article / Building / Rumah Terbuka di Singapura yang Nyaman Untuk Bersantai dan Berkumpul Bersama Keluarga
02 Mei 2018 69 Views

Rumah Terbuka di Singapura yang Nyaman Untuk Bersantai dan Berkumpul Bersama Keluarga

Singapura menjadi salah satu negara yang dikenal sangat maju dengan teknologi dan kebersihannya. Rumah di negara ini pun juga bisa dibilang juga didesain sangat menarik dan juga cantik. Salah satunya adalah rumah yang didesain oleh Wallflower Architecture ini. Memiliki luasan area sekitar 463 meter persegi, rumah memanjang ini dirancang dengan dua lantai utama dan satu lantai loteng.

Dari depan terlihat rumah ini memiliki bentukan yang unik. Penggunaan material kayu dan juga dinding berwarna putih pada bangunan menjadi perpaduan klasik yang terlihat dari luar. Tampilan rumah dengan garis vertikal dan juga fasad berlayer memberikan tampilan yang formal namun juga menawan. Warna putih dan juga material kayu sendiri merupakan tampilan utama pada hunian ini yang akan terlihat di berbagai sudut interior rumah.

Setelah melewati pagar rumah ini, pengunjung akan diperlihatkan kolam air yang terdapat disebelah parkiran kendaraan. Kolam air sendiri selain berfungsi untuk menyejukkan rumah, akan menjadi tampilan awal yang sangat baik bagi orang yang baru saja mengunjungi rumah ini. Pada bagian luar dari dinding rumahnya terdapat dek kayu sebagai penghubung lantai luar yang mengitari bangunan dari depan hingga belakang.

Uniknya, meski pintu rumah berada di sudut bangunan, namun tamu dapat langsung mengakses ruang tamunya melalui dek kayu. Jendela kaca geser menjadi dinding pelingkup ruangannya. Ruang tamu dengan pemandangan terbuka ke halamannya terasa sangat cozy dan juga nyaman. Pemilihan dan tata letak furniturenya juga sangat pas di dalam ruangannya.


Ruang tamu pun juga terhubung dengan ruang makan besar yang berada di sebelah tangganya. Desain yang sangat terbuka pada hunian memberikan kesan yang ramah pada tamunya. Ditambah lagi ruangan serba putih ini menampilkan ruang yang luas dan juga bersih. Pada bawah tangga terdapat kolam air memanjang yang menambah keasrian ruangannya.

Lalu untuk dapurnya juga tampak desain yang elegan dan bersih dengan keseluruhan warna putih pada rak dan mejanya. Tampilan yang bersih menjadi hal yang utama pada sebuah dapur karena ditempat inilah makanan dibuat. Dapur ini juga menjadi jalur tamu menuju ke kamar tidur tamu dan juga kamar mandi.


Untuk lantai dua yang berada di atasnya, setelah menaiki tangga, ruang keluarga untuk bersantai dan mengakrabkan sudah tersaji. Ruangan ini pun menjadi penghubung antar kamar tidurnya. Pada lantai ini terdapat tiga kamar tidur dimana kamar tidur utama berada pada bagian paling depan dengan pemandangan ke jalan utama rumah. Kamar tidur utamanya memiliki ukuran yang cukup besar dan dilengkapi dengan kamar kloset pakaian terpisah dan juga kamar mandi yang luas. Sedangkan untuk dua kamar tidur lainnya juga dirancang dengan kamar mandi dalam.

Naik ke atasnya lagi, terdapat lantai loteng. Area ini bisa dibilang area yang sangat terbuka dan juga nyaman untuk bermain dan belajar. Fasilitas ruang belajar, ruang keluarga, dan juga teras atap menjadi bagaian yang menonjol pada rancangan rumah ini. Area bersantai pada rumah membuat hunian terasa lebih nyaman dan juga rileks.


Ruang keluarga pada lantai loteng dilingkupi dengan dua sisi dinding kaca yang menghadap ke pemandangan di luarnya. Penataan ruangan yang simple, serta tirai vertikal yang terpasang pada jendelanya memberikan kesan ruang yang tinggi. Plafonnya pun dilengkapi dengan kipas angin yang tentunya dapat mengontrol angin pada musim panas ataupun dingin di dalam ruangannya.

Belajar dan juga bekerja di rumah menjadi hal yang juga harus dilakukan, maka dari itu ruang belajar pada rumah ini didesain rapi. Ruangannya dilengkapi dengan meja, komputer, dan juga sofa santai. Sofa yang nyaman tentunya menjadi hal yang harus dimiliki agar pemilik hunian dapat membaca buku dalam keadaan santai. Ruangannya pun didesain terang dengan adanya bukaan jendela pada salah satu sisinya. Ruang belajar ini dapat diakses langsung dari kamar tidur utama melalui tangga.

Teras atap rumah menampilkan suasana yang hangat, bukan hanya karena bagian terbukanya namun baik plafon maupun lantainya didesain dengan kayu. Area ini sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga besar ataupun teman-teman. Bisa menjadi area barbeque ataupun pesta privat. Makan bersama pun jadi lebih menyenangkan dengan disajikannya pemandangan lingkungan sekitar.

Desain rumah dengan dinding kaca serta layer shading pada pelingkupnya membuat cahaya alami yang masuk tidak berlebihan. Rumah ini pun memiliki kesan yang terang dan juga bersih karena tampilan warnanya. Keseluruhan lantai dihubungkan dengan tangga yang tentunya juga lebar dan terang. Lampu dinding berjejer pada bagian bawah tangga memberikan penerangan pada malam hari, sehingga akan tetap aman untuk menaiki atau menuruni tangga.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter