan dilingkupi warna putih pada berbagai sisinya. Di sebelah kasurnya terdapat meja dimana penghuni dapat meletakkan lampu tidur ataupun berbagai peralatan lainnya yang diperlukan. Sedangkan disisi lainnya terdapat jendela yang tentunya dapat dibuka di pagi hari agar udara segar masuk ke dalam hunian. Tentunya dapat tidur nyenyak di dalam kamar ini.

Berbagai macam furniture di dalam hunian memiliki bentuk dan tampilan yang serupa. Dapat dilihat dari berbagai macam meja ataupun kursi stainless steelnya. Adapun produk pada bagian dapurnya dibangun setelah dibuat terlebih dahulu prototipenya sehingga dapat terbayang di dalam hunian. Selain keunikan furniturenya tentunya material kayu oak menjadi material yang menonjol di dalamnya.

Meski memiliki kesan yang terbuka, namun di salah satu rak kayunya tersimpan satu blok yang berisi tirai geser. Tirai ini sendiri difungsikan sebagai pemisah antara ruang kamar tidur beserta kamar mandi dengan ruang tamu dan dapurnya. Hal ini dikarenakan kedua ruangan tersebut membutuhkan privasi lebih dan tidak nyaman jika dipandang langsung oleh tamu yang berkunjung. Dengan adanya tirai ini, kamar tidur dan kamar mandi terasa lebih privat dan nyaman.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter