article / Building / Tak Disangka, 17 Bangunan di Berbagai Belahan Dunia Mirip Seperti Hewan! Di Indonesia juga Ada Loh, Ayo Tebak Hewan Apa Saja?
04 Januari 2018 396 Views

Tak Disangka, 17 Bangunan di Berbagai Belahan Dunia Mirip Seperti Hewan! Di Indonesia juga Ada Loh, Ayo Tebak Hewan Apa Saja?

Sebuah bangunan berbentuk rumah atau gedung umumnya didesain dengan tema dan bentuk yang sesuai dengan keinginan sang pemilik. Kreatifitas arsitek yang merancangnya juga diperlukan agar bangunan dapat terwujud sesuai dengan rencana. Namun bagaimana jika bangunan yang dirancang mempunyai bentuk yang tidak biasa, yaitu hewan? Wah, unik juga ya. Ternyata bangunan berbentuk hewan banyak terdapat di belahan bumi ini, termasuk di Indonesia! Penasaran bangunan apa saja yang dimaksud? Simak artikel dibawah ini.

1. The Sheepdog Building, New Zealand

ChinaDailyWebsite

Siapa yang menyangka bahwa bangunan berbentuk anjing penggembala ini ternyata adalah tempat yang menjadi pusat informasi turis? Bangunan unik yang terletak di kota Tirau, Selandia Baru juga dilengkapi dengan toilet umum, tempat parkir dan juga taman lho! Pembangunan gedung ini diprakarsai oleh penduduk lokal bernama John Drake dan Henry Clothier. Mereka menyelesaikan bangunan ini pada tahun 1998.

2. The Elephant Building, Thailand

pinterest

Coba tebak bangunan ini berbentuk seperti hewan apa? Ya betul, Gajah! The Elephant Building, nama bangunan ini, adalah sebuah gedung bertingkat di kota Bangkok, Thailand. Kolaborasi antara Dr.Arun Chaisaree dan arsitek Ong-ard Satrabhandhu menghasilkan bangunan yang memiliki 32 lantai dan tinggi 102 meter ini. Berdiri menjulang di daerah Chatuchak, bangunan keren ini ternyata digunakan sebagai Kantor, Apartemen, Bank, Plaza, Lapangan rekreasi dan Kantor Pos. 

3. Snail House, Bulgaria

pinterest

Sesaat terlihat lucu ya saat melihat bangunan yang dicat dalam beberapa warna sekaligus ini. Bentuknya memang seperti siput, namun pada bagian kepalanya terdapat mata, hidung dan kumis dan tanduk. hahaha..

Bangunan ini ternyata adalah rumah dari arsitek lokal di kota Sofia, Bulgaria bernama Simeon Simeonov. Rumah keluarga ini bertingkat lima dan desainnya menggabungkan antara furnitur antik dari nenek moyang Simeon. Rumah ini juga dilengkapi dengan radiator pemanas lucu berbentuk kumbang dibagian atas. Lucu ya!

4. Frank's Hog Stand, Amerika Serikat

frankie

Rumah lucu berbentuk babi merah muda ini berada di San Antonio, Amerika Serikat. Dulunya daerah yang diberi nama Frank's Hog Stand ini merupakan kandang dan penjagalan babi pada tahun 1920an, dengan penanda berupa rumah babi. Sekarang daerah ini bukan lagi kandang dan tempat jagal, namun rumah babi ini masih dipertahankan dan berdiri sebagai restoran.

5. Big Duck, Amerika Serikat

frankie

Kota New York terkenal dengan gedung pencakar langit yang tinggi dan bertingkat. Tetapi di daerah Flanders, New York, Amerika Serikat, kamu akan mendapati gedung unik yang berbentuk bebek putih raksasa. Bangunan ini didirikan oleh Martin Maurer pada tahun 1931 dengan tinggi 6 meter dan lebar 5 meter. Martin yang merupakan peternak bebek menggunakan bangunan ini sebagai toko untuk menjual bebek dan telur bebek. Pantas saja bentuk bangunan ini mirip seperti bebek ya!

6. Kindergaten School, Jerman


petslady

Coba tebak bangunan mirip kucing ini berfungsi sebagai apa? Nah, mungkin tidak banyak yang menyangka bahwa bangunan ini adalah sekolah taman kanak-kanak(TK) ya! Cara pengajaran di TK umumnya masih bersifat menyenangkan dan banyak terdiri dari permainan untuk mengasah kreativitas anak. Hal ini yang menjadi alasan sebuah TK di Karlsruhe, Jerman, memilih untuk membangun sekolah mereka berbentuk kucing. Arsitektur bangunannya sendiri lebih modern dengan motif kotak-kotak dan penggunaan kaca sebagai mata kucing sekaligus jendela.

7. Cabazon Dinosaurus / California, Amerika Serikat

archdaily 

Dimulai pada tahun 1960an, pemahat Claude K. Bell membangun sebuah bangunan untuk menarik pelanggannya ke restoran Wheel Inn-nya. Tak tanggung-tanggung, bangunan ini berbentuk dinosaurus! Bangunan ini dibuat dari kerangka baja dan grid logam yang diperluas. Sekarang bangunan mirip dinosaurus raksasa ini digunakan menjadi museum dan toko aksesoris.

8. Dog Bark Park Inn, Amerika Serikat

Di Idaho, Amerika Serikat, ada gedung yang bentuknya mirip anjing jenis beagle lho! Namanya Dog Bark Park Inn. Bangunan setinggi 9 meter ini adalah hotel yang dibuka sejak tahun 2003. Gedung unik ini dirancang dan dibangun oleh Dennis J Sullivian dan Frances Conklin. Namun jika ingin menginap disini, kamu harus memesan dari jauh hari. Sebab, hotel ini hanya menyediakan 2 kamar yang bertema anjing. Tertarik?

9. The Sheep Building, New Zealand

ChinaDailyWebsite


Bangunan berbentuk domba ini ternyata masih berada satu kompleksi dengan bangunan The Sheepdog yang sudah dibahas diatas. Fungsi bangunan ini juga sebagai pusat informasi.

10. The National Fisheries Development Board, India

Siapa tidak kenal hewan yang satu ini? Bisa berenang dan licin badannya, ikan dikenal sebagai hewan air dan tidak bisa hidup di darat. Namun ternyata ada lho ikan yang hidup di darat. Bukan ikan sungguhan, tapi bangunan yang berbentuk ikan ya. hehehe.. Berfungsi sebagai kantor Badan Pengembangan Perikanan Nasional di Hyderabad, India, bangunan ikan ini ternyata adalah sebuah gedung kantor dari organisasi bernama The National Fisheries Development Board (NFDB). Cocok ya dengan bentuknya bangunannya!

11. Mercure Kakadu Crocodile Hotel, Australia

kakadutourism

Mercure Kakadu Crocodile adalah sebuah hotel yang bisa kamu temukan di dekat Taman Nasional Kakadu, Australia. Uniknya, ternyata bangunan hotel ini mirip buaya jika dilihat dari angkasa! Seram? Alih-alih memunculkan kesan angker dan menyeramkan, hotel buaya ini malah menarik banyak tamu karena bentuknya yang dianggap keren. Di dalam hotel ini terdapat banyak kamar dengan interior bermotif aborigin, pusat spa, lapangan golf, pusat informasi dan juga kolam renang. Dari bandara juga hanya berjarak 8 km saja.

12. WWT Martin Mere, Inggris


 chinadaily 

Ada yang unik jika kamu mengunjungi Observatorium Burung Martin Mere Harrier yang terletak di Lancashire, Inggris. Bangunan yang termasuk bagian dari WWT Martin Mere Wetlands Center ini berbentuk burung raksasa! Dengan sayap terbentang, 'burung' ini ternyata terbuat dari kayu pinus berwarna hijau dan dirancang oleh Mick Petts dan Bryan Spooner. Pemandangan disekitarnya juga indah, yaitu terdapat kolam dengan angsa liar dan kandang berang-berang. Menarik ya?

13. The Kelpies, Skotlandia

Sudah terlihat jelas ya kalau bangunan yang satu ini menyerupai hewan kuda. Arsitek jenius asal Skotlandia, Andy Scott, membangun 'kuda raksasa" ini dari baja struktural dengan lapisan stainless steel. Ada 2 bagian bangunan kuda dengan pose yang berbeda setinggi 30 meter dan berat masing-masing 300 ton! Ketika malam tiba, bangunan ini menjadi sangat cantik dengan lampu yang memancar didalamnya dan kolam yang mengelilinginya.

14. Museum Fauna, Indonesia

http://wisatajakarta.net/museum-fauna-indonesia-komodo%C2%9D-tmii/

Ternyata di Indonesia pun memiliki bangunan berbentuk hewan lho! Memiliki nama asli Museum Fauna Indonesia dan Taman Reptilia, bangunan ini adalah sebuah wahana di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Yang menarik adalah arsitektur bangunannya berbentuk hewan komodo, si 'naga purba' yang hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Ada banyak koleksi keanekaragaman satwa Indonesia yang hidup dan ada pula yang diawetkan dalam bangunan ini. Indonesia punya nih!
15. Gedung Garuda, Indonesia

selokartojaya

Ada yang tahu hewan apa yang menjadi lambang negara kita Indonesia? Jawabannya adalah burung garuda. Nah, di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat ada sebuah bangunan yang jika dilihat dari angkasa akan tampak seperti garuda raksasa. Graha Garuda Tiara Indonesia, nama bangunan ini, adalah hotel milik keluarga presiden Soeharto. Namun sayangnya pembangunannya macet pada tahun 1997 dan sekarang menjadi terbengkalai. Wah sayang sekali ya!

16. Kura-kura Ocean Park, Indonesia

valezkarafaldini

Wahana yang paling terkenal di pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah adalah bangunan berbentuk kura-kura raksasa ini. Ternyata dibagian dalam bangunan ini ada akuarium raksasa dengan lorong bawah laut. Kamu bisa melihat kehidupan di bawah laut dan berbagai macam ikan besar di bangunan raksasa ini.

17. Teater IMAX Keong Mas, Indonesia

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya bangunan megah nan unik bernama Keong Mas. Bangunan mirip hewan keong ini berada di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Di tempat ini diputar film-film mengenai lingkungan dan kebudayaan Indonesia dan juga film box office. Saking besarnya, gedung teater ini memiliki daya tampung tempat duduk 926 orang! Mengagumkan

Well, selain semua bangunan diatas, di Indonesia ternyata masih ada lagi bangunan berbentuk hewan yang lain lho! Ingin tahu bangunan apa yang dimaksud? Simak pada artikel bangunan berbentuk hewan lainnya di Indonesia.

Sumber: archdaily | petslady | samidzone | wwt.org.uk | selokartojaya 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter