article / Building / VH6 House: Rumah Unik Ini Punya Eksterior Kayu yang Bisa Bikin Rumah Jadi Terbuka dan Tertutup
21 Desember 2017 490 Views

VH6 House: Rumah Unik Ini Punya Eksterior Kayu yang Bisa Bikin Rumah Jadi Terbuka dan Tertutup

Bangunan rumah vila yang diberi nama VH6 ini berlokasi di Vietnam. Dirancang oleh Idee architects, rumah dengan luasan 350 meter persegi ini terbangun indah. Meskipun bangunan ini disebut vila, namun letaknya berada di area perkotaan yang ramai.

Vila ini memiliki ruang-ruang yang cukup luas dan lapang. Berbagai sisi dan ruangan menunjukkan pemandangan yang beragam di sekitar rumah. Pada bagian barat rumah, memiliki area yang cukup terbuka sehingga dapat memperlihatkan keseluruhan ruangan dalam rumah. Area tersebut juga menjadi bagian paling panas di iklim negara Vietnam.

Rumah berlantai 4 ini merupakan rumah keluarga kecil dengan dua orang anak. Keluarga yang memiliki gaya hidup modern ini memanfaatkan ruang terbuka di sebelah baratnya sehingga cahaya alami dapat masuk ke dalam rumah.


Desain dari rumah vila ini terbilang simple. Rumah terbangun dengan bentukan cube yang disusun secara selaras dengan keseluruhan desainnya. Tampak pada bagian eksterior bangunannya, rumah ini dilengkapi dengan louvre kayu dikeseluruhan bagian yang dapat dibuka dan ditutup. Sistem ini digunakan untuk menyesuaikan masuknya cahaya ke dalam rumah. Selain itu juga perlu untuk keamanan rumah. Tergantung pada keadaan cuaca ataupun mood dari pemilik, rumah ini bisa memiliki kesan terbuka ataupun tertutup dari luar.

Keunikan lain rumah ini selain pada eksteriornya, juga pada bentukan denah yang makin ke atas makin mengecil. Hal ini membuat rumah memiliki bentukan massa yang beragam dan unik.

Pada lantai satu, rumah lebih difungsikan sebagai area publik. Terdapat garasi kendaraan, dan juga teras kayu dan halaman pada bagian depan dan samping rumah. Masuk kedalam rumah, pengunjung akan disuguhkan dengan ruang tamu yang terhubung langsung dengan area makan dan dapurnya. Jendela kaca menjadi pilihan pada bagian samping rumah sehingga rumah lebih terbuka dan luas. Pada lantai ini juga terdapat kamar tidur tamu, ruang bermain anak, dan juga kamar mandi yang terletak di bawah tangga.


Lalu pada lantai duanya terdapat kamar tidur utama untuk orang tua, ruang media dan juga void sehingga ruang tamu di bawah memiliki langit-langit ruang yang tinggi.

Kamar tidur utama rumah ini terbilang cukup luas. Tidak hanya kasur tidur saja, ruangan ini dilengkapi dengan walk-in closet dan juga kamar mandi dengan bathub. Bisa dibilang lantai ini merupakan area privasi orang tua kecuali pada ruang medianya.


Naik lagi ke atasnya terdapat dua buah kamar tidur anak, area bermain, teras, kamar mandi, dan juga alfar. Kamar mandi tentunya berada di luar kamar sehingga dapat digunakan oleh kedua anak dan juga orang lain yang berada pada lantai tersebut. Area bermain langsung terhubung dengan kamar tidur. Meski tangga utama berakhir di lantai ini, masih terdapat tangga melingkar menuju lantai paling atas rumah.

Tangga melingkar tersebut menuntun pengunjung pada ruang kamar tidur yang luas, serta balkon terbuka yang lapang. Atap kaca pada area tangga ini memberikan penerangan yang baik pada area bermain anak. Rumah dengan banyaknya area terbuka ini bisa dibilang sangat baik untuk kesehatan orang di dalamnya.

Atap gable dari rumah ini juga menunjukkan bahwa dibalik desainnya yang modern itu, bangunan juga memperhatikan rumah lain disekitarnya. Sang arsitek juga memberikan opsi kepada pemilik rumah untuk membuat rumahnya terbuka atau tertutup dengan adanya louvre kayu vertikal di keseluruhan rumah. Unik dan juga sederhana.

sumber: VH6 house


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter