article / Building / 8 Desain Toilet Umum Terbaik di Berbagai Negara Ini Sangat Ikonik dan Inspiratif
16 Maret 2018 2K Views

8 Desain Toilet Umum Terbaik di Berbagai Negara Ini Sangat Ikonik dan Inspiratif

Toilet umum merupakan salah satu fasilitas yang perlu diperhatikan oleh pemerintah. Adanya toilet umum akan membuat lingkungan lebih bersih dan juga nyaman. Terkadang beberapa orang jahil sangat suka dengan sembarangan buang air kecil. Meski di Indonesia sendiri hal ini masih jarang diperhatikan, namun tidak pada beberapa negara lainnya. Berbagai fasilitas umum tersebut tersebar di berbagai wilayah sehingga bisa digunakan secara nyaman oleh penduduknya. Bukan sekedar bangunan biasa, toilet umum ini didesain menarik dari segi eksterior maupun interiornya. Hal ini tentu menghapus pikiran bahwa toilet itu menyeramkan dan juga kotor. Berikut beberapa desain toilet umum unik yang berada di berbagai negara.

1. Wembley WCs, London, Inggris

eksterior toilet berwarnakan emas via gortscott

area urinoir toilet pria via gortscott

Sebuah desain unik dari Gort Scott ini memang tidak tampak seperti sebuah toilet. Warna keemasan pada eksteriornya ini tampak mewah dan memukau. Bangunan kecil setinggi 5 meter ini tentu memiliki daya tarik tersendiri. Bentuk dan warna yang elegan menjadikannya tidak hanya sebagai fasilitas publik saja melainkan juga sebuah ikon karya seni pada area tersebut. Tidak hanya luarnya saja, dalamnya pun juga terlihat bersih.

2. Isemachi Public Toilet, Nakanojo, Jepang

tampak luar toilet via dezeen

bagian dalam toilet laki-laki via dezeen

Toilet umum dari Jepang ini didesain terang dan juga bersih. Hideaki Kubo dan Yumi Tsushima mendesain toilet ini dengan konsep untuk menghilangkan kesan suram pada toilet umum lainnya di Jepang. Bentuk melengkung ini pun menghindari agar tidak ada sudut yang menjadi area untuk bersarangnya laba-laba ataupun debu. Toilet ini berlokasi di area parkir kuil bersejarah dan menjadi simbol untuk kota Nakanojo sendiri.

3. Public Toilet Unit, Gdansk, Polandia

tampak luar melengkung seperti ujung obor via archdaily


ruang dalam toilet via archdaily

Didesain oleh Schleifer & Milczanowski Architekci, toilet ini didesain dengan tema turnamen sepak bola yang waktu itu akan diselenggarakan yaitu Euro Cup 2012. Toilet ini memiliki bentuk seperti ujung obor sebuah kayu. Desainnya sangat bergaya dan juga praktis. Tidak hanya itu saja, fasad toilet ini juga difungsikan sebagai pembatas parkir sepeda.

4. House of Toilet, Ibuki-shima, Jepang

eksterior toilet via architizer

bagian dalam house of toilet via architizer

Bangunan toilet yang tampak seperti rumah ini merupakan karya dari Daiho Ishii + Future-scape Architects. Berlokasi disebuah pulau, toilet umum ini akan naman digunakan oleh masyarakat lokal ataupun wisatawan. Desainnya mencerminkan lokalitas dari daerahnya. Keunikan bangunan ini terlihat pada garis-garis lubang yang terlihat seperti memotong bangunannya yang menyebabkan adanya void di dalam ruang dalam. Bangunan ini tentu akan menarik perhatian pengunjung pulau.

5. Jinhua Architecture Park Public Toilet, Jinhua, China


Toilet di Taman Arsitektur Jinhua via architizer

skema pemandangan, sirkulasi udara, dan pelindung hujan via architizer

Toilet umum yang berada di Taman Arsitektur Jinhua tentu tetaplah sebuah ruang privasi. Didesain oleh DnA Design and Architecture, 16 bangunan toilet ini didesain dengan memaksimalkan privasi di dalam namun meminimalkan penggunaan lahan di taman. Dari luar mungkin toilet ini tampak biasa saja, namun karena desainnya ini, orang yang berada di dalamnya tidak akan terasa sumpek. Hal ini dikarenakan bukaan yang berada di atasnya menjadi jalan sirkulasi udara dan juga cahaya alami sehingga di dalam toilet tidak gelap. Bentuk yang menikuk tersebut juga salah satu cara yang baik agar toilet tetap aman dan memberikan privasi untuk penggunanya.

6. Trail Restroom, Austin, Texas

trail restroom via mirorivera


bagian dalam toilet via mirorivera

Berada di sebuah trek mendaki dan bersepeda, toilet unik satu ini menjadi ikon di taman yang berlokasi di dekat sungai Colorado. Toiletnya juga didesain agar nyaman digunakan oleh orang disable. Tidak hanya itu, terdapat air mancur untuk minum dan juga shower di bagian luar toiletnya. Cahaya dan udara juga dapat masuk ke dalam ruang toiletnya. Miro Rivera Architects sebagai desainernya memberikan gaya vintage yang cukup artistik. Toilet ini digemari oleh pengguna taman karena fasilitasnya yang cukup lengkap.

7. Kumutoto, Wellington, New Zealand

tampak seperti monster via studiopacific

dalam toilet via studiopacific

Bangunan yang sangat eye-catching yang menyerupai monster ini merupakan sebuah toilet umum yang dirancang oleh Studio Pacific Architect. Bentuknya yang tidak biasa menjadi suatu karya seni untuk daerah ini. Desain dalam toilet yang minimalis memperlihatkan ruangg yang bersih dan juga playful dengan beragam warna di dalamnya. Meski bentuk bangunannya terlihat modern dan kontras, namun sang arsitek mendesainnya dengan mengintegrasikan dengan lingkungan sekitarnya. Bangunannya dengan garis dan juga atap merah serasi dengan bangunan bersejarah di dekatnya.

8. Centennial Park Amenities, Sydney, Australia

bangunan toilet umum via architizer

area cuci tangan via architizer

Kesan toilet umum yang kumuh dan kecil hilang seketika jika melihat desain satu ini. Toilet memanjang ini memberikan tampilan yang modern dan juga bersih. Lahznimmo Architects sebagai desainernya berhasil menampilkan imej yang berbeda dengan toilet lainnya. Fasilitas untuk taman ini dirancang dengan membuat garis-garis linear yang cantik dipadukan dengan beragam material. Toilet perempuan dan pria memiliki ruangan terpisah namun berada dalam satu atap. Pada area mencuci tangannya pun  dibuat terbuka sehingga bisa melihat ke arah taman.

Jadi desain toilet mana yang ingin kamu lihat di Indonesia?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter