article / Building / 8 Stadion Olahraga yang Punya Desain Arsitektural Unik dan Cantik! Turis pun Menikmati Keindahan Bangunan Ini
04 April 2018 104 Views

8 Stadion Olahraga yang Punya Desain Arsitektural Unik dan Cantik! Turis pun Menikmati Keindahan Bangunan Ini

Stadion olahraga di berbagai negara tentu memiliki desain yang unik. Tidak hanya berfungsi dengan baik, sebuah stadion tentunya harus kokoh dan juga memiliki nilai estetika tersendiri. Hal ini dikarenakan stadion akan banyak didatangi oleh berbagai kalangan ketika sedang diadakan pertandingan di dalamnya. Penampilan pastinya menjadi nilai plus agar orang-orang ingin menonton pertandingan olahraga tersebut secara langsung. Berikut beberapa stadion olahraga yang didesain secara estetik oleh arsitek ternama.

1. Beijing National Stadium, Beijing, China

Stadion yang bermula aktif pada tahun 2008 ini digunakan untuk olimpic musim panas di Beijing. Stadion ini sendiri dikenal sebagai bird nest yang bearti sarang burung. Hal ini dikarenakan eksterior stadionnya yang terdiri dari kisi-kisi baja yang membentuk sebuah sarang. Stadion ini pun menjadi salah satu stadion tercantik di dunia.

Sang desainer yaitu Herzog & de Meuron dan Ai Weiwei mempelajari hal-hal mengenai desain China. Dari filosofi hingga impretasi sebuah keramik menjadi dasar pendesainan stadion ini. Stadion dengan panjang 320 meter dan ketinggian 70 meter ini memiliki kapasitas kursi penonton sebanyak 100.000 bangku. Stadion ini pun banyak dikunjungi karena menjadi sebuah ikonik tersendiri bagi publik dan wisatawan.

beijingbirdsnest.wordpress

2. Oita Bank Dome, Oita, Jepang

Stadion ini tentunya menjadi saksi kemeriahan pertandingan Piala Dunia FIFA 2002. Didesain oleh arsitek Jepang bernama Kisho Kurokawa, stadion ini diberi julukan 'Big Eye'. Alasan dari pemberian nama ini adalah bukaan di atapnya yang dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan keadaan di area tersebut. Bentukan atap ovalnya ini tampak seperti sebuah mata raksasa.

Stadion ini juga meraih penghargaan sebagai Stadion terbaik di Planet tahun 2001 oleh Architecture Week. Bangunan ini tidak hanya tampak cantik dan megah dari luar namun juga pada bagian dalamnya seperti koridor ataupun bagian lainnya. Ketika malam hari, stadion yang dipenuhi dengan cahaya lampu ini terasa indah dan berkilauan.

homesthetics

3. Baku Crystal Hall, Baku, Azerbaijan

sealeco

Stadion dengan bentukan fasad seperti kristal ini hanya dibangun dalam kurun waktu delapan bulan saja. Hal ini tentunya membuat stadio diberikan julukan Baku Miracle yaitu keajaiban. Stadion ini didesain oleh biro arsitektur asal Jerman yaitu GMP Architekten.


Stadion ini dirancang dan dibangun secara cepat agar dapat digunakan untuk acara kontes Eurovision Song. Bangunan ini digunakan untuk stadion olahraga dan juga hall konser yang dapat menampung sekitar 25.000 pengunjung. Pada fasad baja transparannya itu dipasangnya sekitar 9500 LED yang akan membuat stadion terlihat menarik pada malam hari. Lampunya yang mewarnai stadion itulah yang tampak seperti sebuah kristal pada stadion ini.

insidethegames

4. Soccer City Johannesburg, Johannesburg, Afrika Selatan

pinterest

Tentunya kita masih ingat dengan lagu Waka-waka dari Shakira yang booming pada tahun 2010 itu. Yap! Stadion inilah tempat dimana piala dunia FIFA 2010 digelar di Afrika. Stadion ini didesain sebagai simbol dari kebudayaan Afrika yang modern dan juga historikal. Bangunan ini pun direnovasi dan dibangun kembali dengan sangat cantik oleh Populous.

ontheterraces.wordpress


Fasad stadion yang sangat unik ini didesain dengan sistem cladding dimana panel fiber yang terbuat dari material lokal digunakan untuk menutupi fasad bangunan. Panel-panel penutup tersebut terdiri dari warna coklat dan krem sehingga bangunan tidak terasa monoton. Adapun bagiannya yang berlubang sehingga membuat fasad lebih variatif dan menjadi lubang sirkulasi untuk stadionnya. 

5. AAMI Park, Melbourne, Australia

Bentukan eksterior stadion yang menampilkan siluet atap dome geodesik ini meraih penghargaan stadion ikonik dunia pada Stadium World Congress Awards tahun 2012. Bentukan bioframennya yang unik memperlihatkan struktur bangunan yang kokoh namun tetap indah dipandang.

Stadion ini sendiri baru dibuka pada pertengahan tahun 2010 dimana terdapat 30.050 bangku di dalamnya. Bangunan ini didesain oleh perusahaan arsitektur asal Australia yaitu Cox Architecture. Tempat ini sendiri menjadi rumah bagi tim olahraga asal Australia termasuk pemain rugby Melbourne Storm dan juga sepak bolanya yaitu melbourne Victory FC. Selain menjadi stadion olahraga, tempat ini juga dapat digunakan untuk menggelar konser, seperti pada tahun 2011 difungsikan untuk konser Foo Fighter, Wasting Light World Tour.

australiandesignreview

6. Allianz Arena, Munich, Jerman


Stadion ini merupakan venue olahraga terpopular di Jerman. Didesain oleh Herzog & de Meuron, stadion ini terkenal sebagai rumah tim sepak bola ternama Jerman yaitu Bayern Munich. Sekilas stadion ini tampak biasa saja, namun fasadnya yang dapat berganti warna ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. dalam pendesainan stadion ini, sang arsitek fokus pada tiga kunci utama yaitu tampilan stadion yang dapat berubah di lanskap lapang, penyambutan pada pengunjung yang datang dan yang ketiga adalah interior dari stadion itu sendiri.

Stadion dengan kapasitas 66.000 penonton ini menggunakan panel berbentuk belah ketupat pada fasadnya. Panel sebanyak 1056 ini memberikan warna beragam yang membuat sebuah pola ilusi seakan-akan bergerak. Alur masuk stadion yang jelas tentunya membuat stadion ini terlihat ramah bagi penggunanya. Meski tidak banyak dekorasi, tampilan berwarna pada fasad sudah menjadi khas dari stadion ini.

chelseanewsletter.wordpress

7. Stadium at Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris

Dikenal sebagai stadion olympic, tempat ini merupakan area berlangsungnya olympic dan paralympics musim panas London tahun 2012. Bangunan yang pertama kali dibuka pada tahun 2012 ini didesain oleh biro arsitektur Populous dengan kapasitas penonton sebesar 80.000. Bentukan stadion yang tampak seperti mahkota ratu ini tentunya menarik perhatian publik. Stadion ini pun masuk dalam nominasi 'Prestigious RIBA Stirling Prize for Architecture' di tahun 2012.

Stadionnya didesain dengan kerangka segitiga runcing sehingga terlihat seperti tiara mahkota. Segitiga runcing yang terlihat menonjol itu juga merupakan tempat lampu untuk menerangi stadion. Dengan berlapis-lapis kerangka baja, tidak hanya eksteriornya saja yang terlihat indah, namun juga atapnya terlihat cantik dilihat dari dalam stadion.

wikipedia

8. Aviva Stadium, Dublin, Ireland

Stadion ini merupakan rumah untuk tim rugby dan sepak bola nasional negara ini. Bentukan atap melengkungnya yang juga menjadi bagian pada fasadnya merupakan daya tarik dari stadion ini. Ditambah lagi penggunaan material polikarbonat transparan pada fasad dan atap membuat cahaya alami masuk ke dalam bangunannya.

Stadion yang menghabiskan $562 juta ini didesain oleh Populous dan Arsitek British dan Irish yaitu Scott Tallon Walker. Stadion yang dibuka pada tahun 2010 ini memiliki kapasitas bangku sebanyak 51.700. Bangunan ini juga meraih penghargaan internasional di tahun 2011 pada kategori British Costruction Industry Awards.

bancrete

 

 

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter