article / Decoration / Unik! Ternyata Berbagai Alat Musik bisa di Daur Ulang jadi Perabotan, Kalian yang Musisi Pasti Tahu Alat Apa ini!
19 Desember 2019 3K Views

Unik! Ternyata Berbagai Alat Musik bisa di Daur Ulang jadi Perabotan, Kalian yang Musisi Pasti Tahu Alat Apa ini!

Kamu suka musik? Atau bahkan bisa memainkan alat musik? Tentunya tidak asing dengan alat-alat musik seperti Gitar dan Piano, bukan? Alat musik adalah salah satu intrumen pendukung terciptanya rangkaian nada dalam musik. Ada berbagai jenis alat musik dilihat dari cara memainkannya yaitu dipetik, dipukul, ditiup, ditekan dan digesek.

Semua Tentang Seni - blogger

Nah, seringkali setelah dipakai dalam waktu yang lama alat musikmu menjadi rusak atau usang. Eits, tunggu dulu! Jangan kamu buang atau simpan di gudang hingga menjadi rongsokan ya! Karena alat-alat musikmu bisa kamu daur ulang menjadi dekorasi menarik untuk kamar atau rumahmu. Hanya butuh sedikit polesan dan modifikasi, jadi deh! Yuk, simak pembahasan berikut ini.

 

Daur ulang alat musik tiup

Pinterest.com

Saxophone bisa kamu ubah menjadi tempat lampu yang cantik lho! Kamu tinggal beli bohlam lampu yang besarnya lebih besar daripada corong Saxophonnya, lalu pasang kabelnya didalam pipa Saxophone. Kamu juga bisa menambahkan tiang untuk menggantungkan Saxophone, atau kalau tidak kamu bisa menempelkannya saja di dinding dengan paku. Cantik ya!

Pinterest.com

Alat musik Clarinet di Indonesia mungkin belum banyak yang memilikinya. Namun bagi kamu yang punya alat musik ini, kamu dapat mengubahnya menjadi tiang penyangga lampu. Tinggal beli kap lampu yang bentuknya kamu sukai dan senada dengan warna Clarinet, lalu beli bohlam dan tempatnya, kemudian kamu pasang diatas Clarinetmu. Jadi deh, pajang lampu barumu di meja ruang tamu!

homnivorous.com

Tet..tet..Sebentar lagi tahun baru ya! Alat musik Terompet memang biasanya menghiasi perayaan-perayaan seperti tahun baru. Nah, kali ini kamu bisa memodifikasi Terompetmu yang berbahan logam menjadi tempat air mancur. Caranya adalah kamu letakkan Terompetmu di bagian pemancar air pada kolam. Supaya dapat berdiri tegak, kamu bisa tambahkan bebatuan disekeliling Terompet. Voila! Manis bukan?

Selain itu kamu bisa juga memodifiasi Terompetmu menjadi Vas bunga kering. Caranya sangat mudah, kamu tinggal beli seikat bunga kering yang kamu suka namun bertangkai tinggi, seperti lavender misalnya. Lalu masukkan kedalam corong Terompetmu. Kemudian gantungkan Vas barumu di dinding dengan paku seperti dibawah ini.

homnivorous.com

 

Daur ulang alat musik tekan


pinterest

Kalau alat musik yang satu ini, pasti sudah banyak yang tahu ya? Yup betul, Piano! Alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan ini ada berjenis klasik dengan berbagai bentuk. Bagi kamu yang mempunyai Grand Piano yang sudah usang atau rusak, kamu bisa ubah menjadi furniture baru yang sangat unik. Caranya buka kap penutup pada Piano, lalu singkirkan senar-senar dan isi didalamnya. Potong juga keempat kaki Piano, kemudian tambahkan sekat-sekat kayu. Sekarang Pianomu sudah nampak seperti Rak bukan?

Jika yang kamu miliki adalah Piano klasik berbentuk kotak tinggi, kamu bisa memodifikasinya dengan cara melubangi bagian atas kotaknya, kemudian tambahkan kaca dan lampu kecil didalamnya. Bagian bawah kotak, dapat kamu tambahkan rak kayu yang seukuran. Dengan demikian kamu telah menciptakan sebuah rak kayu multifungsi!

Decofurnish

 

Daur ulang alat musik petik 

Siapa yang tidak tahu alat musik Gitar? Gitar adalah salah satu alat musik yang sangat umum digunakan oleh semua kalangan dan usia. Lalu bagaimana jika Gitarmu rusak atau usang? Jangan takut, karena kamu bisa membuat banyak dekorasi dari Gitarmu itu. Salah satunya adalah menjadi lampu tidur. Kamu bisa memasang lampu didalam Gitarmu dan melukis body nya sehingga lebih menarik dipajang di kamarmu.


Pinterest.com

Atau kalau tidak, kamu bisa memotong setengah bagian dari body Gitarmu, lalu kamu jadikan penyangga kap lampu seperti dibawah ini. Tinggal pajang deh di ruang tamu!

Pinterest.com

Selain itu jika kamu membutuhkan sebuah rak baru, Gitarmu bisa juga kamu ubah menjadi rak lho! Caranya, kamu potong bagian depan Gitarmu, kemudian beri sekat-sekat kayu sebanyak yang kamu mau. Lalu tinggal kamu gantungkan di dinding dengan menggunakan paku. Rak baru siap menemanimu!

Pinterest.com

 Bila desain diatas semuanya menggunakan full body Gitar, lain halnya dengan desain dibawah ini. Yang kamu butuhkan hanya ujung Gitarnya saja. Kamu potong ujung Gitar dari body nya, lalu pasang pengait dibawahnya. Sekarang kamu punya gantungan baju baru yang unik!


Pinterest.com

 

Daur ulang alat musik gesek

Kamu tahu alat musik Cello? Ukurannya cukup besar dan tinggi, dan cara memainkannya adalah dengan digesek. Nah karena ukurannya yang besar, maka kamu bisa juga mengubah Cello menjadi rak. Nantinya rak ini akan dapat memuat banyak barangmu seperti baju, buku dan pajangan. Caranya adalah dengan membelah Cello menjadi dua bagian dan potong tangkainya. Lalu setengah bagiannya kamu poles dengan cara menyingkirkan pinggiran Cello tersebut, dan memasang sekat-sekat. Unik bukan?

Pinterest.com

Selain Cello, ada juga alat musik tiup bernama Biola. Ukurannya jauh lebih kecil daripada Cello, tapi bukan berarti kamu tidak bisa memodifikasinya. Biola yang sudah usang dapat kamu ubah menjadi tempelan lampu dinding seperti dibawah ini. Kamu hanya perlu menghilangkan senar-senarnya, kemudian potong tangkai Biola. Setelah itu pasangkan tempat lampu dari besi atau logam beserta lampunya.

SaveLights.com

 

Daur ulang alat musik pukul

Drum merupakan seperangkat alat musik pukul yang cukup terkenal. Biasanya Drum menjadi alat musik pelengkap Grup Band dan mengiringi tempo lagu. Drum sendiri terbagi atas beberapa alat dan punya nama serta fungsi masing-masing. Kamu dapat memodifikasi tiap bagiannya menjadi dekorasi unik.

Pinterest.com

Seperti bagian Bass Drum yang biasanya dipukul dengan menggunakan kaki dan cukup besar ukurannya, kamu dapat mengubahnya menjadi Rak televisi. Caranya adalah dengan menghilangkan salah satu sisi kulit Bass Drum, lalu kamu tambahkan sekat kayu. Kemudian tambahkan meja beserta tiang kecil untuk penyangga Televisi. Kini kamu bisa meletakkan DVD dan Speaker di rak buatanmu!

Bagian lain dari Drum yang bernama Simbal juga dapat kamu modifikasi menjadi Lampu dinding yang elegan seperti dibawah ini. Warna Simbal yang biasanya kuning keemasan tidak perlu kamu ubah, kamu hanya perlu memasang lampu pada belakang Simbal dan memberikan penyangga untuk dipasang di dinding. Bagus bukan?

Pinterest.com

Bagi kalian para Drummer, pasti tidak asing dengan bagian Drum bernama Snare. Nah, kamu bisa mengubah Snare Drum milikmu menjadi Jam dinding yang unik dibawah ini. Tidak perlu mengubah apapun, hanya penambahan jarum jam ditengah bulatan Snare dan mesin jam dinding dibelakangnya. Tidak perlu menambahkan angka penunjuk jam agar terlihat simpel dan chic.

Pinterest.com


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter