article / Home Office / Beginilah Penampakan Perpustakaan Mini dalam Rumah yang Bikin Kamu jadi Lebih Gemar Membaca
28 September 2017 1K Views

Beginilah Penampakan Perpustakaan Mini dalam Rumah yang Bikin Kamu jadi Lebih Gemar Membaca

Bagi pecinta buku, tentu memiliki ruang tersendiri untuk buku-buku mereka menjadi suatu kebutuhan ruang dalam rumah. Koleksi buku yang banyak akan memakan ruang yang banyak pula dalam rumah. Akan tetapi beberapa desain untuk rumah ini menunjukkan kemudahan dalam penyimpanan buku. Tidak sekedar rak, ruangan pun dibuat estetik dan tentunya memberikan keunikan tersendiri dalam rumah. Berikut beberapa desain ruang untuk buku di dalam rumah.

1. Hemmelig Rom, US, by Studio Padron

hemmelig Rom

Hemmelig Rom

Rumah dengan eksterior yang cukup menarik yaitu serba hitam ini memiliki ruang yang cocok sebagai perpustakaan. Dinding di setiap sudut bangunan dilengkapi dengan dinding dan rak-rak built-in dari balok kayu yang disusun sehingga memiliki beragam ukuran. Selain menjadi penghias dinding di dalam rumah, tentunya hal ini juga sangat berguna untuk menyimpan koleksian bukumu.

2. Library House, Japan, by Shinichi Ogawa & Associates

Library House


Rumah yang satu ini memang dikhususkan untuk mereka yang mengkoleksi dan gemar membaca. Berkebalikan dengan rumah sebelumnya yang serba hitam, rumah ini memiliki eksterior bangunan serba putih. Namun tidak hanya luarnya saja, melainkan bagian dalamnya juga serba putih. Letak istimewa dari rumah ini ada pada rak buku yang berada di salah satu dinding memanjang lebar dari dinding sebelah kiri hingga dinding pembatas di sebelah kanan. Selain adanya rak buku, skylight pun menjadi tempat cahaya alami masuk ke dalam ruangan yang satu ini.

3. Pedro Reyes House, Meksiko, by Pedro Reyes and Carla Fernandez

Pedro Reyes House


Mendesain untuk rumahnya sendiri tentunya hal ini menjadi sesuatu yang wajar apalagi jika memang orang tersebut adalah penggiat seni. Pedro Reyes yang merupakan seorang seniman dan istrinya yang seorang desainer fashion mendesain perpustakaan dua tingkat yang unik dalam rumah. Dengan material beton, rak-rak buku, dinding, lantai, dan juga langit-langit membuat keunikan rumah ini menjadi eye-catchy.

4. Albion Barn, UK, by Studio Seilern Architects

albion barn

Albion Barn


Untuk ruangan yang satu ini berada di sebuah bangunan hasil renovasi dari gudang lumbung sehingga bangunan ini dapat difungsikan sebagai ruang kerja dan juga pameran. Untuk ruang perpustakaannya sendiri berada di sebuah ruang dengan pintu rahasia menuju ke dalamnya. Jika di keseluruhan rumah ini mendapatkan pencahayaan alami, akan berbeda dengan ruangan yang satu ini. Ruangan dengan rak buku di keempat sisi dindingnya memiliki penerangan yang remang-remang. hal ini dikarenakan desainer ingin ruangan membaca memiliki suasana yang intim yang sangat bertolak belakang dengan ruangan lain di sekitarnya.

5. Greenwood Road, UK, by Ben Kilburn

Greenwood Road

Seorang arsitek asal London, Ben Kilburn mengubah layout rumah gaya Victorian dari tiga buah ruang flat menjadi satu rumah yang utuh. Tidak hanya menjadi 3 tingkat, rumah ini bahkan didesain dengan perpustakan double-height dimana ketinggian perpustakaan mencapai ke lantai dua. Tentunya area penyimpanan buku ini dapat diakses melalui ruang keluarga di lantai dasar dan juga atasnya.

6. Urban Cabin, UK, by Sam Jacob

Urban Cabin

urban cabin

Salah satu proyek Urban Cabin dari MINI Living project yaitu membuat rumah dengan luasan 15 meter persegi. Kabin mini ini pun ternyata memiliki ruang perpustakaan mini di dalamnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk protes dengan banyaknya penutupan perpustakaan publik di Inggris. Perpustakaan ini sendiri dibuat dengan adanya rak dan dinding transparan akrilik di beberapa bagian. 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment

Muhammad Husni Aziz
29 September 2017
Keren
 

LEAVE A COMMENT


invisible hit counter