article / Home Decor / Berbagai Tanaman yang Cocok Untuk Indoor Rumah Sebagai Dekorasi di Dalam Hunianmu
20 November 2017 634 Views

Berbagai Tanaman yang Cocok Untuk Indoor Rumah Sebagai Dekorasi di Dalam Hunianmu

Tanaman hidup tidak harus selalu berada di area luar rumah. Memiliki tanaman yang sesuai untuk bagian dalam rumah tentu dapat menjadikan ruangan di rumah terasa lebih segar dan juga menarik. Jika rumahmu hanya berukuran kecil pun hal ini tidak menjadi masalah untuk punya ruang hijau di dalam rumah. Selain menjadi dekorasi, tanaman di dalam rumah juga akan menurunkan tingkat stressmu. Sehingga kamu pun jadi lebih tenang dan rileks. Berikut beberapa tanaman yang cocok digunakan untuk kamu terapkan di dalam rumahmu.

1. Sansevieria / Lidah mertua

Tanaman ini bisa dibilang cukup populer untuk menghias dalam rumah karena dapat tumbuh di kondisi sedikit air dan juga cahaya. Perawatannya yang mudah menjadikan tanaman ini favorit di berbagai kalangan. Selain indah, tanaman ini juga bermanfaat baik bagi kesehatan karena kemampuannya yang dapat menyerap zat beracun seperti karbon dioksia, benzene, dan berbagai bahan lainnya. Tanaman ini juga mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Letakkan di sudut ruang ataupun di ujung hall sehingga akan menarik pemandangan di ujung ruangan.

2. Kaktus

Tanaman kaktus mini juga terbilang mudah dirawat. Hanya perlu disiram sekali dalam seminggu selama musim semi dan panas dan tiga kali seminggu selama musim gugur dan salju. Memilih kaktus untuk tanaman di dalam ruangan tentunya lebih disarankan untuk memelihara yang berukuran kecil namun bervariasi dibandingkan kaktus berukuran besar. Kaktus kecil yang ditanam menjadi satu kesatuan akan menciptakan terrarium yang berwarna-warni dan unik di dalam rumah.

3. Aloe Vera / Lidah Buaya

Lidah buaya salah satu tanaman dengan banyak manfaat. Salah satunya untuk menyuburkan rambut. Aloe sendiri juga mudah untuk diurus dengan menyiramnya seminggu sekali. Tanaman ini menyukai sinar matahari sehingga aman meletakkannya di dekat area yang terang dan terbuka. Meletakkannya di dalam pot dan membiarkan daunnya keluar dari pot sehingga terlihat mencolok.

4. English Ivy

Merawat tanaman english ivy ini bisa dikategorikan sedang, tidak susah namun juga tidak mudah. Tanaman ini membutuhkan penyinaran matahari yang cukup secara langsung hingga 4 jam. Kelembaban tanah pun menjadi kunci untuk merawat ivy tetap tumbuh. Namun tanaman ini sangat cantik jika terawat dengan benar. Meletakkan tanaman ini dalam pot dan memberikan ruang untuk tumbuh akan menjadikannya dekorasi dalam rumah.

5. Asparagus Fern

Berasal dari Afrika Selatan, tanaman ini memang menjadi tumbuhan ornamental ataupun penghias. Daun dari tanaman ini sangat unik dengan tekstur yang halus dan juga lembut. Pencahayaan tidak langsung menjadi hal yang baik untuk tanaman ini. Meski membutuhkan air yang banyak, tentunya jangan sampai berlebihan pula. Penampilan uniknya dapat menghias indoor rumah dengan pot gantung dengan desain modern. Tanaman ini pun menjadikan rumahmu tampak lebih berkelas.

6. String of pearls

Hampir serupa dengan asparagus fern, tanaman ini akan sangat cantik jika dibiarkan menggantung pada bagian plafon rumah. Tanamannya yang tumbuh lemas ke bawah menjadikannya terlihat unik di dalam rumah. Merawat tanaman ini cukup mudah dengan membiarkan tanaman di tempat yang terang. Pencahayaan secara tidak langsung dan air cukup akan membuat kelembaban tanah yang stabil.

7. Golden Pothos

Tanaman dengan daun lebar ini termasuk dalam kategori mudah dirawat. Berada di tempat terang dan juga pencahayaan tidak langsung matahari akan baik untuk golden pothos. Pemberian air yang cukup juga menjadi pertimbangan dalam perawatan, hindari pemberian air hingga menggenangi tanah tanaman dalam pot. Tanaman yang diletakkan di sudut ruangan ataupun lantai ini bisa dipadukan dengan pot dengan bentukan unik.

8. Peace Lilies

Peace lilies merupakan pilihan popular untuk ruang dalam rumah ataupun kantor. Perawatan yang mudah menjadi salah satu pertimbangannya. Untuk pencahayaan yang baik untuk tanaman ini adalah pencahayaan medium ke rendah. Pencahayaan itu pun akan bergantung pada penampilan tanaman. Peace lilies yang diletakkan di area banyak cahaya akan menghasilkan bunga putih yang indah. Sedangkan di tempat yang minim cahaya, bunga akan tumbuh lebih sedikit dan tampak seperti tanaman dedaunan tradisional pada umumnya.

sumber: tanaman hias

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter