article / Baby and Kids / Jangan Asal-Asalan Mendesain Kamar Bayi! Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merancang Kamar si Buah Hati
10 April 2018 213 Views

Jangan Asal-Asalan Mendesain Kamar Bayi! Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merancang Kamar si Buah Hati

Salah satu hal yang dilakukan ketika mempersiapkan kedatangan bayi yang lahir yaitu adalah kamar bayi. Kamar bayi ini pun bukan sekedar tempat tidur untuk bayi namun juga tempat menyusui, dan bermain si anak tercinta. Tentunya perlu didesain dengan baik dan juga nyaman untuk ibu dan buah hatinya. Maka dari itu berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang kamar tidur bayi.

1. Tempat Tidur Bayi

tempat tidur aman via babybargains

Tempat tidur bayi tentu menjadi hal yang sangat penting dalam mendesain sebuah kamar tidur. BUkan hanya desainnya saja, namun juga dari segi keamanan dan juga kenyamanan harus sangat dipertimbangkan. Tempat tidurnya perlu dirancang dengan pagar pembatas di setiap sisinya sehingga anak tidak akan jatuh ke lantai ketika tidur tanpa pengawasan orang tua. Pilihlah tempat tidur yang sesuai dengan gaya dalam ruangan dan kesukaan anda. Hal tersebut dikarenakan warna atau penataan ruangan akan mempengaruhi mood anda dan sang bayi.

2. Sprei dan Selimut Bayi

sprei dan selimut bertemakan binatang via cullensbabyland

Tempat tidur bayi tidak akan lengkap tanpa sprei dan selimutnya. Sprei sendiri tentu harus tersedia cukup banyak agar tidak repot untuk selalu mencuci kainnya. Carilah kain yang nyaman, lembut, dan hangat untuk bayi. Karena kulit bayi lebih sensitif, anda pun perlu memperhatikan bahannya. Pilih juga kain yang sesuai dengan tema kamar atau gambar-gambar unik dan lucu yang membuat ruangan terasa menyenangkan.

3. Meja Ganti Popok


meja ganti putih via lindaberner

Untuk kamar anak yang masih bayi ini tentu mengganti pakaian ataupun popok menjadi hal yang sering dilakukan. Entah popok yang sudah penuh ataupun makanan bayi yang tumpah di baju menjadikan meja ganti sebagai furniture yang cukup penting di dalam kamar. Bagian atas meja bayi dilengkapi dengan bantalan empuk untuk menidurkan bayi. Disekitarnya pun juga sudah tertata peralatan lainnya seperti popok baru, tempat sampah, baju, dan berbagai peralatan kebersihan untuk bayi. Tambahkan juga mainan disekitarnya agar anak tidak rewel. Sprei untuk bantalan meja ganti juga harus dipersiapkan karena bantalan ini tentunya harus selalu bersih ketika digunakan.

4. Kursi Ibu Menyusui

kursi goyang via editeestrela

Tidak hanya kenyamanan bayi, akan tetapi juga kenyamanan ibu perlu diperhatikan secara khusus. Salah satunya adalah kenyamanan ketika menyusui si buah hati. Kursi goyang ataupun sofa yang nyaman menjadi pilihan untuk ruangan ini. Selain lebih mudah menidurkan bayi, kursi tersebut juga akan membuat ibu lebih santai dan tidak mudah lelah. Tidak hanya kursinya saja yang perlu diperhatikan namun kemudahan ibu menyusui untuk mengambil barang-barang kebutuhan ketika menyusui atau menidurkan anak di kursi ini. Adanya meja ataupun rak untuk meletakkan barang di sekitar kursi akan sangat membantu sang ibu meletakkan barang keperluan ketika duduk di kursi dengan nyaman.

5. Tempat Penyimpanan


rak penyimpanan pink via pinterest

Almari, rak gantung, ataupun kabin penyimpanan akan sangat dibutuhkan di dalam kamar bayi. Perlengkapan untuk bayi bisa dibilang cukup banyak. Dari pakaian, popok, selimut, mainan, dan berbagai kebutuhan lainnya tersebar di dalam kamar. Maka dari itu tempat penyimpanan harus tersedia banyak dan juga mudah digapai oleh orang tua. Letakkan barang-barang kebutuhan di area yang memang diperlukan sehingga area penyimpanan tidak terdapat pada satu sisi saja dalam ruangan.

6. Area bermain

area bermain di lantai kamar via pinterest


Lantai di kamar bayi ini tentunya harus selalu bersih. Itu karena bayi akan sering bermain di lantai dengan mainannya. Tambahkan karpet sehingga bayi tidak kedinginan dan lebih aman untuk bayi. Awasi bayi anda ketika bermain. Pilihlah mainan yang aman untuk bayi.

7. Pemilihan Furniture

furniture aman untuk bayi via tampaflooringcompany

Bayi yang sudah belajar berjalan tentunya akan sangat sering berlarian atau merangkak di dalam kamar. Hal yang perlu diperhatikan adalah furniture di dalam kamarnya. Pastikan furniturenya aman tanpa sudut lancip di setiap sisinya. Pilihlah meja bayi bundar atau dengan sudut yang tumpul. Berbagai furniture untuk anak pun juga harus memiliki ukuran yang kecil sehingga sesuai dengan kondisi anak.

8. Dekor Kamar

warna netral via home-designing

Hal yang perlu diperhatikan ketika mendekor sebuah kamar adalah dekor sesuai dengan keinginan. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi mood ibu dan bayi. Dekorlah secantik dan seindah mungkin sehingga anda merasa nyaman di dalamnya. Jika di dalam kamar terdapat jendela, hiasi juga dengan tirai sehingga dapat anda tutup ketika menyusui ataupun cahaya matahari terlalu terik.

dekor ruang tema kayu via home-designing

Pencahayaan di dalam kamar juga penting. Letakkan lampu tidur yang redup di dekat bayi agar lebih nyaman ketika tidur. Ataupun lampu dengan cahaya yang cukup terang di area penyimpanan dan meja ganti popok bayi. Tatalah furniture dengan baik sehingga ruangan terasa lapang dan juga sejuk. Tambahkan dekorasi pada dinding kamar sehingga ruangan lebih hidup dan berwarna.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter