article / Home Decor / Layout Rumah Hunian Sederhana Untuk Pasangan Baru Menikah
26 Juni 2019 7K Views

Layout Rumah Hunian Sederhana Untuk Pasangan Baru Menikah

Ketika menjadi pasangan yang baru saja menikah, membangun rumah menjadi salah satu hal yang terbesit di dalam pikiran. Dana dan waktu yang terbatas pun menjadi sebuah kendala. Meskipun dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar, tentunya rumah tetap harus dapat menaungi kegiatan dan aktivitas sehari-hari dari orang yang tinggal di tempat tersebut. Rumah dengan dua kamar tidur pun tentunya menjadi sebuah pilihan. Mengapa dua kamar tidur? Hal tersebut adalah pemikiran jangka panjang dimana rumah perlu memiliki kamar tidur utama untuk pasangan dan kamar tidur untuk anaknya kelak. Berikut adalah beberapa contoh desain layout rumah hunian satu tingkat dengan dua kamar tidur untuk pasangan yang baru menikah.

Bentukan dasar layout rumah ini tergolong sederhana yaitu bentuk persegi. Ketika masuk ke dalam rumah, pengunjung langsung diihadapkan dengan ruang tamu sederhana. Lalu pada ruang berikutnya terdapat ruang makan dan area dapur yang terbilang cukup luas. Ruang makan ini sendiri juga menjadi ruang keluarga tempat seluruh anggota keluarga berkumpul. Sedangkan di area selanjutnya terdapat beranda untuk bersantai. Salah satu kamar tidur juga memiliki area beranda yang memperlihatkan ke luar bangunan dan juga kamar mandi dalam.

Layout rumah ini berupa bangunan yang memanjang ke belakang. Masuk ke dalam rumah ini, pengunjung langsung berada di area masuk berupa mudroom tempat penyimpanan sepatu dan perlengkapan lainnya. Rumah ini terbilang memiliki area privat dan publik yang jelas. Rumah terbagi dua dengan dinding yang memanjang. Pada area publik terdapat dapur, ruang makan, ruang keluarga yang sekaligus juga ruang tamu, dan beranda. Sedangkan pada sisi dinding lainnya terdapat kamar tidur utama dan kamar tidur anak, serta kamar mandi. Ruang transisi penghubung tiga ruang ini tepat berada di depan kamar mandi.


Bentuk rumah satu ini bisa terbilang tidak rumit. Ruangan paling depan tidak terdapat partisi pembatas antara ruang tamu dengan ruang makannya. Untuk dapur dindingnya didesain sekitar satu meter sehingga tidak menutupi pandangan ke area ruang makan dan ruang tamu.

Hampir serupa dengan desain sebelumnya yang langsung menghadirkan ruang tamu dan ruang makan di area depannya. Bedanya pada rumah ini, area privat seperti kamar tidur lebih tertutupi dengan adanya lorong di tengah-tengahnya. Kamar mandi di rumah ini pun cuma ada satu ruang saja jadi penggunaannya harus bergantian.


Membagi zona rumah menjadi tiga garis grid pun bisa dilakukan. Kamar tidur diletakkan bersebrangan dan ruang keluarga digunakan sebagai area penghubung kedua kamar. Pada kamar tidur utama terdapat kamar mandi dalam dengan bathub. Pada rumah juga terdapat ruang laundry yang terletak di dekat ruang dapur. Beranda di rumah pun menambahkan keasrian rumah.

 


Menjadikan ruang makan, ruang tamu, dan ruang keluarga menjadi satu dapat menghemat ruang dalam rumah. Desain dapur pun cukup mungil sehingga tidak memakan banyak tempat. Terlihat jelas dalam rumah ini tidak ada ruang yang tersia-siakan.

Kembali ke rumah dengan lahan memanjang, desain satu ini terlihat nyaman dan juga sederhana. Lorong dan dapur menjadi area transisi menuju kamar dan kamar mandinya. Beranda mini di area ruang keluarga menambahkan kesejukan untuk rumah huni ini.

Banyak sekali hal menarik di dalam desain rumah satu ini. Beranda dengan bentuk segitiga ini memberikan ruang privasi sekaligus ruang untuk bersantai kepada pemilik kedua area kamar tidur. Dengan bentukan memanjang yang tidak besar, sudah tergolong cukup nyaman untuk dihuni. Berbeda dengan desain kebanyakan sebelumnya, area kamar tidur diletakkan pada area lorong depan. Sedangkan ruang tamu dan keluarga serta dapur dibuat lebih ke dalam rumah. Untuk kamar mandi, hanya terdapat satu kamar mandi bersama di rumah yang terdesain cantik ini.

Desain layout untuk rumah pasangan baru tentunya harus memikirkan penggunaan ruang yang sederhana dan pemikiran panjang ke depannya. Tiap ruangan pun bisa digunakan secara multifungsi sehingga ruangan dapat digunakan secara berkala tidak menjadi ruangan yang tersia-siakan.

sumber: layout rumah huni


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter