article / Building / Desain Rumah Empat Lantai Minimalis di India dengan Lahan Terbatas 55 Meter Persegi yang Bikin Hunian Lebih Estetis dan Nyaman
29 Agustus 2018 166 Views

Desain Rumah Empat Lantai Minimalis di India dengan Lahan Terbatas 55 Meter Persegi yang Bikin Hunian Lebih Estetis dan Nyaman

Rumah hunian dengan luas lahan 55 meter persegi terdiri dari empat lantai yang berlokasi di Bengaluru, India. Desain minimalis yang sangat unik dan ramping diterapkan pada rumah oleh Rohan Ashwin Architects. Dikarenakan lahan yang terbatas, huniannya pun perlu disesuaikan ukurannya. Ditambah lagi batas antar bangunan yang tidak lebar, menjadi sebuah tantangan bagi sang arsitek dalam mendesain massa rumahnya.

Memasukkan cahaya dan udara ke dalam rumah harus dipertimbangkan dengan mendesain fasad dan ruang dalam interiornya. Jalanan utama dan pintu utama huniannya menghadap ke arah barat dimana sumber cahaya masuk karena di ketiga sisi lainnya tertutup oleh badan rumah hunian lainnya. Adanya bukaan di arah barat dan juga atap, membuat rumah jadi lebih terang dan nyaman.

Pada fasad depan rumah, tampak hunian empat lantai yang didesain unik dengan garis horizontalnya. Fasad yang beragam menjadi keunikan tersendiri pada rumahnya. Berbagai sudut dirancang dengan lahan terbuka dan dinding kaca dengan shading horizontal. Dinding putihnya mencerminkan tampilan minimalis yang berbeda dari tampilan rumah di sebelahnya.

Di denah lantai dasarnya, terdapat garasi kendaraan yang cukup untuk satu mobil dengan satu kamar studio yang dilengkapi dengan ruang tamu, tempat tidur, dapur, dan juga kamar mandinya. Lantai ini tentu saja dapat difungsikan sebagai ruang tidur tamu yang akan menginap di rumah. Antara pemilik dan tamu pun tetap memiliki privasi yang terjaga dengan baik. Adapun ruang di lantai ini bisa menjadi lantai yang dapat disewakan.


Untuk menuju ke hunian utamanya, pemilik ataupun pengunjung perlu menaiki tangga yang terletak di luar ruangan. Tangga yang berada di samping pintu masuk tersebut langsung diarahkan menuju teras dimana juga terdapat taman berukuran mini yang membuat rumah terasa lebih asri.

Begitu masuk ke dalam rumah, pengunjung langsung dihadapkan pada area ruang tamu dengan sofa yang cukup nyaman. Ruang tamu didesain dengan langit-langit yang tinggi karena adanya void sehingga ruang terasa lebih luas. Ditambah lagi dengan penggunaan warna putih serta adanya ventilasi cahaya yang dirancang dari susunan garis horizontal yang lebar. Tirai tingginya pun tersedia jika diperlukan untuk menutup sisi dinding tersebut. Ruangan yang dilengkapi dengan televisi dan juga meja kopi segitiga terlihat unik dan pas dengan besaran ruang.

Dibalik ruang tamunya terdapat area dapur memanjang dengan dua meja dapur. Tak lupa pula terdapat penyerap asap sehingga di dalam ruangan kecil yang minim ventilasi ini, ruangan tetap terasa nyaman. Perpaduan warna putih dan hitam tentunya memberikan suasana minimalis elegan yang membuat hunian tampak lapang dengan warna putihnya. Dengan penerangan sederhana, setiap sudut terpantulkan cahaya lampu di langit-langitnya.


Selain ruang tamu dan dapur, juga terdapat ruang makan, ruang ibadah, serta toilet. Ruang ibadah berupa ruang puja dirancang dengan ukuran minim dimana terdapat patung dewa untuk beribadah. Ruangan tersebut di lingkupi dinding dan juga pintu kaca sehingga orang di dalam hunian tidak sembarangan keluar-masuk dalam ruang puja.

Ruang makan yang berada pada bagian fasad depan hunian, mendapatkan pencahayaan alami dari jendela kaca yang tentunya terfilter oleh shading horizontal sehingga tidak terlalu panas ataupun silau. Meja dan kursi berwarna putih menghiasi ruangan ini dengan cantik dengan cerah. Tangga menuju bagian atasnya pun dirancang unik dengan railing besi pada dinding dan sekat tali tambang di sisi lainnya. Estetik dan unik.


Untuk lantai tiganya terdapat area kamar tidur dengan kamar mandi dalam. Adapun void menjadi bagian dalam membentuk langit-langit tinggi untuk ruang tamu ataupun ruang keluarga. Tepat di bawah tangga naik-turun ke lantai atas berikutnya, terdapat ruang belajar atau ruang kerja yang bisa dibilang cukup luas. Dengan desain meja sederhana dan simple, hingga rak kayu yang memberikan tampilan rapi dan bersih. Tak lupa pula disekitar area void dilengkapi railing besi untuk keamanan.

Lantai empat, lantai paling atas rumah hunian difungsikan sebagai ruang privat pemilik huniannya. Terdapat dua kamar tidur yang lengkap dengan kamar mandi dalamnya. Satu kamar tidur utama, sedangkan satunya lagi kamar tidur anak dengan ukuran yang lebih kecil dari kamar utama. Pada ruang tengah lantai terdapat area duduk santai yang berperan sebagai mini lobi di lantai ini. Dudukan yang terpasang pada dinding dapat digunakan untuk duduk santai atau meletakkan berbagai macam hiasan unik.

Kamar tidur utama dengan kasur queen sizenya dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti AC dan juga area balkon luas. Balkon tersebut tentunya menjadi salah satu area agar kamar tidur utama mendapatkan cahaya dan udara. Balkon yang cukup lebar ini juga dapat digunakan untuk menikmati pagi ataupun sore hari sambil menikmati minuman hangat. Adapun berbagai macam tanaman terdapat pada pot di sekitar dindingnya.

Uniknya pada bagian tangga menuju lantai teratas ini, atapnya menggunakan kaca sehingga cahaya masuk langsung dari atas. Terdapat pula pintu di ujung tangga yang difungsikan untuk mengakses ruang utilitas dan juga teras atap yang bisa digunakan untuk bersantai ataupun melakukan berbagai macam kegiatan seperti menjemur pakaian ataupun bahan makanan.

Jadi, bagaimana menurut Anda desain hunian minimalis satu ini?

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter