article / Landscape / Inilah 8 Desain Penataan Lanskap Halaman Belakang yang Bikin Rumah Jadi Lebih Cantik dan Atraktif!
19 Maret 2018 666 Views

Inilah 8 Desain Penataan Lanskap Halaman Belakang yang Bikin Rumah Jadi Lebih Cantik dan Atraktif!

Mempunyai halaman belakang di rumah tentunya tidak sekedar dijadikan tempat pepohonan ataupun kebun saja. Perlu penataan yang baik sehingga halaman belakang dapat dimaksimalkan dengan baik meski ukurannya kecil ataupun besar. Adapun tempat bersantai dan juga berkumpul dapat diterapkan di halaman ini. Tentunya dengan desain yang baik, halaman belakang itu pun bisa menjadi tempat refreshing untuk keluarga di rumah. Berikut beberapa desain penataan halaman belakang rumah yang menjadikan rumah lebih nyaman dan sejuk untuk digunakan.

1. Area Berendam Santai

 
jacuzi via houzz

Halaman belakang yang berbatasan langsung dengan area tetangganya dapat dijadikan area semi-privat dengan meletakkan dinding pembatas kayu seperti pada gambar. Pada desain ini, terdapat berbagai kontur tanahnya yang dinaikkan atau pun diturunkan dari ketinggian lantai dasar rumah. Penataan bebatuan pada tanah dasar ini memberikan tampilan yang rapi dan besih untuk halamannya. Di sekeliling dinding kayu pembatas, ditanami dengan berbagai jenis tanaman. Adapun area lantai kayu yang difungsikan sebagai area berendam dan berjemur memberikan kesan hangat dan juga eksotis.

2. Desain Melengkung

pelingkup fleksibel via pinterest

Memberikan konsep melengkung pada lanskap halaman rumah tentunya tidak boleh tanggung-tanggung. Desain halaman satu ini memberikan suasana akrab dengan bentuk lengkungnya. Baik dari penataan lantai, bentuk kolam, sofa, hingga pagar pelingkup tanamannya menunjukkan garis lengkung yang luwes dan juga fleksibel. Tentunya desain ini memberikan kenyamanan tersendiri untuk orang yang berada di dalamnya.

3. Halaman dengan Suasana Musim Panas


halaman luas dan lapang via curbed

Halaman belakang yang berada di rumah San Fransisco ini dapat lebih mudah dirawat dibandingkan berbagai halaman hijau lainnya. Perpaduan kerikil, pagar kayu, dan juga deknya menjadikan tampilan halamannya sederhana dan bersih. Selain itu, tanah kerikil membuat area halaman belakang rumah dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam acara, seperti barbekyu, ataupun berkumpul bersama teman dan keluarga. Jalur jalan papan kayu yang dibuat diagonal menjadikan halaman ini terasa tidak monoton dan juga unik.

4. Area Makan dan Berkumpul Outdoor

kesan bersih dan elegan via pinterest

Area ground atau tanah pada outdoor ruangan tidak harus dilungkupi dengan kerikil ataupun tanah, rerumputan. Dengan dipasangkannya ubin material bebatuan ini, area outdoor terlihat berkelas dan juga lebih terang dan bersih. Halaman belakang yang ditinggikan memberikan interaksi yang unik dengan adanya elemen air seperti pada gambar. Seluruh pagar dinding kayu dihiasi dengan tumbuhan vertikal memberikan nuansa alam yang menyegarkan.


5. Desain Serba Alam

berbagai material alam dalam desain via pinterest

Dari material tanah hingga furniturenya memberikan kesan yang sangat alami. Tidak hanya satu saja, namun juga beragam nuansa alam dihadirkan pada halaman belakang rumah. Dari dek kayu, lahan kerikil, ubin batu, hingga bangku dan meja bermaterialkan batu menghiasi halamannya. Berbagai warna netral tersebut dihidupkan dengan tanaman dan pepohonan hijau disekeliling dindingnya.

6. Perpaduan Bentuk Geometri pada Halaman


taman melingkar dan ubin diagonal via pinterest

Bentuk lanskap halaman tidak harus selalu memiliki grid yang kaku seperti kotak ataupun garis lurus. Memadukan dua hal kesan tersebut juga bisa dilakukan pada desain. Rerumputan dengan pola melingkar dikombinasikan dengan garis rigid diagonal dari ubin bebatuannya. Uniknya pada desain ini halaman terasa terbagi menjadi dua dan memberikan kesan alami dan elegan dalam satu area.

7. Penataan Unik Jalur Lahan Lanskap

jalur jalan unik via pinterest

Keunikan sebuah lanskap tidak hanya pada penataan furniture ataupun tanaman, tetapi juga lahan tanah bisa menjadi perhatian. Lanskap dengan penataan yang baik akan terasa cantik jika dilihat dari lantai atas bangunan rumah. Berbagai walkway atau alur jalan memiliki garis ubin yang beragam sehingga berjalan dihalaman ini akan terasa lebih menyenangkan.

8. Area Api Unggun

api unggun di halaman belakang via contemporist

Halaman belakang yang satu ini tergolong unik dan menarik. Didesain modern, halaman belakang rumah juga dilengkapi dengan area bersantai dan juga api unggun. Akan cocok untuk berkumpul bersama dan mengakrabkan diri dengan sahabat. Baik desain pelingkupnya hingga lantai dek dan tanah kerikil memberikan tampilan yang kalem dan asri.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter